Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Disdukcapil Kebumen Kehabisan Blangko E-KTP Hingga 2020 Masyarakat Harus Bersabar

Disdukcapil Kebumen
KEBUMEN (Kompasko.com)- Warga Kota Beriman yang akan mengurus KTP elektronik (KTP-El), harus bersabar. Ini setelah Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) yang mengurusi soal EKTP, kehabisan blangko.

 Kepala Disdukcapil, Maskhemi, membenarkan saat ini pihaknya kehabisan Blangko KTP El atau E-KTP. Ini sudah terjadi sejak akhir Mei 2019 lalu. "Kendati demikian, untuk perekaman EKTP tetap bisa dilayani dengan baik," ujar Maskhemi, kemarin (14/9/2019).

 Adapun bagi yang membutuhkan EKTP, Maskhemi menyampaikan tak perlu khawatir. Sebab, Disdukcapil, telah mengantisipasi kelangkaan blangko EKTP ini dengan mengeluarkan surat keterangan yang fungsinya persis sama dengan KTP Elektronik.

 "(Meski hanya surat keterangan) Bisa juga digunakan untuk mengurus segala keperluan adiministrasi kependudukan," imbuh Maskhemi  seraya menyebut hal itu sesuai dengan putusan MK nomor 20/PUU-XVII/2019 2019.

Lalu mengapa Blangko KTP jumlahnya terbatas? Maskhemi menjelaskan, pengiriman dari pusat tersendat sejak akhir Mei 2019 lalu.  Disdukcapil Kebumen hanya menerima 500 keping dalam satu bulan.

 Jumlah itu sangat jauh dari kata cukup. Mengingat tingginya kebutuhan masyarakat. Sebagai gambaran, Disdukcapil Kabupaten Kebumen sejak Mei lalu, sudah mengeluarkan 30 ribu surat keterangan (Suket) sebagai pengganti KTP EL.

 Situasi ini membuat petugas terpaksa memberikan pelayanan dengan skala prioritas.  "Petugas hanya mengutamakan untuk hal-hal mendesak dan perekaman baru. Ini juga sesuai dengan Surat Dirjen Dukcapil Kemendegri tanggal 26 Agustus 2019 tentang pelayanan rekam cetak KTP-El," ujarnya.

 Dalam kesempatan itu, Maskhemi kembali meminta warga masyarakat untuk bersabar. Ia berharap, persoalan kelangkaan balngko KTP El ini dapat segera teratasi. "Kewenangan pengadaan blangko KTP el berada di Kemendagri.

Disdukcapil Kebumen sifatnya hanya menerima. Jadi sekali lagi kami meminta masyarakat dapat memahami situasi yang kami alami. Juga, masyarakt kami minta bersabar," kata Maskhemi seraya menegaskan pelayanan akan tetap diberikan semaksimal mungkin.

Posting Komentar untuk "Disdukcapil Kebumen Kehabisan Blangko E-KTP Hingga 2020 Masyarakat Harus Bersabar"

POPULER SEPEKAN

Mulai 17 Maret, Polda Jateng Terapkan Tindakan Tilang Elektronik di 27 Titik Termasuk Cilacap
12 Oknum Polisi Berikut Kapolseknya Yang Konsumsi Narkoba Akan Disanksi Penurunan Pangkat Hingga Pemecataan
Salah Paham, Gadis Asal Banyumas Sekarat Digunduli dan Dianiaya Anak Jalanan
Pohon Tumbang di Bantarsari Timpa 2 Pengendara Bermotor yang Berboncengan
Kisah Gadis Cilacap 2 Tahun LDR Diputusin Begitu Aja ,Hemm Kasian Amat Yak..
Konsumsi Narkoba Kapolsek Cantik Ini Ditahan Propam dan Jadi Sorotan
Ditelfon Isteri Ngakunya Lembur, PMI Taiwan ini Ternyata Sedang Mantap-Mantap di Hotel
Aplikasi SIM Online, Bisa Perpanjang dan Buat Sim Baru Dari Rumah Tak Perlu Ribet
Kisah Pilu ART Sering Dipukul Majikan Tiap Hari, Kerja 8 Tahun Baru Tahu Digaji Rp 300Rb/Bulan