Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sebetulnya apa sih yang di sebut dengan meronce??

 Meronce
Meronce adalah merangkai atau menyusun manik-manik, biji-bijian, atau bahan lain dengan menggunakan benang sehingga menghasilkan rangkaian yang menggunakan sebagai benda hias atau benda pakai.

Bahan yang digunakan untuk membuat kerajinan meronce terdiri dari bahan alam dan bahan buatan. Bahan alam di antaranya biji-bijian, batu-batuan, dan tempurung kerang. Biji-bijian yang digunakan untuk meronce adalah biji-bijian yang memiliki kulit yang keras, mengkilap, dan berwarna indah. Biji-bijian itu misalnya, biji sawo, biji sirsak, biji jali, dan biji asam.

Bahan buatan yang digunakan untuk membuat kerajinan meronce diantaranya mamik-manik buatan. Manik-manik ada yang terbuat dari plastik, kaca, atau logam. Bentuk manik-manik ada bermacam-macam. Ada manik-manik berbentuk lingkaran, persegi panjang, segitiga, dan silinder.

Karya kerajinan yang dibuat dengan meronce ada berbagai macam. Kerajinan tersebut misalnya, gelang, kalung, tasbih, dan tirai untuk pintu atau jendela.

Membuat kerajinan dengan teknik meronce memerlukan ketekunan dan kreativitas. Agar menghasilkan roncean yang indah, perhatikan cara menyusun manik-manik yang akan dirangkai. Manik-manik dapat disusun dengan cara berselang-seling. Misalnya, menyusun manik-manik berukuran besar kemudian diselingi manik-manik berukuran kecil, atau manik-manik bentuk kotak diselingi dengan manik-manik berbentuk bulat.

Posting Komentar untuk "Sebetulnya apa sih yang di sebut dengan meronce??"

POPULER SEPEKAN

Ajian Tepuk bantal Bikin Wanita Pujaan Hati Bertekuk Lutut
Gambar
Cerita Naskah Drama 6 Tokoh   “ Anak Durhaka ”
Mengapa Faktor Ekonomi Dianggap Sebagai Penyebab Utama Meningkatnya Angka Putus Sekolah
Mengapa para ahli banyak melakukan penelitian manusia purba di bantaran sungai
Makalah Observasi Ojt Alfamart 2019
Gambar
Tugas Kliping Tarian Nusantara Lengkap Langsung Print
TUGAS  PRAKARYA BUDIDAYA HEWAN KESAYANGAN
Gambar