Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Stasiun Geofisika Banjarnegara (BMKG Banjarnegara) mengajak seluruh warga di wilayah setempat untuk mengamati fenomena gerhana Matahari cincin pada 26 Desember 2019.


Banjarnegara (Kompasko) - Stasiun Geofisika Banjarnegara (BMKG Banjarnegara) mengajak seluruh warga di wilayah setempat untuk mengamati fenomena gerhana Matahari cincin pada 26 Desember 2019.

"Kami mengingatkan warga bahwa akan ada fenomena gerhana Matahari cincin pada Kamis (26/12)," kata Kepala Stasiun Geofisika Banjarnegara (BMKG Banjarnegara) Setyoajie Prayoedhie di Banjarnegara, Jumat.

Ia menjelaskan gerhana Matahari cincin terjadi ketika Matahari, Bulan, dan Bumi tepat segaris dan pada saat itu piringan Bulan yang teramati dari Bumi lebih kecil daripada piringan Matahari.

Akibatnya, saat puncak gerhana, Matahari akan tampak seperti cincin, yaitu gelap di bagian tengahnya dan terang di bagian pinggirnya.
Dia menambahkan, terdapat dua macam bayangan Bulan yang terbentuk pada saat gerhana Matahari cincin, yaitu antumbra dan penumbra.

"Di wilayah yang terlewati antumbra, gerhana yang teramati berupa gerhana Matahari cincin. Sementara di wilayah yang terkena penumbra, gerhana Matahari sebagianlah yang akan teramati," katanya.

Dia juga mengatakan, waktu saat puncak gerhana akan berbeda-beda di setiap daerah.

"Di Indonesia, daerah yang akan mengalami waktu saat puncak gerhana paling awal adalah Kota Sabang, yang terjadi pada pukul 11.49 WIB. Adapun kota yang akan mengalami waktu puncak paling akhir adalah Jayapura, yaitu pukul 15.51 WIT," katanya.

Sementara itu, dia juga mengingatkan masyarakat untuk menggunakan kacamata khusus apabila ingin menyaksikan proses hingga puncak gerhana Matahari cincin.

"Jangan menyaksikan prosesnya tanpa menggunakan kacamata khusus karena dapat merusak mata," katanya.

Ia menambahkan Stasiun Geofisika Banjarnegara akan melakukan pengamatan dan akan mengundang perwakilan dari Pemkab Banjarnegara, NU, Muhammadiyah, dan lain sebagainya untuk bersama-sama menyaksikan fenomena tersebut.

"Kami berharap cuaca cerah dan tidak hujan agar seluruh proses pengamatan dapat berjalan dengan baik dan lancar," katanya.

Posting Komentar untuk "Stasiun Geofisika Banjarnegara (BMKG Banjarnegara) mengajak seluruh warga di wilayah setempat untuk mengamati fenomena gerhana Matahari cincin pada 26 Desember 2019."

POPULER SEPEKAN

Salah Paham, Gadis Asal Banyumas Sekarat Digunduli dan Dianiaya Anak Jalanan
Mulai 17 Maret, Polda Jateng Terapkan Tindakan Tilang Elektronik di 27 Titik Termasuk Cilacap
Kisah Gadis Cilacap 2 Tahun LDR Diputusin Begitu Aja ,Hemm Kasian Amat Yak..
Warga Bojonegoro Berbondong-Bondong Cek Saldo Setelah Nasabah BRI Uang Raib Misterius
Jaman KB, Pasutri di Malang Miliki 15 Anak Dengan Jarak 1-2 Tahun Kartu KK Jadi 2 Lembar
Di Cilacap Aplikasi Snack Video Lagi Viral Karena Menghasilkan Uang Begini Cara Daftarnya
Kunjungi Purbalingga Artis Baim Wong dan Paula Disuguhan Tempe Menodan
12 Oknum Polisi Berikut Kapolseknya Yang Konsumsi Narkoba Akan Disanksi Penurunan Pangkat Hingga Pemecataan
Terdakwa Khasus Korupsi Diizinkan Keluar Rutan Untuk Dilantik Jadi Wakil Bupati