Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Fashol Isra wal mi’raj

Fashol Isra wal mi’raj

Fashol Isra wal mi’raj

Fashol 1 :
Adapun kehamilan Ibunda Rasulullah SAW banyak keajaiban yang terjadi baik dilangit dan dibumi dan Allah SWT menyatakan kepada sekalian alam ini akan kemuliaan Nabi Muhammad SAW dari seluruh makhluk, dengan segala mukjizat irhaso yang menjadi tanda kebenaran Rasulullah SAW.

Diriwayatkan oleh ulama tentang berpindahnya cahaya nabi dari ayahandanya kepada ibundanya. Maka Allah SWT memerintahkan kepada seluruh malaikat yang ada dilangit untuk mengucap tasbih,tahmid pada Allah ta’ala bahwa malam inilah dinyatakan kehamilan ibundanya Rasulullah SAW, maka berbahagialah ibunda Rasulullah atas karunia Allah yang tiada ada bandingnya. Dan Allah SWT memerintahkan kepada malaikat Ridwan untuk menambahkan perhiasan syurga dan membukakan pintu syurga. Begitu pula keajaiban dibumi.

Dimasa hamilnya Ibunda Nabi Muhammad SAW, disaat itulah berhala-berhala serta kerajaan-kerajaan runtuh dan negri Mekkah menjadi makmur,sebab datangnya dari segala penjuru negri datang berdagang.

Ibunda Nabi Muhammad SAW terjaga dari tidurnya, datanglah seseorang kepadanya, dan menyatakan bahwa bayi yang ada dalam kandungannya adalah manusia yang terlebih mulia dari segala makhluk. Dan berilah nama “Muhammad”.

Dibulan pertama kehamilannya Ibunda Nabi Muhammad SAW bermimpi datang Nabi Adam AS dan menyatakan bahwa yang ada di dalam kandungannya itu lah Nabi Muhammad SAW. Dan datanglah pada waktu-waktu selanjutnya para Nabi lain-nya yang menyatakan pangkat yang tinggi. 

Mempunyai kemenangan atas tiap-tiap musuhnya, serta memiliki kemuliaan dan dapat memberi syafa’at di hari akhir. Dan yang lebih utama lagi memiliki telaga kautsar dan pernyataan inilah Nabi akhir zaman. Dengan lisannya yang fasih akan membawa agama yang benar.


Fashol 7 :
Bahwasannya Nabi Muhammad SAW suka beribadah dijabal nur dan pada usia 40 tahun nabi diangkat menjadi rosul sebagaimana firman Allah :

Suatu ketika Nabi sedang beribadah dijabal nur datanglah malaikat Jibril AS, lalu Nabi diberi sehelai kain selembut sutra dari Allah melalui malaikat Jibril AS menyampaikan satu ayat permulaan Al-qur’an lalu Jibril berkata : “Hai Muhammad:           
                                        
Artinya : baca olehmu dengan nama tuhanmu yang menjadikan sekalian makhluk, lalu bergemetar lah segala anggota tubuhnya Rasulullah SAW sepanjang jalan.
            
Sesampainya dirumah rosul pun berselimut karna gemetar, kemudian datang kembali malaikat Jibril AS dan menyampaikan suatu ayat perintah yang berbunyi :

Artinya : “Hai orang yang berselimut bangunlah olehmu sampaikan pada orang” perintah tuhanmu dan jelaskan pada mereka akan siksa api neraka”, lalu rosul pun menyampaikan kepada seluruh manusia. Maka yang beriman pada masa itu Sayyidina Abu Bakar Assidiq, dan dari golongan anak muda Sayyidina Ali bin Abi Thalib, dari golongan sahabat yaitu Sayyidina Utsman dan Sayyidina Umar , dllnya

Adapun permulaan dakwahnya Rasulullah dan para sahabat itu secara sembunyi” karna para sahabat belum kuat melawan orang” kafir.
            
Kemudian seiring waktu semakin bertambah orang yang beriman hingga turun ayat :

Artinya : Perlihatkan wahai Muhammad akan kebenaran itu, lalu Rasulullah berdakwah secara terbuka dan Rasulullah menyampaikan ketauhidan, mengajarkan agar manusia taat pada Allah dan menjauhkan segala larangannya, kemudian semakin banyak orang yang beriman dan mereka itulah yang diberi hidayah oleh Allah SWT serta menjadi sahabat Rasulullah SAW.
            
Manusia di Mekkah yang belom dikaruniakan Allah untuk beriman senantiasa memusuhi dan memerangi rosul beserta para sahabat, dan dengan penuh kesabaran rosul hadapi hingga Rasulullah hijrah ke Negeri Habsyi.

Adapun awal mulanya diwajibkan sholat, yaitu sholat Tahajjud . Firman Allah ta’ala :

Artinya : Wahai orang” yang berselimut, bangunlah olehmu sekalian dirikanlah sholat sepertiga malam,hingga sedikit waktu untuk tidurmu. Bahwasannya waktu malam itu sunyi lebih tenang faham maknanya serta lebih tartil membacanya.

Karna sesungguhnya sholat dimalam hari itu lebih tepat untuk khusyu’an dan bacanya lebih berkesan. Maka Rasulullah SAW beserta para sahabatnya sholat Tahajjud dan membaca Al-qur’an pada tiap malam hingga beberapa lamanya. Sehingga kaki Rasulullah dan kaki para sahabat dan umatnya dan menjadi wajib untuknya dan diwajibkan untuknya serta umatnya sholat 2 raka’at diwaktu pagi dan 2 raka’at diwaktu sore sebagaimana Firman Allah ta’ala :

Maka senantiasa dimalam mi’raj diwajibkan sholat 5 waktu sehari semalam untuknya dan seluruh umatnya.

Fasol 8 :
            
Dimasa usia Nabi Muhammad SAW 52 tahun tepat 27 rajab. Allah SWT memerintahkan kepadanya akan mi’raj ke 7 lapis langit.

Allah SWT menunjukkan akan kebesarannya mengenai hamba yang ahi ta’at dan ahli maksiat.
            
Allah SWT dengan kekuasaannya memerintahkan Nabi Muhammad SAW dalam perjalanan dari Mekkah ke Baitul Maqdis, lalu keliling dengan melewati 7 lapis langit dengan waktu 3 jam. Firman Allah SWT :


Artinya : Maha suci Allah SWT yang menjalankan hambanya diwaktu malam dari masjidil haram ke masjidil aqso.
         
Nabi Muhammad SAW bersama malaikat Jibril naik ke 7 lapis langit hingga ke sidrotul muntaha dan sampai pada tempat yang Allah telah tentukan.

Dalam perjalanan mi’raj Nabi Muhammad SAW diperlihatkan oleh Allah SWT akan isi syurga dan neraka.

Dan Allah memuliakan Nabi Muhammad SAW dari segala makhluk baik dari para ambiya dan para malaikat yang berada di 7 lapis langit.

Dan Allah SWT memerintahkan kepada malaikat Jibril dan Mikail untuk mendatangi Nabi Muhammad SAW dirumahnya di kota Mekkah.

Dan mengajak Nabi Muhammad SAW ke masjidil haram. Disitulah malaikat Jibril membasuh perut Nabi Muhammad SAW dengan air zam-zam dan dibelah dada rasulullah tanpa merasakan sakit dan malaikat mikail membasuh pula air zam-zam. 

Maka dipenuhilah perut rasulullah SAW dengan iman dan segala ilmu dan diletakkan khotaman nubuwwat diantara dua pundak Nabi Muhammad SAW.

Malaikat Jibril mengajak Nabi Muhammad SAW ke sumur zam-zam yang telah dicampur air kautsar untuk berwudhu, lalu malaikat Jibril mengajak Nabi Muhammad SAW keluar dari masjidil haram. Malaikat jibril telah menyiapkan kendaraan yang diambil dari syurga yaitu, Bouroq namanya dengan elok rupanya, besarnya antara keledai dan baghlah, mukanya menyerupai manusia, pipinya pipi kuda, bulu lehernya bulu kuda, kakinya kaki unta, tapak kakinya tapak lembu, ekornya berupa unta, wajahnya merah delima dan memiliki 2 sayap sangat luar biasa rupanya.



Perjalanan Rasulullah SAW bersama malaikat Jibril AS. Sampailah pada persinggahan yang pertama, disatu tempat dimana tanah yang banyak, tumbuh pohon kurma yang banyak buahnya. Dan Nabi Muhammad SAW sholat 2 raka’at. Dan inilah negri Madinah yang akan menjadi masjid dan kubur/makam Rasulullah SAW. Maka Rasulullah SAW melanjutkan perjalanannya ke bukit Tursina, tempat munajatnya Nabi Musa. Lalu perjalanan Rasulullah SAW sampailah pada Baitul Laham tempat lahirnya Nabi Isa AS.

Didalam perjalanannya pula Nabi Muhammad SAW mendapat godaan” yang berupa:
Panggilan dari sebelah kanan adalah panggilan dari Yahudi, maka apabila Rasulullah menjawab, niscaya umatnya menjadi Yahudi.  Begitu pula panggilan dari sebelah kiri, panggilan Nasrani, maka umatnya akan menjadi Nasrani. Dan dilihat pula oleh Rasulullah SAW perempuan dengan segala perhiasannya, dan apabila Rasulullah menjawab niscaya umatnya memilih dunia melebihi dari akheratnya.

          Datang malaikat membawa dua piala, yang satu berisi susu dan yang satu berisi arak. Dimintalah Rasulullah untuk meminum salah satunya. Maka Rasulullah meminum susu, Lalu malaikat Jibril mengatakan yang engkau minum itu adalah benar. Dan jika engkau memilih arak, niscaya umatmu akan tersesat dari pada agama islam setelah engkau wafat nanti.

Posting Komentar untuk "8 Fashol Isra wal mi’raj"

POPULER SEPEKAN

Jangan Coba Coba Sprite dan Insto ini Efeknya
Ajian Tepuk bantal Bikin Wanita Pujaan Hati Bertekuk Lutut
Ngaku Lega Usai Gorok Selingkuhan Istri hingga Tewas, Pelaku Ingin Istrinya Juga Dipenjara
Bocah Terlindas Mobil di Pom Bensin, Orangtua Lalai Awasi Anak saat Isi BBM
Cuti Bersama Natal, Libur Tahun Baru dan Pengganti Cuti Bersama Idul Fitri, Jadi 11 Hari
Taiwan Stop Pengiriman TKI ke Taiwan Mulai 4 Desember 2020
Gambar
Viral Suami Tidur di Luar, Demi Jaga Koleksi Tanaman Hias Milik Sang Istri Tercinta
Pria Ini Nikahi 2 Cewek Sekaligus, Netizen: Hebat Tuh Cowok!
Edhy Prabowo Nyatakan Mundur dari Jabatan Menteri Kelautan dan Perikanan