Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

2 Wanita Derita Gangguan Jiwa, di Kebumen Dipasung Bertahun-tahun

Polisi bersama masyarakat dan Pemkab Kebumen, Jawa Tengah, mengevakuasi warga yang dipasung, Kamis (5/12/2019
KEBUMEN  JAWA TENGAH, - Polisi bersama jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kebumen, Jawa Tengah, dan elemen masyarakat mengevakuasi dua warga yang dipasung selama bertahun-tahun, Kamis (5/12/2019). Keduanya adalah Rasimah (60), warga Desa Tambakprogaten, Kecamatan Klirong dan Sopiah (27) warga Desa Pandanlor, Kecamatan Klirong.

Keduanya dipasung keluarganya karena menderita gangguan jiwa. Kasubbag Humas Polres Kebumen Iptu Tugiman mengatakan, saat dievakuasi, kondisi keduanya sangat memprihatinkan. Sopiah kesulitan berjalan akibat terlalu lama dipasung.

"Saat anggota Polsek Klirong melakukan evakuasi mendampingi lintas sektoral, keduanya sangat memprihatinkan. Keduanya telah dipasung keluarganya sudah puluhan tahun," kata Tugiman melalui keterangan tertulis, Kamis.

 Sang Ayah: Kami Pasrah Sama Yang Kuasa Tugiman mengatakan, evakuasi dilakukan atas laporan warga setempat ke Dinas Kesehatan Kebumen. Keduanya akan dibawa ke Puskesmas Pejagoan untuk mendapatkan penanganan medis. "Keduanya dipasung karena menderita gangguan jiwa, sedangkan orangtuanya tidak memiliki cukup biaya untuk mengobati.

Padahal saat ini tidak tidak diperbolehkan ada warga yang dipasung, pemasungan bukan solusi," ujar Tugiman. Tugiman mengatakan, Rasimah selama ini tinggal bersama ibunya yang sudah renta. Rasimah siang malam dipasung.

Jika dikeluarkan, dikhawatirkan akan mengganggu ketenangan warga sekitar. Baca juga: Anak Berkebutuhan Khusus yang Terbakar Saat Dipasung Pernah Diselamatkan Dinsos Sedangkan Sopiah menderita gangguan jiwa sejak menginjak kelas 6 SD.

sumber : Kompas
Editor : rudianto

Posting Komentar untuk "2 Wanita Derita Gangguan Jiwa, di Kebumen Dipasung Bertahun-tahun"

POPULER SEPEKAN

Mengaku Akan Segera Menikah Pasangan Asal Sidareja Keciduk Sedang Ngamar di Krapyak
Sekeluarga Mudik Jalan Kaki Usai Kena PHK, Gendong 2 Anak Susuri Jalan Kebumen hingga Bandung
Ngamar di Krapayak Di Siang Bolong Wisatawan Asal Cilacap Terciduk
Ajian Tepuk bantal Bikin Wanita Pujaan Hati Bertekuk Lutut
Seluruh Akes Jalur Masuk Garut Ditutup Besok, Dijaga Petugas Bersenjata
Pemudik di Terminal Kalideres Meningkat Jelang Larangan Mudik 6 Mei -17 Mei 2021
Jangan Coba Coba Sprite dan Insto ini Efeknya
Gambar
 Bayar Travel 300 Ribu Hendak Mudik Ke Cilacap Palah Diputar Balik
2 Mobil Pemudik Dari Bandung Ke Cilacap Alami  Kecelakaan di Majenang