Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Anak Sekolah Hingga Ibu Hamil Dapat BLT


Pemerintah mulai meluncurkan bantuan sosial (bansos) bulan ini. Bantuan itu salah satunya adalah program keluarga harapan (PKH). Ini berarti, ibu hamil, anak sekolah, lansia, anak usia dini, hingga lanjut usia (lansia) akan mendapatkan bantuan pemerintah mulai Januari 2021.

Lantas, syarat apa saja yang harus dimiliki agar mendapatkan bantuan dalam bentuk PKH?

Mengutip laman resmi pkh.kemensos.go.id, Selasa (12/1), kelompok penerima manfaat (KPM) harus terdaftar dan hadir pada fasilitas kesehatan dan pendidikan terdekat.

Ada beberapa kewajiban yang harus dimiliki calon KPM di bidang kesehatan. Sejumlah kewajiban itu, antara lain pemeriksaan kandungan bagi ibu hamil, pemberian asupan gizi, imunisasi, serta timbang badan balita dan anak prasekolah.

Sementara, beberapa kewajiban bagi KPM di bidang pendidikan adalah mendaftarkan dan memastikan kehadiran anggota keluarga PKH ke satuan pendidikan sesuai jenjang sekolah dasar dan menengah. Lalu, untuk komponen kesejahteraan sosial, yaitu penyandang disabilitas dan lansia mulai 70 tahun.

Bantuan PKH ini nantinya akan diberikan kepada beberapa kategori keluarga. Rinciannya, untuk ibu hamil atau nifas akan mendapatkan bantuan sebesar Rp3 juta per tahun, anak usia dini 0-6 tahun sebesar Rp3 juta per tahun, pendidikan anak SD sebesar Rp900 ribu per tahun, pendidikan anak SMP sebesar Rp1,5 juta tahun, pendidikan anak SMA Rp2 juta per tahun, penyandang disabilitas Rp2,4 juta per tahun, dan lansia Rp2,4 juta per tahun.

PKH diberikan dengan tujuan untuk meningkatkan taraf hidup, mengurangi beban, menciptakan perubahan perilaku dan kemandirian KPM, mengurangi kemiskinan, dan meningkatkan inklusi keuangan.

sumber: https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20210112095942-532-592500/syarat-dapat-blt-anak-sekolah-hingga-ibu-hamil

Posting Komentar untuk " Anak Sekolah Hingga Ibu Hamil Dapat BLT"

POPULER SEPEKAN

Ajian Tepuk bantal Bikin Wanita Pujaan Hati Bertekuk Lutut
Mengapa Faktor Ekonomi Dianggap Sebagai Penyebab Utama Meningkatnya Angka Putus Sekolah
Nikahi Dua Wanita Sekaligus, Pria Ini Kini Bingung Karena Tak Punya Pekerjaan Tetap
Viral ! Satpam ini Menguji Alat Rapit test Antigen Dengan Air Keran Hasilnya Positif
Uang koin Rp 500 bergambar bunga Melati dijual di Olshop Rp.500 Juta
Lagi Viral, Ditengah Pandemi Covid-19 Pria Ini Menikahi 2 Wanita Sekaligus
Bocah Tidur Berselimut Karung Bekas di Emperan Mini Market Viral
Makalah Observasi Ojt Alfamart 2019
Makalah Ojt Alfamart Sebagai Crew
Gambar