Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Gerhana Bulan Sebabkan Banjir Rob, Pesisir Pantai Kebumen


Gerhana bulan penumbra di Indonesia terjadi pada Sabtu (11/01/2020) dini hari. Untuk diketahui, gerhana bulan adalah peristiwa terhalanginya cahaya matahari oleh bumi sehingga tidak semuanya sampai ke bulan. Sementara itu, gerhana bulan penumbra adalah peristiwa ketika bulan masuk ke wilayah penumbra bumi.

Penumbra merupakan bayangan kabur ketika terjadi gerhana. Gerhana bulan penumbra ini menjadi gerhana pertama yang melewati Indonesia pada tahun 2020 ini. BMKG memprediksi akan ada 6 fenomena gerhana di 2020, baik gerhana bulan maupun gerhana matahari.

 Dilansir dari laman resmi NASA, gerhana terjadi ketika suatu benda langit seperti bulan atau planet bergerak ke dalam bayangan benda langit lainnya. Adanya gerhana bulan kerap dikaitkan dengan banjir rob di sejumlah wilayah di Indonesia.

Bagaimana penjelasannya? Kabid Geofisika Potensial dan Tanda Waktu BMKG Hendra Suwarta menjelaskan pasangnya air laut terjadi setiap hari. Ada yang pagi ada yang sore hari. Hal ini disebutnya sebagai pasang biasa. Saat bulan purnama, pasang air laut bisa lebih tinggi dari pasang biasa, walaupun tidak signifikan. "Kalau lebih tinggi iya, meski tidak terlalu signifikan, mungkin hanya sekitar 50 sentimeter,"

Pasang air laut, imbuhnya juga terjadi saat gerhana. Pasang ini yang biasa disebut banjir rob di daerah pantai yang rendah. Apalagi saat bumi dan bulan berada pada jarak terdekat, pasang air laut bisa lebih tinggi daripada purnama biasa. “Gerhana bisa saja ada hubungannya dengan banjir rob, karena gerhana itu sebetulnya terjadi saat bulan purnama,” imbuh dia.

Sejauh ini, masyarakat yang tinggal di dataran rendah sudah terbiasa menghadapi banjir rob. Sehingga banjir rob dinilai tidak terlalu berbahaya.  Banjir rob juga menurutnya tidak berlangsung lama. “Sehari paling lama,” katanya. Saat disinggung terkait fenomena gerhana bulan, Hendra menjelaskan tidaklah berbahaya jika dilihat secara langsung. Tidak seperti gerhana matahari yang membutuhkan alat khusus untuk menyaksikannya.

Posting Komentar untuk "Gerhana Bulan Sebabkan Banjir Rob, Pesisir Pantai Kebumen"

POPULER SEPEKAN

Jangan Coba Coba Sprite dan Insto ini Efeknya
Ayla Tabrak CBR di Purwokerto, Tawari Ganti Rugi Mobil dan Rumah, Ini Kata Saksi
Demit Masuk Google Maps, Ikuti Petunjuk Suara Google Maps Sopir Mobil Ini Malah Kesasar di Hutan
Ajian Tepuk bantal Bikin Wanita Pujaan Hati Bertekuk Lutut
Mau Dikurangi Jokowi, Ini Jadwal Libur Tahun Baru 2020
Gambar
Edhy Prabowo Nyatakan Mundur dari Jabatan Menteri Kelautan dan Perikanan
Viral Pria Lulusan S2 yang Memilih Menjadi Penjual Balon, Alasannya Bikin Sedih
Merinding!! VIDEO Viral Pocong Rebahan Hadang Pengendara Mobil di Cipari Cilacap
Viral Wanita Cantik Penjual Rujak, Pria Beli 3 Kali dalam Sehari