Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Gua Petruk di Kebumen Alternatif Liburan Tahun Baru 2020

Gua Petruk , Tempat Wisata Kab,Kebumen
Gua Petruk adalah sebuah situs geologi yang terbentuk dari proses alamiah di Kawasan Karst Gombong Selatan yang terletak di Dusun Mandayana, Desa Candirenggo, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia.

Gua yang keseluruhannya terbentuk dari kapur ini memiliki panjang keseluruhan hingga 2 Km[butuh rujukan][1] dengan panjang jelajah 100 meter hingga 664 meter, lebar rata-rata 14 meter, dan tinggi rata-rata 32 meter. Gua ini berjarak 7 Km dari Gua Jatijajar, 38 Km berkendaradari pusat Kota Kebumen dan 24 Km dari Gombong menggunakan kendaraan pribadi maupun angkutan umum.

Nama Petruk berasal dari sebuah batu (stalaktit/stalagmit) di dalam gua yang mempunyai bentuk seperti hidungnya Petruk, nama tokoh Ponokawan yaitu anak Ki Semar yang berbadan tinggi, namun hidungnya sangat mancung.

Namun karena penambangan phosfat di masa penjajahan Belanda batu berbentuk hidung Petruk tersebut putus dan kini sudah tak kelihatan lagi. Goa Petruk terbagi menjadi tiga bagian. Selain itu terdapat stalaktit dan stalagmit yang masih asli bentuknya menyerupai payudara, tugu pancuran, baju putih dan semar. Bagian pertama hanya terdapat kelelawar dengan bau kurang sedap. Sedangkan untuk bagian kedua dalam lokasi tersebut diberi nama Gua Semar dan bagian ketigalah yang bernama Gua Petruk. Tidak seperti Gua Jatijajar, Gua Petruk tetap dijaga kealamiannnya, bahkan untuk diterangi dengan listrik tidak diperkenankan.

Gua Petruk telah lama dibuka untuk wisatawan umum oleh pemerintah Kabupaten Kebumen. Untuk dapat masuk ke gua ini disediakan alat-alat seperti headlamp, spatuboot, baju tahan air (coverall), helm pelindung kepala dan pemandu. Pemandu wisata akan selalu mendampingi dan membawakan lampu charge sebagai penerangnya. Di wisata Gua Petruk terdapat fasilitas pendukung seperti Mushalla, Tempat Parkir dan Warung Makanan. Selain itu terdapat beberapa Home Stay untuk wisatawan dari luar daerah. Selain masuk ke Gua Petruk, wisata seluas 0,51 hektar ini dapat melakukan hal menarik lainnya seperti panjat tebing di Tebing Putih Petruk.

Destinasi ini sangat cocok untuk Berlibur Tahun Baru 2020 denganSanak Saudara , hehe Bahkan dengan Pacar juga asik nih :)

Posting Komentar untuk "Gua Petruk di Kebumen Alternatif Liburan Tahun Baru 2020"

POPULER SEPEKAN

Mengaku Akan Segera Menikah Pasangan Asal Sidareja Keciduk Sedang Ngamar di Krapyak
Sekeluarga Mudik Jalan Kaki Usai Kena PHK, Gendong 2 Anak Susuri Jalan Kebumen hingga Bandung
Ngamar di Krapayak Di Siang Bolong Wisatawan Asal Cilacap Terciduk
Ajian Tepuk bantal Bikin Wanita Pujaan Hati Bertekuk Lutut
Seluruh Akes Jalur Masuk Garut Ditutup Besok, Dijaga Petugas Bersenjata
Pemudik di Terminal Kalideres Meningkat Jelang Larangan Mudik 6 Mei -17 Mei 2021
Jangan Coba Coba Sprite dan Insto ini Efeknya
Gambar
 Bayar Travel 300 Ribu Hendak Mudik Ke Cilacap Palah Diputar Balik
2 Mobil Pemudik Dari Bandung Ke Cilacap Alami  Kecelakaan di Majenang