Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Memasuki MusimTanam Kebumen Masi Santai Belum mengolah lahan


Kendati Musim Tanam (MT) I 2019/2020 di Daerah Irigasi (DI) Wadaslintang Barat dan DI Sempor  Kebumen oleh Gubernur Jawa Tengah dijadwalkan dimulai pada 1 Oktober 2019 lalu, namun hingga 7 Januari 2020 mayoritas petani kedua kawasan tersebut belum mulai mengolah tanah sawah mereka.

"Meskipun curah hujan sudah mulai tinggi dalam seminggu terakhir ini, namun sampai hari ini petani desa kami belum mulai mengolah tanah sawah mereka," ujar petani Desa Tanjungsari Kecamatan Buluspesantren Kebumen, Martowiyono, di rumahnya, Selasa (07/01/2020).

Menurut Marto petani belum tergerak untuk turun ke sawah karena air irigasi Waduk Wadaslintang belum sampai ke desanya. "Kami belum turun ke sawah karena sampai hari ini air Waduk Wadaslintang belum sampai ke desa kami, sedangkan air hujan belum bisa kami andalkan karena baru beberapa hari ini saja turun deras," ujar Marto sambil menunjuk saluran irigasi dekat rumahnya yang belum dialiri air.

Selain di Kecamatan Buluspesantren, air Waduk Wadaslintang belum juga sampai di sejumlah desa Kecamatan Kebumen dan Ambal. Sedangkan saluran irigasi di Kecamatan Pejagoan, Alian, Kutowinangun dan sebagian Kebumen hingga Selasa (07/01/2020), baru terisi sepertiga dari kapasitas normalnya.

"Air irigasi yang masih sedikit ini hanya cukup untuk menaikkan permukaan air sumur warga, belum bisa digunakan untuk memulai musim tanam," jelas petani Desa Surotrunan Kecamatan Alian Kebumen, Surip.

Surip mengakui bahwa MT I 2029/2020 ini sudah mundur 3 bulan lebih dari jadwalnya akibat terdampak kemarau panjang. Diperkirakan bila hujan deras sudah intensif turun sepanjang Januari 2020, maka petani akan mulai menanam padi pada Februari 2020 mendatang.

Keengganan petani untuk mulai mengolah sawah juga terjadi di di Sempor yang meliputi Kecamatan Sempor, Gombong, Karanganyar, Adimulyo dan Sruweng, akibat belum dialirkannya air Waduk Sempor ke jaringan irigasi. Sejumlah petani di kawasan ini menyatakan masih menunggu tersedianya air waduk dengan kapasitas normal di saluran irigasi. (Dwi)

Posting Komentar untuk "Memasuki MusimTanam Kebumen Masi Santai Belum mengolah lahan"

POPULER SEPEKAN

Jangan Coba Coba Sprite dan Insto ini Efeknya
Ayla Tabrak CBR di Purwokerto, Tawari Ganti Rugi Mobil dan Rumah, Ini Kata Saksi
Demit Masuk Google Maps, Ikuti Petunjuk Suara Google Maps Sopir Mobil Ini Malah Kesasar di Hutan
Ajian Tepuk bantal Bikin Wanita Pujaan Hati Bertekuk Lutut
Mau Dikurangi Jokowi, Ini Jadwal Libur Tahun Baru 2020
Gambar
Merinding!! VIDEO Viral Pocong Rebahan Hadang Pengendara Mobil di Cipari Cilacap
Viral Pria Lulusan S2 yang Memilih Menjadi Penjual Balon, Alasannya Bikin Sedih
Viral Wanita Cantik Penjual Rujak, Pria Beli 3 Kali dalam Sehari
Edhy Prabowo Nyatakan Mundur dari Jabatan Menteri Kelautan dan Perikanan