Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

MAKALAH MATA KULIAH CLOUD COMPUTING SALESFORCE

MAKALAH MATA KULIAH CLOUD COMPUTING SALESFORCE

Salesforce

Salesforce.com, Inc. adalah sebuah perusahaan perangkat lunak berbasis cloud Amerika yang berkantor pusat di San Francisco, California. Meskipun sebagian besar pendapatannya berasal dari layanan customer-relationship management (CRM), Salesforce juga menjual rangkaian aplikasi perusahaan pelengkap yang berfokus pada layanan pelanggan, otomasi pemasaran, analisis, dan pengembangan aplikasi. Salesforce menduduki peringkat pertama dalam Fortune's 100 Best Companies to Work For pada tahun 2018 dan kedua tahun 2019.

History

Perusahaan ini didirikan pada tahun 1999 oleh mantan eksekutif Oracle Marc Benioff , Parker Harris, Dave Moellenhoff, dan Frank Dominguez sebagai perusahaan yang mengkhususkan diri dalam perangkat lunak sebagai layanan (SaaS). Harris, Moellenhoff, dan Dominguez, tiga pengembang perangkat lunak yang sebelumnya di perusahaan konsultan Left Coast Software, diperkenalkan kepada Benioff melalui seorang teman dan mantan rekan Oracle Bobby Yazdani . Harris dan tim menulis perangkat lunak otomasi penjualan awal, yang diluncurkan ke pelanggan pertamanya selama September-November 1999.

Pada Juni 2004, perusahaan melakukan penawaran umum perdana di Bursa Efek New York di bawah simbol saham CRM dan mengumpulkan US $ 110 juta. Investor awal termasuk Larry Ellison , Magdalena Yesil, Halsey Minor , Stewart Henderson, Mark Iscaro, dan Igor Sill dari Geneva Venture Partners.

Pada Juli 2012 Salesforce mengajukan merek dagang istilah " perusahaan sosial " di Amerika Serikat, Uni Eropa, dan Jamaika tempat istilah itu digunakan secara luas untuk menggambarkan bisnis dengan tujuan sosial yang utama. Ini berhasil ditantang oleh kampanye yang disebut #notinourname yang diluncurkan oleh Social Enterprise UK , yang mengakibatkan Salesforce.com mencabut aplikasi merek dagang mereka dan setuju untuk tidak menggunakan istilah tersebut dalam pemasaran masa depan mereka.

Pada Oktober 2014, Salesforce mengumumkan pengembangan Platform Keberhasilan Pelanggannya untuk menyatukan layanan Salesforce, termasuk penjualan, layanan, pemasaran, analitik, komunitas, dan aplikasi seluler. Pada Oktober 2017, Salesforce meluncurkan alat Analisis Facebook untuk pemasar bisnis-ke-bisnis . Pada September 2018, Salesforce bermitra dengan Apple yang dimaksudkan untuk meningkatkan aplikasi untuk bisnis.






Services
Layanan customer-relationship management (CRM) Salesforce.com terdiri dari beberapa kategori besar: Commerce Cloud, Sales Cloud, Service Cloud, Data Cloud (including Jigsaw), Marketing Cloud, Community Cloud (including Chatter), Analytics Cloud, App Cloud, dan IoT with over 100,000 customers.
Active Services
Salesforce
Salesforce adalah penawaran perusahaan utama dalam platform Salesforce. Ini memberi perusahaan antarmuka untuk manajemen kasus dan manajemen tugas, dan sistem untuk secara otomatis merutekan dan meningkatkan peristiwa penting. Portal pelanggan Salesforce memberi pelanggan kemampuan untuk melacak kasus mereka sendiri, termasuk plug-in jejaring sosial yang memungkinkan pengguna untuk bergabung dengan percakapan tentang perusahaan mereka di situs web jejaring sosial, menyediakan alat analisis dan layanan lainnya termasuk peringatan email, pencarian Google, dan akses ke hak dan kontrak pelanggan.
Lightning Platform
Lightning Platform (juga dikenal sebagai Force.com) adalah platform as services (PaaS) yang memungkinkan pengembang untuk membuat aplikasi tambahan yang terintegrasi ke dalam aplikasi utama Salesforce.com. Aplikasi pihak ketiga ini dihosting di infrastruktur Salesforce.com.
Community Cloud
Cloud Komunitas memberi pelanggan Salesforce kemampuan untuk membuat properti web online untuk kolaborasi eksternal, layanan pelanggan, penjualan saluran, dan portal khusus lainnya dalam contoh mereka dari Salesforce. Diintegrasikan dengan ketat ke Cloud Penjualan, Cloud Layanan, dan Cloud Aplikasi, Cloud Komunitas dapat dengan cepat dikustomisasi untuk menyediakan beragam properti web. Cloud Komunitas menggabungkan fungsionalitas dari Pelanggan sebelumnya dan Portal Mitra dengan beberapa fitur tambahan.
Work.com
Work.com, sebelumnya Rypple, adalah platform manajemen kinerja sosial yang membantu manajer dan karyawan meningkatkan kinerja melalui pelatihan berkelanjutan, umpan balik real-time, dan pengakuan. Ini dipasarkan sebagai solusi untuk kinerja penjualan, layanan pelanggan, pemasaran, dan sebagai layanan yang dapat digunakan oleh departemen sumber daya manusia.
Work.com, yang saat itu dikenal sebagai "Rypple", didirikan oleh Daniel Debow dan David Stein, yang ingin menciptakan cara sederhana untuk meminta umpan balik secara anonim di tempat kerja. Perusahaan ini dibentuk pada Mei 2008 dan daftar klien mereka termasuk Mozilla, Facebook, LinkedIn dan Gilt Groupe . Rypple "'membalikkan tanggung jawab atas permintaan untuk umpan balik lebih banyak' dengan membuat karyawan membangun dan mengelola jaringan pelatihan mereka sendiri".

AppExchange
Diluncurkan pada 2005, Salesforce AppExchange adalah pasar aplikasi online untuk aplikasi pihak ketiga yang berjalan di platform Force.com. Aplikasi tersedia secara gratis, serta melalui model berlangganan tahunan atau bulanan. Aplikasi yang tersedia berkisar dari integrasi dengan SharePoint ke manajemen persetujuan seluler. Pada Juni 2016, ia memiliki 2.948 aplikasi yang telah mendorong 3+ juta pemasangan. "AppExchange" juga merupakan tempat pelanggan dapat mencari mitra konsultasi cloud untuk membantu mereka menerapkan teknologi di organisasi mereka sendiri. Mitra konsultasi cloud untuk Salesforce termasuk perusahaan besar seperti "Bluewolf" dan Accenture IBM serta yang lebih kecil seperti Cloudreach.
myTrailhead
Diumumkan pada 2017 dan diluncurkan pada 2019, myTrailhead Salesforce adalah platform pelatihan online yang dapat disesuaikan untuk kebutuhan spesifik pelanggannya. Platform ini memperluas fungsionalitas yang dibangun oleh Salesforce untuk menyediakan konten pelatihan khusus untuk penggunaan Salesforce kepada pengguna dan memungkinkan pengguna untuk membuat dan menerbitkan konten dan program pelatihan mereka sendiri.
Blockchain Platform
Announced on May 29, 2019, Salesforce launched a blockchain platform to facilitate building blockchain network and apps integrated with CRM.
Retired or end-of-life services
Data.com
Data.com, yang sebelumnya dikenal sebagai Jigsaw, adalah sistem otomatis berbasis cloud untuk memperoleh dan mengelola catatan CRM dalam akun Salesforce.com pengguna.
Data.com juga merupakan direktori bisnis online perusahaan dan profesional bisnis yang dibangun, dipelihara, dan diakses oleh komunitas di seluruh dunia yang terdiri dari lebih dari satu juta pelanggan. Informasi tersebut terdiri dari apa yang biasanya ditemukan pada kartu bisnis.
Pesaing Data.com termasuk layanan seperti Dun & Bradstreet / Avention dan ZoomInfo.
Data.com terdiri dari tiga produk: Data.com Connect, Data.com Clean dan Data.com Prospector.
Pada bulan April 2018, Salesforce mengumumkan akan pensiun Data.com Connect pada 4 Mei 2019.
Salesforce juga mengumumkan akan menurunkan Data.com Prospector dan Data.com Clean, dan layanan ini akan ditutup pada 31 Juli 2020.


Desk.com
Desk.com adalah saw help desk dan dukungan pelanggan produk dapat diakses melalui awan. Desk.com dimiliki oleh Salesforce.com dan sebelumnya dikenal sebagai Assistly. Desk.com berkantor pusat di San Francisco, California.
Setelah diakuisisi oleh Salesforce.com dengan harga $ 50 juta pada tahun 2011 Assistly diganti namanya menjadi Desk.com pada tahun 2012 sebagai perangkat lunak dukungan pelanggan.
Desk.com adalah aplikasi layanan pelanggan Saas. Produk ini membedakan dirinya dari platform layanan Salesforce lainnya di Desk.com yang secara khusus menargetkan bisnis kecil dengan fitur dan fungsinya. Desk.com terintegrasi dengan berbagai produk dan aplikasi pihak ketiga termasuk Salesforce CRM, Salesforce IQ, Atlassian JIRA, Mailchimp dan aplikasi lainnya. Desk.com juga mendukung hingga 50 bahasa.
Salesforce mengumumkan pensiunnya desk.com, menggantikannya dengan Service Cloud Lightning. Setelah 13 Maret 2018 tidak ada lisensi desk.com baru yang dijual, dan tanggal pensiun diumumkan sebagai 13 Maret 2020.
Do.com
Do.com adalah sistem manajemen tugas berbasis cloud untuk grup kecil dan bisnis, diperkenalkan pada 2011 dan dihentikan pada 2014. Salesforce tidak menawarkan alasan apa pun untuk mematikan layanan ini, namun, itu memberikan alat Ekspor untuk menyimpan data yang dimasukkan dalam antarmuka Do.com. Domain Do.com dijual ke startup pada tahun 2014.

Configuration
Pengguna Salesforce dapat mengonfigurasi aplikasi CRM mereka. Dalam sistem, ada tab seperti "Kontak," "Laporan," dan "Akun." Setiap tab berisi informasi terkait. Konfigurasi dapat dilakukan pada setiap tab dengan menambahkan bidang khusus yang ditentukan pengguna.
Konfigurasi juga dapat dilakukan pada level "platform" dengan menambahkan aplikasi yang dikonfigurasikan ke instance Salesforce, yaitu menambahkan set tab khusus / novel untuk fitur level vertikal atau fungsi tertentu (Keuangan, Sumber Daya Manusia, dll.).

Layanan Web
Selain antarmuka web, Salesforce menawarkan antarmuka pemrograman aplikasi layanan (API) SOAP / REST yang memungkinkan integrasi dengan sistem lain.


Teknologi
Salesforce bekerja pada arsitektur Model-view-controller.
Description: https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/a/a0/MVC-Process.svg/1200px-MVC-Process.svg.png
Apex
Apex adalah bahasa pemrograman berpemilik yang disediakan oleh platform Force.com untuk pengembang yang mirip dengan Java dan C#. Ini adalah bahasa pemrograman yang diketik dengan kuat, berorientasi objek, tidak peka huruf, mengikuti sintaksasi titik-notasi dan kurung kurawal. Apex dapat digunakan untuk menjalankan fungsi yang diprogram selama sebagian besar proses pada platform Force.com termasuk tombol dan tautan khusus, penanganan peristiwa pada penyisipan rekaman, pembaruan, atau penghapusan, melalui penjadwalan, atau melalui pengontrol khusus halaman Visualforce.
Lightning
Pada 2014, Salesforce mengumumkan ujung depan platformnya, yang disebut Lightning. Kerangka kerja berbasis komponen inilah yang menjadi dasar dibangunnya aplikasi seluler Salesforce. Salesforce membangun kerangka kerja ini pada tahun 2015 dengan merilis Lightning Design System, kerangka kerja gaya HTML dengan gaya bawaan CSS bawaan. Kerangka kerja ini memungkinkan pelanggan untuk membangun komponen mereka sendiri untuk digunakan dalam instance internal mereka atau menjual di AppExchange.
Salesforce Lightning App Builder adalah alat untuk pengembangan aplikasi cepat dari antarmuka web yang responsif. Antarmuka ini memungkinkan layar yang berbeda untuk disatukan berdasarkan komponen Lightning. Ini dapat digunakan sebagai tata letak untuk catatan atau aplikasi tertentu.
Operations
Salesforce berkantor pusat di San Francisco, dengan kantor pusat regional di Morges, Swiss (meliputi Eropa, Timur Tengah, dan Afrika, Singapura ), India (mencakup Asia Pasifik dikurangi Jepang), dan Tokyo (mencakup Jepang). Kantor utama lainnya adalah di Toronto, Chicago, Kota New York, London, Sydney, Dublin, Hyderabad, San Mateo, California, Indianapolis, dan Hillsboro, Oregon. Salesforce.com memiliki layanan yang diterjemahkan ke dalam 16 bahasa yang berbeda dan pada 31 Juli 2011, memiliki 104.000 pelanggan dan lebih dari 2,1 juta pelanggan. Salesforce akan memindahkan kantor pusat Regional Midwest ke Indianapolis pada 2017.
Standard & Poor's memasukkan Salesforce, pada saat yang sama dengan Fastenal , ke dalam Indeks S&P 500 pada September 2008, menyusul pengambilalihan federal Fannie Mae dan Freddie Mac dan penghapusan mereka dari indeks.
Leadership
·         Marc Benioff, Chairman & CEO, co-founder of the company (1999– )
·         Parker Harris, Co-Founder, oversees product strategy (1999– )
·         Keith Block, Vice Chairman, President and Co-CEO, board of directors member (2013– )
·         Bret Taylor, President, Chief Product Officer (2017– )
·         Suzanne DiBianca, Executive Vice President, Corporate Relations and Chief Philanthropy Officer (2000– )[81] Chief Communications Officer (2017– )
·         Mark Hawkins, President and Chief Financial Officer (2014– )
·         Elizabeth Pinkham, Executive Vice President, Global Real Estate (2000–)
·         Tony Prophet, Chief Equality Officer (2016– )
·         Stephanie Buscemi, Chief Marketing Officer (2018– )
·         Cindy Robbins, President and Chief People Officer (2006– )
·         Amy Weaver, President, Legal and General Counsel (2013– )
IT Infrastructure
Salesforce bermigrasi ke server Dell dengan prosesor Advanced Micro Devices yang menjalankan Linux dari server Sun Fire E25K dengan prosesor SPARC yang menjalankan Solaris pada 2008. Perusahaan menggunakan platform Momentum dari Sistem Pesan untuk memungkinkan pelanggannya mengirim email dalam jumlah besar.
Pada 2012, Salesforce mengumumkan rencana untuk membangun pusat data di Inggris untuk menangani data pribadi warga negara Eropa.
Pada 2013, Salesforce dan Oracle mengumumkan kemitraan sembilan tahun di mana Salesforce akan menggunakan Oracle Linux , Oracle Exadata , Oracle Database , dan platform Java untuk memperkuat aplikasi Salesforce dan platform SaaS.
Pada 2016, Salesforce mengumumkan bahwa mereka akan menggunakan Amazon Web Services hosting untuk negara-negara dengan persyaratan residensi data yang terbatas dan di mana tidak ada pusat data Salesforce yang beroperasi.


Salesforce Venture Capital
Pada tahun 2009, sebagai tanggapan terhadap krisis keuangan 2007-2008 dan penurunan yang terjadi dalam pendanaan ventura, Salesforce mulai berinvestasi di perusahaan digital yang menggunakan atau mengintegrasikan platform Salesforce. Ini akhirnya menjadi Salesforce Ventures, dipimpin oleh John Somorjai Sejak itu berbagai dana telah dibuat untuk fokus pada bidang tertentu - pada bulan September 2014 SFV mendirikan Dana Salesforce1, yang bertujuan untuk memulai membuat aplikasi terutama untuk ponsel. Pada bulan Desember 2018, Salesforce Ventures mengumumkan peluncuran Japan Trailblazer Fund, yang berfokus pada startup Jepang.
Pada Agustus 2018, Salesforce Ventures melaporkan investasi berjumlah $ 1,2 miliar di 275 perusahaan yang mencakup berbagai model bisnis, termasuk e-commerce (CloudCraze), kecerdasan buatan ( Gambar Delapan ), pencegahan penipuan online ( Forter ), Software Akuntansi dan Otomasi Layanan Profesional (FinancialForce) dan banyak bidang lainnya. Lima investasi terbesarnya Domo (perangkat lunak visualisasi data), SurveyMonkey (perangkat lunak survei online), Twilio (komunikasi awan), Dropbox (penyimpanan cloud), DocuSign(perusahaan e-signature aman) menyumbang hampir setengah dari portofolionya.

Keuntungan Salesforce
1.      Salesforce meningkatkan kualitas dan pengelolaan data pelanggan.
Ini juga merupakan salah satu fungsi inti dari semua adanya CRM di pasar sehingga membantu tenaga penjualan melakukannya dengan cara yang lebih baik. Menambahkan, memperbarui, menghapus dan semua fungsi penting lainnya dapat dilakukan dengan mudah karena bantuan CRM Salesforce.
2.      Peningkatan Layanan dan Dukungan Pelanggan.
Salesforce memberi perusahaan Anda cara mudah dan berkelanjutan untuk memperbaiki pilihan layanan pelanggan dan dukungan. Salesforce akan membantu memperbaiki dan mengelola hubungan antara pelanggan dan perusahaan dengan meningkatkan efisiensi, otomasi, dan kualitas interaksi pelanggan.
3.      Pelanggan Baru.
Pelanggan adalah kunci dari bisnis apa pun. Semakin banyak pelanggan yang Anda miliki, semakin banyak keuntungan yang dibuat perusahaan. Layanan Salesforce menciptakan database pelanggan yang sangat baik sehingga membantu perusahaan dalam menemukan pelanggan yang tepat dan yang akan tertarik dengan produk atau perusahaan Anda.
4.      Meningkatkan efisiensi kampanye.
Salesforce memberikan laporan dan data tentang kampanye pemasaran dan juga melacak aplikasi yang tersedia di AppExchange. Salesforce juga bisa diintegrasikan dengan sejumlah platform lain dan program lainnya.
5.      Meningkatkan margin keuntungan.
Peningkatan efisiensi akan meningkatkan penjualan dan pengurangan biaya seiring dengan kepuasan pelanggan dan pada akhirnya menghasilkan perubahan positif dalam keseluruhan marjin keuntungan. Salesforce akan membantu Anda mencapai nilai maksimal dan pengalaman interaksi pelanggan sambil meningkatkan produktivitas.

8 Cara Salesforce Dapat Meningkatkan Produktivitas Suatu Perusahaan

Bagi semua bisnis yang telah berjalan dengan baik maka staf penjualan yang akan meningkatkan keuntungan perusahaan dan menghasilkan bisnis baru. Ketika staf penjualan sedang berada dilapangan atau dilokasi lain yang berbeda dengan staf administrasi, layanan Cloud sangat penting untuk komunikasi antara staf penjualan dengan staf di kantor. Layanan Cloud yang tepat akan memungkinkan staf penjualan untuk berkomunikasi, berbagi dokumen dan informasi dengan staf perusahaan lainnya dengan mudah dan cepat. Salesforce adalah layanan Cloud yang didedikasikan untuk meningkatkan produktivitas dan komunikasi seluruh staf perusahaan.

1.      Chatter
Salesforce mempunyai fasilitas komunikasi yang disebut Chatter. Melalui fasilitas ini akan memungkinkan untuk berkolaborasi secara instan dengan mendapatkan update pengguna secara real time dan dengan mudah berbagi dokumen serta data penting lainnya.
2.      Pemasaran dan Prospek
Sekarang ini ada cara yang lebih baik untuk staf penjualan dalam melacak riwayat dan status prospek serta aktivitas lainnya. Prospek baru dapat dimasukan dan ditugaskan ke perwakilan penjualan yang sesuai. Selain itu, informasi prospek seperti email dapat disimpan sehingga memudahkan untuk berkomunikasi via email. Catatan penting dan jadwal meeting juga dapat disimpan di satu tempat sehingga semua history prospek dapat diketahui dengan jelas.
3.      Email dan kalender
Salesforce juga bisa untuk mengintegrasikan email perusahaan yang sudah ada sehingga komunikasi email tetap dapat disinkronkan. Kalender yang ditawarkan juga memiliki tampilan bagus dan sangat membantu. Melalui kalender ini Anda dapat melihat jadwal pertemuan, mengundang orang lain ke rapat dan acara, melihat jadwal rekan kerja seperti apa sehingga dapat menyusun rapat dengan lebih baik. Melalui fasilitas ini maka manajemen dapat memantau tentang perkembangan dan produktivitas staf penjualan.
4.      Analytic dan Prediksi
Saleforce memberikan diagram dan grafik yang dapat disesuaikan sehingga anda dapat memperoleh informasi tentang keberhasilan strategi pemasaran, konversi, produktivitas staf penjualan dan masih banyak lainnya.
5.      Salesforce Mobile
Kemampuan untuk berkomunikasi dan memiliki akses cepat untuk memperbaharui informasi saat berada di lapangan menjadi sangat penting bagi staf penjualan. Salesforce membuat ini lebih mudah dari sebelumnya dengan memungkinkan akses penuh ke Cloud perusahaan saat dalam perjalanan dengan hanya menggunakan aplikasi telepon mereka.


6.      Content Library
Lupakan pencarian dokumen presentasi atau dokumen penting lainnya yang memakan waktu. Sekarang Anda dapat mengunggah dan menyimpannya langsung di Cloud Salesforce untuk lebih mudah diakses oleh karyawan yang membutuhkannya.
7.      Pembuatan formulir
Mengumpulkan dan menyimpan informasi adalah penting. Anda dapat membuat formulir yang dapat disesuaikan untuk stafperwakilan penjualan hingga selesai saat berada di lapangan. Hal ini memungkinkan informasi masuk menjadi lebih teratur dan efisien, sehingga memudahkan untuk semua orang.
8.      AppExchange
Di sini Anda dapat menemukan aplikasi baru yang dirancang oleh SalesForce atau oleh orang lain untuk meningkatkan pengalaman dan kesuksesan Salesforce Anda.

Apa yang Salesforce Lakukan untuk Orang lain?
Teknologi Salesforce membantu orang menciptakan pekerjaan, kehidupan, perusahaan, dan komunitas yang lebih baik. (Ketika Anda membeli Salesforce, Anda tidak hanya membeli platform CRM; Anda bergabung dengan komunitas inklusif lebih dari 10 juta inovator, pengganggu, dan pembentuk komunitas yang kami sebut Trailblazers. Dengan pembelajaran online gratis dari Trailhead, mereka mempelajari keterampilan untuk meningkatkan perusahaan dan karier mereka.).


Posting Komentar untuk "MAKALAH MATA KULIAH CLOUD COMPUTING SALESFORCE"

POPULER SEPEKAN

Jangan Coba Coba Sprite dan Insto ini Efeknya
Ayla Tabrak CBR di Purwokerto, Tawari Ganti Rugi Mobil dan Rumah, Ini Kata Saksi
Demit Masuk Google Maps, Ikuti Petunjuk Suara Google Maps Sopir Mobil Ini Malah Kesasar di Hutan
Ajian Tepuk bantal Bikin Wanita Pujaan Hati Bertekuk Lutut
Mau Dikurangi Jokowi, Ini Jadwal Libur Tahun Baru 2020
Gambar
Edhy Prabowo Nyatakan Mundur dari Jabatan Menteri Kelautan dan Perikanan
Viral Pria Lulusan S2 yang Memilih Menjadi Penjual Balon, Alasannya Bikin Sedih
Merinding!! VIDEO Viral Pocong Rebahan Hadang Pengendara Mobil di Cipari Cilacap
Viral Wanita Cantik Penjual Rujak, Pria Beli 3 Kali dalam Sehari