Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cerita Fabel-Kelinci Yang Nakal


Di padang rumput nan hijau, hiduplah seekor kelinci yang sangat nakal, setiap hari kerjaannya mengusili penghuni padang rumput. Pada suatu hari, si kelinci ketemu pak kijang. Dalam hati kelinci berpikir “saya kerjain saja Pak Kijang, tapi bagaimana ya?” Si kelinci berpikir keras dan tiba-tiba ide nakal sampai di kepalanya. “Saya pura-pura saja lari Pak Kijang sambil berteriak ‘pak singa ngamuk’”.

Maka sambil larilah, Si Kelinci sambil berteriak “Pak Singa ngamuk! Pak Singa ngamuk!”, akhirnya pak kijang sekeluarga lari tak beraturan, sampai anaknya Pak Kijang jatuh ke jurang.

Puaslah hati Si Kelinci, berbahak-bahak dia, “kena saya kerjain Pak Kijang”. Begitu bangganya Si Kelinci, “cerdas juga saya” Congkak si kelinci.

Si kelinci melanjutkan jalan-jalannya sambil mencari korban berikutnya. Dari kejauhan, Si Kelinci melihat Pak Kerbau. Dia pun melakukan hal yang sama seperti pada Pak Kijang. “Pak Singa ngamuk! Pak singa Ngamuk” teriak Si Kelinci, sambil berlari ke arah Pak Kerbau sekeluarga.

Terang saja Pak Kerbau langsung lari terbirit-birit sampai istri Pak Kerbau yang lagi hamil, keguguran. Duka Pak Kerbau jadi suka cita Si Kelinci.

Hari berikutnya Pak Kijang bertemu Pak Kerbau, mereka menceritakan kejadian yang mereka alami kemarin. Selagi mereka asik membahas masalah yang menimpa keluarga mereka yang disebabkan oleh Si Kelinci, tiba-tiba terdengarlah suara teriakan Si Kelinci dari kejauhan, “Tolong, saya dikejar-kejar Pak Singa, Pak Singa ngamuk! Tolong, tolong, tolooong!,” tapi tidak ada yang perduli, “ah, paling-paling Si Kelinci lagi-lagi membohongin kita” pikir mereka.

Sekuat tenaga Si Kelinci menghindari kejaran Pak Singa, tapi apalah daya, Pak Singa lebih cepat larinya, akhirnya Si Kelinci mati dikoyak-koyak Pak Singa dan tidak ada yang perduli.


Berikut ini Cerita Fabel  Kelinci dan Kura-Kura 

Kali ini kita akan berbagi cerita kelinci dan kura kura. Alkisah di sebuah hutan hijau yang asri, hidup kelinci dan kura kura yang sedang bersantai di pinggiran sungai. Kelinci tengah bercerita tentang kisah perjalanan yang pernah ia lakukan hingga ke luar hutan. Dengan kakinya yang cekatan dan larinya yang cepat, kelinci berkata ia bahkan sudah pernah berkeliling dunia. Dia juga berbangga karena bisa memberikan cerita kelinci dan kura kura dalam bahasa inggris. Kura-kura hanya menanggapinya dengan tenang dan nyaris tanpa ekspresi.

Merasa kesal dengan respon kura-kura, kelinci pun berkata “kenapa kamu diam saja kura-kura? Kamu tidak merasa iri dengan kehebatanku? Aku ini adalah kelinci paling hebat di dunia” katanya. Kura-kura hanya tersenyum sambil berlalu. Tiba-tiba kelinci tertawa terbahak dan berkata “jalanmu lamban sekali kura-kura? Nampaknya, kamu tidak akan mungkin bisa berkeliling dunia seperti aku hahaha” kata kelinci dengan sombongnya.

Merasa jengkel, kura-kura pun membalas perkataan kelinci. “Aku mungkin berjalan lambat, tetapi aku bisa pergi kemana pun aku mau. Aku bahkan bisa mencapai tujuan lebih dulu dari kamu kelinci” kata kurakura. Tawa kelinci semakin menggelegar. Ia menganggap bahwa apa yang dikatakan kura-kura sangat konyol karena ia merasa tidak mungkin kurakura bisa tiba di tujuan lebih dulu dari dirinya yang cekatan.

“mana mungkin kamu bisa menyusul aku kura-kura? Kamu ini sangat lucu sekali.Aku bisa berlari dengan cepat, sementara kamu? Hanya bisa merangkak, bahkan itu pun sangat lamban.” Kata kelinci sambil tak berhenti tertawa. 

Akhirnya kura-kura pun bertaruh pada kelinci, ia mengajak kelinci untuk mengikuti lomba lari antara kelinci dan kura kura. bahwa pemenangnya sudah jelas, ialah dirinya yang mengaku sebagai hewan tercepat.

Lomba lari antara kura-kura dan kelinci kemudian berlangsung keesokan harinya. Semua sahabat kura-kura dan kelinci datang untuk menyaksikan perlombaan tersebut. Tak berapa lama, perlombaan pun di mulai. 

Kelinci dengan santainya masih berdiri di garis start sambil bercacak pinggang dan tertawa melihat kura-kura yang berjalan dengan lamban. Kelinci kemudian melenggang berjalan santai sambil menyusul kura-kura. “ini lomba lari, bukan lomba berjalan santai wahai kura-kura! Haha” kata kelinci. Kura-kura tidak menggubris perkataan kelinci namun berusaha dengan keras untuk bisa berjalan dengan cepat.

dan tertidur di bawah pohon rindang. Tak berapa lama, kelinci terbangun oleh riuh tepuk tangan penonton lomba. Betapa kagetnya dia ketika melihat kura-kura sudah berada di garis finish sambil tersenyum puas. “lihat kelinci, siapa yang menang” kata kura-kura. Kelinci merasa malu dan ia pun akhirnya mengakui kekalahannya. 

Sejak saat itu kelinci tidak lagi menjadi orang yang sombong. Nah dari fabel kelinci dan kura kura di atas, banyak pesan yang dapat di ambil. Salah satu pesannya adalah jangan menganggap remeh orang lain. Setiap orang punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Dari kisah kelinci dan kura kura tadi, kita bisa tahu bahwa kesombongan akan kalah oleh kerendahan hati.



Posting Komentar untuk "Cerita Fabel-Kelinci Yang Nakal"

POPULER SEPEKAN

Jangan Coba Coba Sprite dan Insto ini Efeknya
Ayla Tabrak CBR di Purwokerto, Tawari Ganti Rugi Mobil dan Rumah, Ini Kata Saksi
Demit Masuk Google Maps, Ikuti Petunjuk Suara Google Maps Sopir Mobil Ini Malah Kesasar di Hutan
Ajian Tepuk bantal Bikin Wanita Pujaan Hati Bertekuk Lutut
Mau Dikurangi Jokowi, Ini Jadwal Libur Tahun Baru 2020
Gambar
Edhy Prabowo Nyatakan Mundur dari Jabatan Menteri Kelautan dan Perikanan
Viral Pria Lulusan S2 yang Memilih Menjadi Penjual Balon, Alasannya Bikin Sedih
Merinding!! VIDEO Viral Pocong Rebahan Hadang Pengendara Mobil di Cipari Cilacap
Viral Wanita Cantik Penjual Rujak, Pria Beli 3 Kali dalam Sehari