Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jawaban jenis bunyi berdasarkan frekuensi

  • Gelombang infrasonik. Bunyi infrasonic adalah bunyi yang tidak dapat didengar oleh telinga normal manusia. Apabila frekuensi bunyi normal yang dapat didengar bisa sampai 20 Hertz, maka bunyi ltrasonic tidak sampai 20 Hz, mungkin 19 Hz ke bawah.
  • Gelombang audiosonik. Bunyi audiosonik adalah bunyi yang dapat didengar oleh telinga normal manusia. Frekuensi bunyi normal yang dapat didengar berkisar dari 20 Hz sampai 20.000 Hz.
  • Gelombang ultrasonik. Bunyi ltrasonic adalah bunyi yang tidak dapat didengar oleh telinga normal manusia. Apabila frekuensi bunyi normal yang dapat didengar bisa sampai 20 Hertz, maka bunyi ltrasonic adalah di atas 20.000 Hz. Biasanya ada beberapa jenis hewan yang bisa mendengar, seperti kelelawar.
 Jawaban jenis bunyi berdasarkan frekuensi
A. Gelombang infrasonik Adalah

Infrasonik adalah suara dengan frekuensi terlalu rendah untuk dapat didengar oleh telinga manusia. Infrasonik berada dalam rentang 17 Hertz sampai 0,001 Hertz. Rentang frekuensi ini adalah sama dengan yang digunakan oleh seismometer untuk mendeteksi gempa bumi.

B. Gelombang audiosonik Adalah

Untuk macam-macam bunyi yang berdasarkan frekuensinya itu dibagi menjadi 3 bagian, meliputi Gelombang Infrasonic, Gelombang Audiosonik, dan Gelombang Ultrasonik. Gelombang Audisonik itu bunyi yang memiliki frekuensi antara 20 sampe 20.000 Hertz. Nah bunyi ini bisa didengar

C. Gelombang ultrasonik Adalah

Ultrasonik adalah suara atau getaran dengan frekuensi yang terlalu tinggi untuk bisa didengar oleh telinga manusia, yaitu kira-kira di atas 20 kiloHertz. Hanya beberapa hewan yang menggunakan konsep ultrasonik, seperti lumba-lumba menggunakannya untuk komunikasi, sedangkan kelelawar menggunakan gelombang ultrasonik untuk navigasi. Dalam hal ini, gelombang ultrasonik merupakan gelombang ultra (di atas) frekuensi gelombang suara (sonimk).

Gelombang ultrasonik dapat merambat pada medium padat, cair dan gas. Reflektivitas dari gelombang ultrasonik ini di permukaan cairan hampir sama dengan permukaan padat, tetapi pada tekstil dan busa, maka jenis gelombang ini akan diserap.

Frekuensi yang diasosiasikan dengan gelombang ultrasonik pada aplikasi elektronik dihasilkan oleh getaran elastis dari sebuah kristal kuarsa yang diinduksikan oleh resonans dengan suatu medan listrik bolak-balik yang dipakaikan (efek piezoelektrik). Kadang gelombang ultrasonik menjadi tidak periodik yang disebut derau (noise), di mana dapat dinyatakan sebagai superposisi gelombang-gelombang periodik, tetapi banyaknya komponen adalah sangat besar. Kelebihan gelombang ultrasonik yang tidak dapat didengar, bersifat langsung dan mudah difokuskan. Jarak suatu benda yang memanfaatkan delay gelombang pantul dan gelombang datang seperti pada sistem radar dan deteksi gerakan oleh sensor pada robot atau hewan. Contoh hewan yang dapat mendengar gelombang ultrasonik yaitu lumba-lumba, kelelawar, paus dll. 

Posting Komentar untuk "Jawaban jenis bunyi berdasarkan frekuensi"

POPULER SEPEKAN

Mengaku Akan Segera Menikah Pasangan Asal Sidareja Keciduk Sedang Ngamar di Krapyak
Sekeluarga Mudik Jalan Kaki Usai Kena PHK, Gendong 2 Anak Susuri Jalan Kebumen hingga Bandung
Ngamar di Krapayak Di Siang Bolong Wisatawan Asal Cilacap Terciduk
Ajian Tepuk bantal Bikin Wanita Pujaan Hati Bertekuk Lutut
Seluruh Akes Jalur Masuk Garut Ditutup Besok, Dijaga Petugas Bersenjata
Pemudik di Terminal Kalideres Meningkat Jelang Larangan Mudik 6 Mei -17 Mei 2021
Jangan Coba Coba Sprite dan Insto ini Efeknya
Gambar
 Bayar Travel 300 Ribu Hendak Mudik Ke Cilacap Palah Diputar Balik
2 Mobil Pemudik Dari Bandung Ke Cilacap Alami  Kecelakaan di Majenang