Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

16 Tahun Mengabdi, Guru Honorer Dipecat Usai Posting Gaji Rp700 Ribu per Bulan

Perlakuan kurang menyenangkan diterima seorang guru honorer di Bone. Tenaga pengajar itu dipecat usai mengunggah gaji Rp700.000 per bulan di media sosial. Padahal korban sudah mengabdi selama 16 tahun.

Korban atas nama Hervina (34). Dia sebelumnya mengajar di SDN 169 Desa Sadar, Kabupaten Bone. Guru tersebut dipecat oleh kepala sekolah melalui aplikasi Whatsapp.

Sekjen Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI), Heru Purnomo, mengecam pemecatan tersebut. Meski sudah ada klarifikasi dari Dinas Pendidikan Bone bahwa alasan pemberhentian itu karena sudah ada guru PNS yang baru.

"Kasus ini menunjukkan bahwa guru honor sangat lemah dalam perlindungan profesinya," kata Heru dalam keterangan, Minggu (14/2/2021). 

Dengan dalih adanya guru PNS yang baru, hal ini menunjukkan bahwa profesi guru honorer sangat rentan dan dapat dipecat sewaktu-waktu. Padahal korban sudah mengabdi belasan tahun, tak menjadi jaminan diperlakukan secara adil.

Selain itu gaji sebesar Rp700.000 yang diterima korban, kata dia, relatif kecil. Bahkan menurutnya jauh dari standar upah minimun regional (UMR).

Kepala Sekolah SDN 169 Desa Sadar, Siti Hamsinah mengatakan, pemecatan ini dipastikan bukan karena unggahan gajinya di media sosial. Namun karena sejumlah pertimbangan.

"Pertama karena memang ada dua CPNS guru yang baru masuk. Lalu karena masalah kinerja Hervina selama 2019 yang mulai menurun," ujarnya.

Posting Komentar untuk "16 Tahun Mengabdi, Guru Honorer Dipecat Usai Posting Gaji Rp700 Ribu per Bulan"

POPULER SEPEKAN

Ajian Tepuk bantal Bikin Wanita Pujaan Hati Bertekuk Lutut
Mengapa Faktor Ekonomi Dianggap Sebagai Penyebab Utama Meningkatnya Angka Putus Sekolah
Pacari Pria Berkeluarga Hingga Hamil Seorang Wanita di Kebumen Bunuh Bayinya Setelah 15 Menit Dilahirkan
Sosok Hantu Lampor si Keranda Terbang Yang Viral Menghantui Warga Jawa Timur
Viral ! Satpam ini Menguji Alat Rapit test Antigen Dengan Air Keran Hasilnya Positif
Makalah Observasi Ojt Alfamart 2019
Gambar
Makalah Ojt Alfamart Sebagai Crew
Gambar
Ditinggal Pria Banglades, TKW Indonesia Gantung Diri di Singapura