Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tugas Kliping Mikrometer

Mikrometer

Adalah alat ukur linier yang mempunyai ketelitian atau kecermatan yang lebih tinggi, lebih presisi daripada jangka sorong, komponen terpenting dari mikrometer adalah ulir utama. Dengan memutar silinder putar satu kali putaran, maka poros ukur akan bergerak secara linier sepanjang satu kisar sesuai dengan kisar dari ulir utama (umumnya memiliki kisar 0.5 mm). Pada mikrometer umumnya jarak gerak dari poros ukurannya dibuat sampai 25 mm, yang bertujuan untuk membatasi kesalahan kumulatif kisar. Mikrometer luar biasanya mempunyai kapasitas ukur :

  •  0 – 25 

  •  25 – 50 mm

  • 0 – 75 mm

  • 5 – 100 mm dan bahkan sampai 100 mm.




Kliping Mikrometer



Mikrometer memilki beberapa jenis yaitu mikrometer luar, mikrometer dalam, mikrometer kedalaman, dan mikrometer ulir. Skala pada mikrometer dibuat dalam satuan metrik dan inci. Mikrometer dilengkapi skala vernier (nonius) yang dapat mengukur dengan ketelitian sampai 0.001 mm. bahkan sampai 0.0005 mm dan dengan skala inci sampai ketelitian 0.0001 inci.



Kliping Mikrometer

Cara membaca mikrometer metrik

Tiap garis diatas garis indeks pada tabung skala utama (sleeve) bagian atas melambangkan 1 mm dan tiap garis dibawah garis indeks melambangkan pembagian tiap 0.5 mm. Pada tabung putar (thimble) terdapat 50 garis dan setiap garis melambangkan 0.01 mm. Contoh pada gambar berikut, pembacaan ukuran adalah 8.90 mm

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menggunakan mikrometer adalah :
1. Permukaan benda ukur dan landasan ukur harus dibersihkan terlebih dahulu dari kotoran

     yang menempel.
2. Sebelum dipakai kedudukan nol dari mikrometer harus diperiksa.
3. Masukkan benda ukur ke mulut ukur dengan perlahan-lahan.
4. Pada saat mengukur penekanannya jangan terlalu keras yang dapat menyebabkan kesalahan

    ukur akibat adanya deformasi dari benda ukur atau dari alat ukurnya.

Mikrometer luar ketelitian 0,01

Ulir dari mikrometer standar mempunyai pitch sebesar 0,05 mm dan keliling bidal dibagi atas 50 bagian yang sama, maka perubahan satu bagian pada graduasi bidal menyebabkan perpindahan poros pengukur bergerak sebesar 0.01 mm (0.5 x 1/50)= 0,01. Atau dengan cara lain, jika ulir dari mikrometer standar tidak dapat diketahuinya : pada tabung putar terdapat garisgaris ukur yang banyaknya 50 buah. Jika tabung putar 1 kali (dari 0 sampai dengan angka 0 lagi), maka poros geser akan bergerak 0.05 mm. Oleh karena itu tabung diputar dibagi dalam 50 bagian, maka 1 bagian jaraknya 0.5 : 50 = 0.01 mm langkah poros geser

Mikrometer luar ketelitian 0.001 mm.Mikrometer standar dengan skala vernier padaselubungnya dapat dibaca sampai 0.001 mm. Padamikrometer ini pembacaan sampai 0.001 mm, dilakukan pada bidal seperti halnya pada mikrometer dengan ketelitian 0.01 mm, hanya disini ada verniernya yang segaris dengan graduasi bidal dan kalikanlah nilai pembacaan tersebut  dengan 0.001 mm.


Kliping Mikrometer



Mikrometer dalam tiga kaki (Holtest, Triobor)
Mikrometer dalam tiga kaki untuk mengukur diameter dalam cermat, karena kedudukan mikrometer selalu tetap ditengah lingkaran.


Kliping Mikrometer




Kliping Mikrometer

Mikrometer Kedalaman(Depth mikrometer)

Mikrometer kedalaman untuk mengukur kedalaman suatu lubang atau permukaan bertingkat. Batang ukur dapat diganti untuk mengubah kapasitas ukur.

Posting Komentar untuk "Tugas Kliping Mikrometer"

POPULER SEPEKAN

Ajian Tepuk bantal Bikin Wanita Pujaan Hati Bertekuk Lutut
Gambar
Cerita Naskah Drama 6 Tokoh   “ Anak Durhaka ”
Mengapa Faktor Ekonomi Dianggap Sebagai Penyebab Utama Meningkatnya Angka Putus Sekolah
Gambar
Makalah Observasi Ojt Alfamart 2019
Tugas Kliping Tarian Nusantara Lengkap Langsung Print
Mengapa para ahli banyak melakukan penelitian manusia purba di bantaran sungai
Kesan awal kunjungan ke toko alfamart Observasi toko
Gambar