Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hanya Demi Konten "TRUK OLENG" Nyawa Bisa Ikut OLENG Seperti Yang Lagi Viral Ini

 

Belakangan ini banyak beredar video di media sosial mengenai truk. Hanya saja, aksi truk oleng sangat meresahkan dan juga membahayakan, baik bagi sopir truk yang melakukan, pengguna jalan, hingga yang mengambil video.

Fenomena truk oleng memperlihatkan sebuah truk yang mebawa muatan, berlenggak-lenggok di tengah jalan raya dilakukan dengan memutar setir ke kanan dan kiri dengan irama konstan. Muatan truk yang berat dan berada pada kecepatan tertentu, menciptakan bodi truk seolah-olah goyang ke kiri dan kanan. Tapi, aksi ini sangat berisiko dan bisa berakibat fatal.

Baru-baru ini viral video di media sosial yang memperlihatkan fenomena truk oleng di jalanan. Salah satu video tersebut diunggah akun instagram @warung_jurnalis, Kamis (04/03/2021) viral di media sosial Instagram.

Dalam video tersebut terlihat beberapa anak yang berboncengan menaiki sepeda motor tanpa menggunakan helm dan terlihat asyik merekam dengan ponsel, sambil membuntuti aksi truk oleng di jalan.

 

Selain banyak yang tidak mengenakan helm, manuver tiba-tiba yang dilakukan truk tidak bisa diantisipasi pengendara motor. Hasilnya, pengendara motor menabrak truk yang tiba-tiba berhenti di jalan, karena menghindari aksi truk oleng lain.

“Melihat dari sudut pandang pengguna motor dan juga sopir truk, perilaku tersebut nerupakan perilaku tidak aman (unsaved act), yang sangat sering terjadi tanpa disadari oleh pengguna kendaraan atau pengguna jalan itu sendiri.

 

” terang Director Jakarta Defensive Driving Consulting ( JDDC) Jusri Pulubuhu saat dihubungi Kompas.com, Jumat (05/03/2021). Jusri menambahkan, walaupun ada batas aturan yang telah ditetapkan oleh pemerintah berupa rambu lalu lintas, tapi pemahaman kesadaran masyarakat sendiri tentang jalan raya di Indonesia itu sangat rendah. Sehingga, mereka tidak mempedulikan pengguna jalan lainnya.

Jusri juga mengimbau kepada seluruh pengguna jalan, harus ditanamkan bahwa aturan yang dibuat di lalu lintas itu bukan hanya aturan, melainkan bersangkutan dengan keselamatan baik diri sendiri maupun orang lain.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Demi Konten Nyawa Jadi Taruhan, Video Biker Tabrak Truk Oleng"

Posting Komentar untuk "Hanya Demi Konten "TRUK OLENG" Nyawa Bisa Ikut OLENG Seperti Yang Lagi Viral Ini"

POPULER SEPEKAN

Ajian Tepuk bantal Bikin Wanita Pujaan Hati Bertekuk Lutut
Gambar
Cerita Naskah Drama 6 Tokoh   “ Anak Durhaka ”
Mengapa Faktor Ekonomi Dianggap Sebagai Penyebab Utama Meningkatnya Angka Putus Sekolah
Mengapa para ahli banyak melakukan penelitian manusia purba di bantaran sungai
Makalah Observasi Ojt Alfamart 2019
Gambar
Tugas Kliping Tarian Nusantara Lengkap Langsung Print
TUGAS  PRAKARYA BUDIDAYA HEWAN KESAYANGAN
Kehidupan Masyarakat di Dataran Rendah, Dataran Tinggi, dan Daerah Pantai