Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pemkab Cilacap Akan Segera Kembangkan 4 Titik Lokasi Wisata di Pulau Nusakambangan

 

Rencana pengelolaan Pulau Nusakambangan sebagai kawasan wisata makin dekat dengan adanya pembahasan antara Kemenko Marvest dengan Pemkab Cilacap, beberapa waktu lalu. Prioritas utama, perlu adanya penetapan zonasi agar kepentingan Pemkab tidak berbenturan dengan kawasan pemasyarakatan.

Beberapa persoalan yang menjadi kendala pemanfaatan wisata Pulau Nusakambangan yakni status kawasan sebagai daerah dengan super maximum security yang menjadi otoritas Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia. Selain itu ada masyarakat dari luar Pulau Nusakambangan yang tinggal di sekitar pantai, dan bukan sebagai karyawan LP.

Ada pula aktivitas pertanian dan pembukaan lahan untuk ladang oleh masyarakat. “Zonasi di Pulau Nusakambangan harus dibahas bersama Ditjen Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem dan PKTL KLHK. Terutama kaitannya sebagai fungsi cagar alam serta pemanfaatanya dalam otoritas Kemenkumham”, kata Sekretaris Deputi Bidang Koordinasi Pengelolaan Lingkungan dan Kehutanan, Dirhansyah Conbul.

Sebelumnya Pemerintah Kabupaten Cilacap telah mengusulkan zonasi pengelolaan wisata di pulau tersebut. Tujuannya agar tidak mengganggu kegiatan pemasyarakatan di sana. Beberapa destinasi yang akan dikembangkan yakni Goa Mas Sigit Sela, Pantai Rancababakan, Pantai Pasir Putih, dan Pantai Permisan.

“Kami tidak meminta banyak, tetapi pesisirnya saja untuk dikelola menjadi tempat wisata. Apabila hal ini dapat terealisasi, hal ini akan menjadi kebanggan bagi Pemkab Cilacap”, kata Bupati Tatto Suwarto Pamuji dalam Rakor Bersama Kemenko Marves beberapa waktu lalu.

Pantai Rancababakan dapat diakses menggunakan perahu dari Cilacap. Perjalanannya membutuhkan waktu sekitar 2 jam. Apabila dari dermaga muara Citanduy yang berada di Provinsi Jawa Barat, waktu tempuhnya hanya sekitar 20 menit. Khusus untuk pengembangan wisata pantai ini, Pemkab Cilacap juga berkoordinasi dengan pemerintah provinsi dan kabupaten yang berbatasan.


Sumber: https://cilacapkab.go.id/v3/rencana-pengembangan-wisata-nusakambangan-makin-dekat/

Posting Komentar untuk "Pemkab Cilacap Akan Segera Kembangkan 4 Titik Lokasi Wisata di Pulau Nusakambangan"

POPULER SEPEKAN

Ajian Tepuk bantal Bikin Wanita Pujaan Hati Bertekuk Lutut
Mengapa Faktor Ekonomi Dianggap Sebagai Penyebab Utama Meningkatnya Angka Putus Sekolah
Nikahi Dua Wanita Sekaligus, Pria Ini Kini Bingung Karena Tak Punya Pekerjaan Tetap
Viral ! Satpam ini Menguji Alat Rapit test Antigen Dengan Air Keran Hasilnya Positif
Uang koin Rp 500 bergambar bunga Melati dijual di Olshop Rp.500 Juta
Lagi Viral, Ditengah Pandemi Covid-19 Pria Ini Menikahi 2 Wanita Sekaligus
Toyota Innova Ambulans Digendong Truk Digrebek Petugas, Isinya Bikin Kaget
Bocah Tidur Berselimut Karung Bekas di Emperan Mini Market Viral
Makalah Ojt Alfamart Sebagai Crew
Makalah Observasi Ojt Alfamart 2019