Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Gerhana Bulan Sebabkan Banjir Rob, Pesisir Pantai Kebumen


Gerhana bulan penumbra di Indonesia terjadi pada Sabtu (11/01/2020) dini hari. Untuk diketahui, gerhana bulan adalah peristiwa terhalanginya cahaya matahari oleh bumi sehingga tidak semuanya sampai ke bulan. Sementara itu, gerhana bulan penumbra adalah peristiwa ketika bulan masuk ke wilayah penumbra bumi.

Penumbra merupakan bayangan kabur ketika terjadi gerhana. Gerhana bulan penumbra ini menjadi gerhana pertama yang melewati Indonesia pada tahun 2020 ini. BMKG memprediksi akan ada 6 fenomena gerhana di 2020, baik gerhana bulan maupun gerhana matahari.

 Dilansir dari laman resmi NASA, gerhana terjadi ketika suatu benda langit seperti bulan atau planet bergerak ke dalam bayangan benda langit lainnya. Adanya gerhana bulan kerap dikaitkan dengan banjir rob di sejumlah wilayah di Indonesia.

Bagaimana penjelasannya? Kabid Geofisika Potensial dan Tanda Waktu BMKG Hendra Suwarta menjelaskan pasangnya air laut terjadi setiap hari. Ada yang pagi ada yang sore hari. Hal ini disebutnya sebagai pasang biasa. Saat bulan purnama, pasang air laut bisa lebih tinggi dari pasang biasa, walaupun tidak signifikan. "Kalau lebih tinggi iya, meski tidak terlalu signifikan, mungkin hanya sekitar 50 sentimeter,"

Pasang air laut, imbuhnya juga terjadi saat gerhana. Pasang ini yang biasa disebut banjir rob di daerah pantai yang rendah. Apalagi saat bumi dan bulan berada pada jarak terdekat, pasang air laut bisa lebih tinggi daripada purnama biasa. “Gerhana bisa saja ada hubungannya dengan banjir rob, karena gerhana itu sebetulnya terjadi saat bulan purnama,” imbuh dia.

Sejauh ini, masyarakat yang tinggal di dataran rendah sudah terbiasa menghadapi banjir rob. Sehingga banjir rob dinilai tidak terlalu berbahaya.  Banjir rob juga menurutnya tidak berlangsung lama. “Sehari paling lama,” katanya. Saat disinggung terkait fenomena gerhana bulan, Hendra menjelaskan tidaklah berbahaya jika dilihat secara langsung. Tidak seperti gerhana matahari yang membutuhkan alat khusus untuk menyaksikannya.

Posting Komentar untuk "Gerhana Bulan Sebabkan Banjir Rob, Pesisir Pantai Kebumen"

POPULER SEPEKAN

Butuh Uang Untuk Hidupi 2 Anak, Wanita PSK Hamil 7 Bulan di Tasikmalaya Tetap Layani Pria
Tak Takut Tertukar Pasangan Pengantin Kembar Ini Bedakannya Pake Feeling
Wanita ini Menceritakan Penyesalannya Karena Bangun Rumah di Tanah Mertua
Dapat Warisan Dari Arab Bocah Asal Madura Ini Mendadak Jadi Sultan
Rebutan Lahan Sawit, Prajurit TNI AL dan Petani Duel Pakai Golok
Pelaku Penganiayaan Perempuan Asal Banyumas Dianiaya dan Dicukur Gundul, Ditangkap
Curhatan Istri yang Masih Tinggal di Mertua, Terpaksa Umpetin Makanan di Dalam Kamar
Akibat Makan Uang Salah Transfer Rp51 Juta,  Keluarga Jadi Ikut Kena Imbas
Bupati Termuda di Jateng: Usia 31 Tahun Lulusan Amerika, Hartanya Rp7,7 Miliar
Bocah Bernasib Malang Berusia 8 Tahun di Kutai Timur Ditemukan Jasadnya di Perut Buaya