Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

2 Wanita Derita Gangguan Jiwa, di Kebumen Dipasung Bertahun-tahun

Polisi bersama masyarakat dan Pemkab Kebumen, Jawa Tengah, mengevakuasi warga yang dipasung, Kamis (5/12/2019
KEBUMEN  JAWA TENGAH, - Polisi bersama jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kebumen, Jawa Tengah, dan elemen masyarakat mengevakuasi dua warga yang dipasung selama bertahun-tahun, Kamis (5/12/2019). Keduanya adalah Rasimah (60), warga Desa Tambakprogaten, Kecamatan Klirong dan Sopiah (27) warga Desa Pandanlor, Kecamatan Klirong.

Keduanya dipasung keluarganya karena menderita gangguan jiwa. Kasubbag Humas Polres Kebumen Iptu Tugiman mengatakan, saat dievakuasi, kondisi keduanya sangat memprihatinkan. Sopiah kesulitan berjalan akibat terlalu lama dipasung.

"Saat anggota Polsek Klirong melakukan evakuasi mendampingi lintas sektoral, keduanya sangat memprihatinkan. Keduanya telah dipasung keluarganya sudah puluhan tahun," kata Tugiman melalui keterangan tertulis, Kamis.

 Sang Ayah: Kami Pasrah Sama Yang Kuasa Tugiman mengatakan, evakuasi dilakukan atas laporan warga setempat ke Dinas Kesehatan Kebumen. Keduanya akan dibawa ke Puskesmas Pejagoan untuk mendapatkan penanganan medis. "Keduanya dipasung karena menderita gangguan jiwa, sedangkan orangtuanya tidak memiliki cukup biaya untuk mengobati.

Padahal saat ini tidak tidak diperbolehkan ada warga yang dipasung, pemasungan bukan solusi," ujar Tugiman. Tugiman mengatakan, Rasimah selama ini tinggal bersama ibunya yang sudah renta. Rasimah siang malam dipasung.

Jika dikeluarkan, dikhawatirkan akan mengganggu ketenangan warga sekitar. Baca juga: Anak Berkebutuhan Khusus yang Terbakar Saat Dipasung Pernah Diselamatkan Dinsos Sedangkan Sopiah menderita gangguan jiwa sejak menginjak kelas 6 SD.

sumber : Kompas
Editor : rudianto

Posting Komentar untuk "2 Wanita Derita Gangguan Jiwa, di Kebumen Dipasung Bertahun-tahun"

POPULER SEPEKAN

Jangan Coba Coba Sprite dan Insto ini Efeknya
Ajian Tepuk bantal Bikin Wanita Pujaan Hati Bertekuk Lutut
Ngaku Lega Usai Gorok Selingkuhan Istri hingga Tewas, Pelaku Ingin Istrinya Juga Dipenjara
Bocah Terlindas Mobil di Pom Bensin, Orangtua Lalai Awasi Anak saat Isi BBM
Cuti Bersama Natal, Libur Tahun Baru dan Pengganti Cuti Bersama Idul Fitri, Jadi 11 Hari
Taiwan Stop Pengiriman TKI ke Taiwan Mulai 4 Desember 2020
Gambar
Viral Suami Tidur di Luar, Demi Jaga Koleksi Tanaman Hias Milik Sang Istri Tercinta
Pria Ini Nikahi 2 Cewek Sekaligus, Netizen: Hebat Tuh Cowok!
Edhy Prabowo Nyatakan Mundur dari Jabatan Menteri Kelautan dan Perikanan