Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Manajemen Operasional (operasi)

Pengertian Manajemen Operasional (operasi)

Pengertian Manajemen Operasional (operasi)
MO merupakan salah satu fungsi bisnis disamping financial, marketing, maupun personalia. Pada awalnya MO lebih banyak menfokuskan pada opersi perusahaan manufaktur, sehingga dikenal dengan istilah “Manajemen Produksi”.Seiring dengan perkembangan sector jasa yang begitu pesat, maka MO juga menfokuskan pembahasan pada operasi jasa. Dengan demikian lebih tepatlah kiranya kita mempelajari ”Manajemen Operasinal”.
Manajemen operasional merupakan kegiatan untuk mengatur/mengelola secara optimal/manajemen pengolahan sumber daya dalam proses transformasi input menjadi output.
Unsur Manajemen terdiri dari ; perencanaan, pelaksanaan, pengawasan
Perencanaan MO di Restaurant Pizza Marzano
Pengenalan perencanaan manajemen oprasional mengenalkan terlebih dahulu orang-orang yang terlibat dalam pendirian restoran. Kemudian, jelaskan mengenai fungsi dan peran masing-masing saat restoran sudah berjalan nantinya. Bagian ini bisa dibuat singkat dan mencakup penjelasan mengenai kapabilitas masing-masing orang dalam bisnis, terutama dalam bisnis kuliner.
Pelaksanaan MO di Pizza Marzano
Setelah  perencanaan kita harus mengarahkan seluruh sumber daya yang kita punya untuk mencapai tujuan (visi dan misi) yang telah ditetapkan di planning sebelumnya. Fungsi inilah yang disebut sebagai fungsi actuating atau pengarahan. Selain untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi kinerja dengan optimal, fungsi pengarahan ini harus bisa menciptakan suasana lingkungan kerja yang dinamis, sehat, dan nyaman bagi para pekerjanya. Fungsi ini berkaitan erat dengan kepemimpinan dari pemimpin sebuah perusahaan. Pemimpin harus memberi motivasi kepada pekerjanya, memberi penjelasan yang jelas, dan mengingatkan kebijakan-kebijakan yang ada di perusahaan agar pekerjanya dapat bekerja secara efisien dan efektif
Pengawasan Mo di Pizza Marzano
Pengawasan dalam sebuah restaurant dilakukan oleh seorang manager yang memeinpin restaurant tersebut bertujuan untuk memastikan produk yang dijual sesuai dengan standar restaurant.
Ada beberapa hal yang perlu dilakukan sebelum malaksanakan fungsi pengawasan (controlling) ini. Tahapan tersebut yaitu:
  • Menetapkan standar pelaksanaan kegiatan usaha ikan mas
  • Menetukan pengukuran pelaksanaan kegiatan usaha tersebut
  • Menganalisa penyimpangan yang terjadi, dan
  • Mengambil tindakan jika diperlukan untuk memperbaiki penyimpangan.
  • Strategi Manajemen Oprasional ddi Pizza Marzano

1. Perkenalan (kesan) pertama

Kesan pertama pengunjung ketika datang dan makan di restoran Anda dapat sangat menentukan penilaian apakah mereka puas atau tidak. Pengunjung akan mulai membangun persepsi, mulai dari pertama masuk ke restoran, kecepatan pelayanan, cita rasa hidangan, keramahan pelayanan ketika pembayaran, hingga penanganan pelayanan pengunjung ketika akan pulang.

2. Frekuensi kunjungan

Menghitung berapa kali pengunjung restoran Anda datang kembali, bisa Anda gunakan untuk tolak ukur menghitung jumlah pelanggan setia Anda. Untuk restoran yang berdiri sendiri (bukan di mall) jumlah persentase ideal tamu lama (pelanggan) adalah 70% – 80%, sedangkan tamu baru 20% – 30%. Perlu Anda perhatikan juga secara serius jika sebagian besar yang datang orang baru (kecuali restoran yang berlokasi di rest area & resort), karena bisa jadi restoran Anda jarang disukai mereka.


3. Kemampuan daya beli tiap pengunjung

Kemampuan karyawan dan pengawas (supervisor) dalam menjual sangat memengaruhi jumlah rupiah yang akan Anda terima dari pengunjung restoran. Cara menawarkan hidangan saat pengambilan pesanan, cara berbicara, kemampuan menjual ekstra makanan dan minuman ketika pemesanan, akan mampu meningkatkan pembelian (daya beli) pengunjung (average check).

4. Menyediakan paket untuk pesta.

Banyaknya calon pelanggan potensial yang membuat acara pesta akan mampu meningkatkan penjualan di restoran Anda. Siapkan penawaran khusus yang mampu menarik sesuai dengan konsep yang diinginkan. Selama mengadakan pesta diharapkan tidak menutup restoran secara umum karena hal ini membangun citra buruk dan mengecewakan pelanggan lain terutama yang setia. Jangan pula tergiur keuntungan sesaat saja tetapi juga memikirkan kelangsungan bisnis untuk jangka panjang. Oleh karenanya Anda perlu membangun relasi dan kepuasan pelanggan.


EFEKTIVITAS

Efektivitas merupakan pengukuran keberhasilan dengan pemilihan cara-cara yang sudah ditentukan. Misalkan saja suatu pekerjaan bisa selesai dengan menggunakan pilihan cara yang sudah di tetapkan, maka cara tersebut sudah efektif. Biasanyaa karyawan melakukan sampling terhadap produk yang dijual sehingga menarik minat custimer. Restaurant mengadakan promo” yang menarik minat pelanggan.

EFISIENSI

Efisiensi merupakan anggapan bahwa tujuan yang telah ditentukan dan berusaha untuk mencari cara terbaik dalam mewujudkan tujuan tersebut. Efisiensi hanya bisa dievaluasi dengan penilaian relatif atau membandingkan antara masukan dan keluaran yang diterima. Karyawan harus bekerja secara efektif dan efisien, bekerja secara teamwork.

Strategi Bisnis Restoran

·         Pemasaran Kreatif Melalui Media Social Atau Website


Seperti yang telah dijelaskan diatas, bahwa dalam menjalankan bisnis online, media social hanya digunakan sebagai alat promosi saja. Manfaatkan media social maupun website secara baik, dengan menawarkan berbagai promo dan juga aneka menu berbeda setiap harinya
·         Ciptakan Menu Yang Berbeda
Selain tren, orang akan senang jika mencicipi makanan yang beda dari yang lainnya, atau menu yang anda sajikan tidak ada direstoran lain. Strategi ini sangat ampuh anda coba, sebab anda tidak memiliki pesaing lainnya. 
·         Kualitas Makanan
Dari sekian banyak strategi yang anda, cita rasa dan kualitas makanan juga tidak boleh anda lewatkan. Meskipun, tidak dipungkiri jika tujuan orang pergi ke restoran tidak hanya sekedar mengisi perut saja, akan tetapi jika menu yang anda sajikan tidak enak, maka pelanggan pun enggan untuk kembali lagi.
·         Harga
Bagi seorang pelajar atau mahasiswa, harga sebuah makanan sangat penting bagi mereka. Keterbatasan uang saku yang mereka miliki membuat mereka lebih memilih makanan yang murah dibanding yang mahal. Anda yang ingin membuka restoran juga harus memikirkan hal ini. Apalagi jika resto yang anda bangun masih tergolong baru dan belum memiliki ciri khas sendiri, jangan sekali-kali memberi harga yang tinggi. Berikan menu yang bervariasi dan harga yang bervariasi tentunya sesuai kualitas, sehingga menu yang anda tawarkan dapat dijangkau oleh semua kalangan.



Posting Komentar untuk "Pengertian Manajemen Operasional (operasi)"

POPULER SEPEKAN

Jangan Coba Coba Sprite dan Insto ini Efeknya
Ajian Tepuk bantal Bikin Wanita Pujaan Hati Bertekuk Lutut
Mau Dikurangi Jokowi, Ini Jadwal Libur Tahun Baru 2020
Gambar
Cuti Bersama Natal, Libur Tahun Baru dan Pengganti Cuti Bersama Idul Fitri, Jadi 11 Hari
Viral Suami Tidur di Luar, Demi Jaga Koleksi Tanaman Hias Milik Sang Istri Tercinta
Demit Masuk Google Maps, Ikuti Petunjuk Suara Google Maps Sopir Mobil Ini Malah Kesasar di Hutan
Edhy Prabowo Nyatakan Mundur dari Jabatan Menteri Kelautan dan Perikanan
Alasan Mengharukan di Balik Wisuda Online Mahasiswa IAIN Purwokerto di Makam Ayah
Gambar