Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Lurah Patimuan Tinjau Langsung Proses Panen Tembakau Kelompok Tani Tunas Jaya Wadas Jontor

Lurah desa patimuan bpk. Aink Mutaqin meninjau proses panen tembakau di dusun wadasjontor desa Patimuan Cilacap
Petani tembakau di Desa Patimuan, Cilacap Jawa Tengah, Minggu (25/8/2019), mulai menggelar panen raya setelah tiga bulan bekerja keras merawat tanaman mereka. Panen tahun ini disambut gembira karena harga tembakau  tinggi dan produksi bagus, berbeda dengan tahun lalu tahun ini lebih meningkat hasilnya.

Biaya juga menjadi penyebab lain. Dana untuk menanam tembakau baik bibit, pupuk, dan upah pekerja lebih tinggi dan lebih besar dari pada tanaman lain. Kesulitan itu ditambah dengan akses permodalan yang yang masih sulit didapatkan petani tembakau.

"Tata niaga tembakau juga sangat kompleks, melibatkan mata rantai perdagangan cukup panjang di dalam alur perdagangannya sehingga keuntungan petani kerap tergerus,"

Melihat semakin turunnya hasil tembakau, Warga meminta pemerintah untuk lebih peduli. Pemerintah diminta mendorong kemitraan antara petani dengan pelaku usaha. Pemerintah juga diminta menjamin akses pasar serta jaminan harga sesuai kualitas bagi para petani.

Panen raya tembakau di Wadas Jontor dimulai ,Desa Patimuan, Kecamatan Patimuan, Kab.Cilacap, yang merupakan salah satu sentra penghasil tembakau dengan luas tanam paling besar, yakni mencapai 10 hektar, dari total 15 hektar areal tanam yang dibudidayakan Sejak Zaman Lampau.

Lurah patimuan (Bpk Aink Mutqin)  Juga mengatakan akan Mengakomodir Usul-usual masyarakat terkait Pertanian -pertanian yang lain agar bisa Mandiri seprti kelompok Tani Tunas Jaya  gagasan Warga rt 02 Rw 01 Wadas Jontor Desa Patimuan Cilacap Jawa Tengah

Adapun harapan masyarakat agar kelompok tani ini tidak hanya menanam namun memproduksi tembakau menjadi Usaha Milik Desa atau UMD.  Dengan adanya Produksi Tembakau menjadi sebuah Roko tentu akan menjadikan Peluang adanya Lapangan Pekerjaan baru, menginggat  Lebih 40% Wagra daerah sekitar Patimuan adalah pengguna Roko. (ungkap Rudi) dalam Komentarnya.

Adapun tanggapan Kepala Desa mengatakan bahwa akan Mengagendakan Saran dan masukan dari masyarakat.

Posting Komentar untuk "Lurah Patimuan Tinjau Langsung Proses Panen Tembakau Kelompok Tani Tunas Jaya Wadas Jontor"

POPULER SEPEKAN

Tepat 19 tahun lalu, 16 Januari 2002, Garuda Indonesia GA421 Mendarat di Sungai Bengawan Solo
Gadis 19 Tahun Berstatus Mahasiswi ini Ngotot Penjarakan Ibu Kandung
Anak yang Laporkan Ibu Berdamai, dan Keduanya Dijanjikan Umrah Serta Beasiswa
Naik KA Kroya - Jakarta  9-25 Januari, Penumpang Dilarang Berbicara Sepanjang Perjalanan
Ajian Tepuk bantal Bikin Wanita Pujaan Hati Bertekuk Lutut
Ramalkan Presiden Jokowi Lengser 2021 Mbak You Terancam Dipolisikan
Gunung Semeru Meletus, Hujan Abu hingga Potensi Banjir Lahar Dingin
 Anak Sekolah Hingga Ibu Hamil Dapat BLT
Warga Kebumen Jadi Salah Satu Korban Jatuhnya Sriwijaya Air SJ 182
Sosok Pilot Sriwijaya Air SJ182, Captain Afwan, Suka Ajak Salat Berjamaah