Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengalaman Training Alfamart Jakarta-Cilengsi~Jenny Purwanti

Pengalaman Traning Alfamart Cilengsi

 
Training adalah sebuah kegiatan yang dimana fungsinya yaitu pembekalan pembeljaran untuk pekerjaan yang telah di lamar dan jabatan yang akan diemban. Jadi fungsinya training ini adalah sebagai bekal untuk kesiapan dalam bekerja sesungguhnya.

Berikut ini akan saya ceritakan bagaimana Pengalaman Training Kerja di Alfamart yang pernah saya alami dan jalani dalam kurun waktu satu minggu (sepekan). Tidak lama sih, hanya sangat berkesan dan sangat bermanfaat sebagai calon karyawan untuk mengetahui secara jelas dan mantap bagaimana pekerjaan yang akan kita jalani di toko penempatan.

Awalnya setelah melalui proses yang sangat panjang dan menantang, kini tiba saatnya tanda tangan kontrak dilaksanakan. Hehe,, yaitu merupakan salah satu hak sebagai calon karyawan yang akan bekerja. Tanda tangan kontrak telah selesai dilaksanakan, penempatan juga sudah di tetapkan. Tinggal satu langkah lagi yang belum yakni training yang merupakan tahapan akhir.

Tahun 2016 bulan April merupakan pengalaman saya untuk pertama kalinya bergabung dengan Alfamart yaitu PT. Sumber Alfaria Trijaya,tbk.

Training untuk angkatan ACOS 1704 angkatan ku terdiri atas 20 orang, yakni 10 cowok dan 10 cewek. Dimana pembagian untuk 1 toko terdiri atas 1-2 orang. Kebetulan saya mendapatkan di daerah Kab. Melawi masih  Kalimantan Barat sih :D, dan temen-temen ada yang mendapatkan penempatan di Kota Pontianak, Kota Sanggau Kapuas, Sintang, Sekadau dan lain-lain.


Traning

 Training alfamart dilaksanakan 1 minggu, yaitu 3 hari materi di kelas, 1 hari terjun ke toko Alfamart dan 1 hari untuk evaluasi. Sebelum akhirnya training selesai dilaksanakan dan peserta training di lepas ke masing-masing toko sesuai tanda tangan kontrak.

Peserta training datang pukul 08.00 tempat yang sudah di tentukan oleh pihak Alfamart, kebetulan kemarin kami mendapatkan tempat di Alfamart Merdeka. 20 orang yang akan menjalani training mendapat kesempatan untuk berkenalan dengan mentor dan teman satu angkatan sehingga lebih mengenal satu sama lain. J

Dalam mengikuti training ini, peserta wajib mengikuti aturan yang telah di sepakati bersama, yakni pakaian training cowok dan cewek memakai kemeja panjang/pendek berwarna putih dan mengenakan celana jeans berwarna hitam polos. Serta kaus kaki berwarna hitam, ikat pinggang hitam, sepatu model Al-star, dan untuk cowok rambut dipangkas rapi yakni berukuran 1-2 cm sedangkan yang cewek di ikat kuda dan untuk yang berhijab memakai hijab berwarna hitam polos.

Ketika kesepakatan di sepakati maka untuk hari berikutnya tidak ada lagi peserta yang melanggarnya, jika ada yang melanggar maka akan dikenakan sangsi.

20 peserta yang mengikuti training harus terbiasa dengan kesepakatan ini.

Materi yang disampaikan yakni tentang sejarah alfamart, baik pendiri dan perusahaan-perusahaan yang bekerja sama dengan alfamart.

Selanjutnya materi yang dibahas yaitu dari segi sikap kita melayani konsumen, hak dan kewajiban kita sebagai karyawan, hak dan kewajiban alamart kepada karyawan dan lain-lain.

Semua pembahasan yang diadakan mulai pukul 07.00 – 17.00 membahas tentang toko, yaitu mulai dari rak-rak, isi toko dan semua yang berhubungan dengan administrasi toko.

Saat training ini lah semua kegiatan toko di jelaskan mulai menjadi seorang kasir hingga proses pembayaran baik pembayaran manual, kartu kredit dan lain sebaginya.

Namun meskipun banyak di jelaskan bagaimana cara-cara kerjanya kalau tidak terjun kelapangan akan bingung kan? Nah kami mendapat kesempatan 1 hari untuk datang langsung ke toko Alfamart dan meminta izin untuk bekerja menjadi seorang karyawan di toko tersebut.

Maka kami full untuk mengikuti kegiatan yang akan dilaksanakan ditoko, angap saja itu menjadi toko kami. Kami akan dikenalkan dengan Kepala toko tempat kami magang tersebut, selaian kepala toko kami juga dikenalkan dengan karyawan yang bekerja di situ, baik di perkenalkan dengan koordinator wilayah dan lain-lain.

Selain dengan kami mendatangi toko Alfamart tersebut, kami juga mendapatkan tugas dari Tim Training, yaitu kami harus bisa menyelesaikan tugas yang diberikan nya. Yaitu sebagai pertimbanga apakah kami telah melaksanakan tugas yang telah di berikan toko dengan baik atau tidak. J

Kegiatan satu hari di toko tempat magang tersebut saya memiliki banyak kenangan dan menjadikan saya tembahan semangat dalam bekerja, karena semua kegiatan di lakukan dengan kerja sama satu sama lain dengan teman-teman satu toko. J

 Satu toko di alfamart biasanya terdiri atas 5-8 orang.

Setelah satu hari terjun ke toko Alfamart, kami membuat laporan untuk bahan evaluasi kepada Tim training, kami menjelakan dan menceritakan pengalaman yang di laksanakan ditko, dan ada beberapa pertanyaan yang di ajukan oleh tim training. J

Satu minggu mengikuti Training di Alfamart bukan lah sesuatu yang lama, karena traning merupakan sebuah pengenalan dan gambaran bagaimana nantinya kita kerja ya seperti itu.

Jadi dengan waktu satu minggu di rasa kurang jika kita dituntut harus menguasai semua materi yang diberikan, dengan itu kita harus terjun langsung ke toko alfamart agar lebih mengerti situasi dan kondisi yang sebenarnya. Hihihi

Satu minggu itu merupakan satu minggu yang sangat seru, berkesan dan bahkan susah untuk dilupakan. Susah untuk diceritakan dengan panjang lebar, karena jika di ceritakan juga tidak akan selesai dalam tulisan ini, hihi

Bagi teman-teman yang akan mengikuti training maka saran agar selalu menaati peraturan dan pahami materi yang akan di sampaikan oleh tim training karena sangat bermanfaat bagi kita di toko nantinya.

Kegiatan semuanya seru kok, pake banget lah pokoknya. Hihi,

Dijalani aja dulu, kita akan medapatkan banyak teman dan tentunya kerja di toko akan ketemu orang banyak sehingga kita tidak akan bosan. hehe

Berikut ini sedikit dari banyak keseruan yang saya dokumentasikan ketika training Alfamart tahun 2016 April kemarain. J

Semoga cerita Pengalaman Training Kerja di Alfamart ini dapat menambah semangat dan gambaran sekilas bagaimana kegiatan satu minggu saat training di alfamart J

Sukses selalu teman-teman. Semua dimulai dari bawah. Ikuti prosesnya dan jalani pekerjaannya maka insya allah hasilnya akan memuaskan. Pintar itu penting, namun jujur itu harus J kalo keduanya di gabungkan maka semua akan indah J

#alfamart
#PengalamanTrainingKerjaDiAlfamart
#BelanjaPuas
#HargaPas
#AlfamartPontianak
#PengalamanKerja
#AlfamartCipinang
#AlfamartCilengsi








Posting Komentar untuk "Pengalaman Training Alfamart Jakarta-Cilengsi~Jenny Purwanti"

POPULER SEPEKAN

Jangan Coba Coba Sprite dan Insto ini Efeknya
Ayla Tabrak CBR di Purwokerto, Tawari Ganti Rugi Mobil dan Rumah, Ini Kata Saksi
Demit Masuk Google Maps, Ikuti Petunjuk Suara Google Maps Sopir Mobil Ini Malah Kesasar di Hutan
Ajian Tepuk bantal Bikin Wanita Pujaan Hati Bertekuk Lutut
Gambar
Mau Dikurangi Jokowi, Ini Jadwal Libur Tahun Baru 2020
Viral Wanita Cantik Penjual Rujak, Pria Beli 3 Kali dalam Sehari
Viral Pria Tukar Mobil Avanza Dengan Bunga Jenis Ini
Viral Pria Lulusan S2 yang Memilih Menjadi Penjual Balon, Alasannya Bikin Sedih
Merinding!! VIDEO Viral Pocong Rebahan Hadang Pengendara Mobil di Cipari Cilacap