Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kecelakan di Tanjakan Cae Sumedang, Bus Goyan Lalu Masuk Jurang, 27 PenumpangTewas

Kecelakaan maut terjadi di Tanjakan Cae, Desa Sukajadi, Kecamatan Wado, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Rabu (10/3/2021) sekitar pukul 18.30 WIB. 

Hingga Kamis dini hari, sebanyak 27 penumpang tewas dari total 59 penumpang di dalam bus tersebut. Mereka adalah rombongan SMP IT Al Muawwanah, Cisalak, Subang. Sat kecelakaan terjadi, mereka pulang dari Pimjahan, Kabupaten Tasikmlaya menuju Subang via Wado, Sumedang.

Mimin Mintarsih (52) salah satu penumpang yang selamat menceritakan detik-detik sebelum kecelakaan terjadi. Warga Desa Paku Haji, Kecamatan Cisalak, 

Kabupaten Subang tersebut duduk di jok kedua dari sopir. Dia ikut dalam rombongan tersebut bersama dua anaknya yang berusia 2 tahun dan 11 tahun. Mimin dan dua anaknya selamat dari kecelakaan maut tersebut. 

Menurut Mimin di tengah perjalan para penumpang mencium bau sangi kampas rem. Lalu salah seorang penumpang pun meminta sopir untuk memeriksanya. Saat itu sopir bus menyebut jika remnya blong.

Namun, Mimin bisa menyelamatkan diri dan merangkak mencari anaknya, lalu keluar dari bus. "Saya terjepit jok, saya merangkak cari anak saya dan keluar dari bus," kata dia. 

Sementara itu, salah seorang warga Kecamatan Wado yang membantu proses evakuasi sesaat pasca- bus masuk jurang, Waslim (59) mengatakan, sopir bus diduga tewas. "Sopir busnya juga meninggal, tadi sudah dievakuasi," ujar Waslim kepada Kompas.com.

Ia mengatakan saat evakuasi banyak korban dengan posisi terjepit di dalam bus. Waslim bersama warga lainnya berhasil mengevakuasi 20 korban. "Alhamdulillah tadi di awal-awal ada 11 orang selamat yang kami amankan, 9 orang lainnya sudah meninggal, kondisinya tragis," tutur Waslim. 

Waslim menyebutkan, Tanjakan Cae, Wado, Sumedang memang terkenal ekstrem. "Kondisinya memang menanjak dan berkelok. Kalau sopir yang tahu medan di sini pasti sudah paham. Mungkin sopirnya ini tidak tahu medan, jadi sebelum masuk jurang tidak paham cara mengendalikan busnya," kata Waslim.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Detik-detik Kecelakan di Tanjakan Cae Sumedang, Bus Goyang-goyang Lalu Masuk Jurang, 27 PenumpangTewas"

Posting Komentar untuk "Kecelakan di Tanjakan Cae Sumedang, Bus Goyan Lalu Masuk Jurang, 27 PenumpangTewas"

POPULER SEPEKAN

Mengapa Faktor Ekonomi Dianggap Sebagai Penyebab Utama Meningkatnya Angka Putus Sekolah
Ajian Tepuk bantal Bikin Wanita Pujaan Hati Bertekuk Lutut
Nikahi Dua Wanita Sekaligus, Pria Ini Kini Bingung Karena Tak Punya Pekerjaan Tetap
Viral ! Satpam ini Menguji Alat Rapit test Antigen Dengan Air Keran Hasilnya Positif
Uang koin Rp 500 bergambar bunga Melati dijual di Olshop Rp.500 Juta
Lagi Viral, Ditengah Pandemi Covid-19 Pria Ini Menikahi 2 Wanita Sekaligus
Toyota Innova Ambulans Digendong Truk Digrebek Petugas, Isinya Bikin Kaget
Bocah Tidur Berselimut Karung Bekas di Emperan Mini Market Viral
Toyota Fortuner Dicoret-coret, Jadi Sarana Curhat Pemilik, Imbas PPKM
Makalah Ojt Alfamart Sebagai Crew