Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kegiatan manusia yang Merusak Lingkungan atau Ekosistem

Manusia berbeda dengan hewan dan tumbuhan. Manusia memiliki daya pikir tinggi. Oleh karenanya, manusia mulai menciptakan alat yang  mendukung dan mempermudah kehidupannya. Dalam bidang pertanian manusia membuat traktor. Traktor tersebut menggantikan kerbau. Apa dampaknya terhadap lingkungan

Dulu manusia menggunakan hewan sebagai alat transportasi. Kuda, keledai, dan sapi digunakan untuk menyeret pedati. Hewan-hewan itu juga bisa ditunggangi secara langsung. Dengan daya pikirnya, manusia mulai mencari cara untuk mempermudah transportasi. Sekarang ada sepeda, motor, dan mobil untuk mempermudah kegiatan manusia. Manusia bahkan telah menciptakan alat transportasi yang lebih canggih. Pesawat terbang, helikopter, dan pesawat jet merupakan bukti kepandaian manusia.

Kehidupan manusia berubah seiring dengan perkembangan dan peradaban manusia. Manusia dengan kepandaiannya menemukan berbagai hal. Perubahan-perubahan itu mempermudah kehidupan manusia. Akan tetapi, kemajuan itu juga memengaruhi keseimbangan lingkungan. Mengapa? Karena seringkali manusia tidak memerhatikan lingkungan dan sumber daya alam yang terdapat di dalamnya. Manusia cenderung merusaklingkungan.

Berbagai kegiatan manusia yang seringkali merusak lingkungan, misalnya sebagai berikut.

Dampak kemajuan di bidang transportasi adalah timbulnya polusi. Polusi udara ditimbulkan oleh asap kendaraan. Polusi suara berupa kebisingan mesin kendaraan. Polusi mengakibatkan ketidakseimbangan lingkungan. 

Pengambilan kayu secara besar-besaran mempengaruhi dan merusak lingkungan. Hutan gundul akan membawa bencana. Pohon tidak hanya menyediakan oksigen, tetapi juga memberi banyak manfaat lain. Akar pohon berfungsi menahan air dan tanah. Jika hutan gundul, tanah akan mudah terbawa oleh aliran air. Dampaknya adalah tanah longsor dan terjadinya banjir. Bagaimana dengan hewan dan tumbuhan yang hidup di hutan itu?

Penggunaan bahan kimia secara berlebihan menyebabkan rusaknya lingkungan. Busa deterjen yang dibuang sembarangan ke sungai akan mematikan organisme di sungai. Busa deterjen akan menutupi permukaan sungai. Cahaya matahari tidak bisa masuk dan fotosintesis tumbuhan dalam air akan terganggu. Selain itu, limbah detergen akan meracuni ikan-ikan sungai.

Pembuangan limbah pabrik ke dalam sungai juga berakibat buruk bagi ekosistem sungai. Limbah pabrik ini mengandung bahan berbahaya dan beracun. Penggunaan pupuk yang berlebihan mengganggu keseimbangan ekosistem sawah. Petani menyemprotkan bahan kimia beracun yang disebut pestisida. Pestisida digunakan petani untuk membunuh hama.Akan tetapi, pestisida juga dapat membunuh makhluk hidup lainnya.
Kegiatan manusia yang seringkali Merusak Lingkungan/Ekosistem
Untuk membunuh serangga (insektisida), dan untuk membunuh tanaman pengganggu (herbisida). Penggunaan pupuk yang melebihi takaran sangat merugikan. Penyemprotan insektisida secara berlebihan juga mengakibatkan berkurangnya jumlah serangga. Padahal serangga juga membantu dalam penyerbukan.
  • Pembakaran hutan untuk lahan perkebunan dan pemukiman akan berpengaruh bagi kelangsungan hidup makhluk hidup. Dampak yang muncul karena peristiwa pembakaran hutan adalah sebagai berikut Pencemaran udara karena asap kebakaran akan mengakibatkan ISPA (infeksi saluran pernapasan atas).
  • Hewan-hewan yang ada dalam ekosistem hutan akan keluar dari hutan dan masuk perkampungan memangsa hewan ternak dan tanaman perkebunan
  • Rantai makanan terputus, karena salah satu komponen ekosistem rusak. Bahkan hewan herbivor dan karnivor mati. Pembuangan limbah pabrik ke sungai. Senangkah kamu dengan sungai di daerahmu yang tercemar oleh limbah? Pembuangan limbah pabrik ke sungai akan menyebabkan hal-hal berikut ini.
  • Ikan di sungai mati, karena air sungai tercemar zat kimia.
  • Air tanah dalam sumur di sekitar sungai tercemar dan kualitas air tanah makin buruk
  •  Kualitas udara di sekitar sungai buruk dan mengeluarkan bau yang tak sedap.
Penangkapan ikan menggunakan bahan peledak dan racun akan mengganggu keseimbangan ekosistem di lingkungan tersebut.

Dampak dari penggunaan bahan peledak dan racun tersebut antara lain sebagai berikut:

  •  Semua jenis ikan yang beragam ukurannya akan mati
  •  Ekosistem laut (air) akan rusak karena tercemar bahan peledak dan racun
  •  Rusaknya terumbu karang di lautan
  • Populasi ikan akan berkurang karena tempat bertelur dan berlindung ikan-ikan rusak. Percobaan senjata nuklir akan mengakibatkan radiasi zat kimia yang sangat membahayakan kelangsungan hidup makhluk hidup. Akibat  yang muncul dari percobaan senjata nuklir antara lain sebagai berikut.
  •  Pemanasan global yang berakibat es di kutub utara makin cepat mencair.
  • Pencemaran zat radioaktif yang sangat mengancam kelangsungan hidup makhluk hidup yang ada di bumi.
Efek rumah kaca adalah peningkatan suhu di permukaan bumi karena kurangnya penyerapan energi panas dan cahaya matahari. Mengapa? Tumbuhan hijau yang menggunakan energi matahari tinggal sedikit. Penggundulan hutan akan memusnahkan populasi tumbuhan. Ditambah lagi berkurangnya jalur hijau dan taman-taman kota. Belum lagi CO2 dan CO dari sisa pembakaran kendaraan dan mesin pabrik yang bersifat mengikat panas.

Jika jumlah tumbuhan hijau sebagai penetral sisa pembakaran semakin berkurang, maka panas dari matahari tidak dapat dipantulkan keluar dari permukaan bumi. Dampak dari peristiwa efek rumah kaca adalah terjadinya pemanasan global. Pemanasan global mengakibatkan cairnya es di kutub utara dan selatan. Akan tetapi bila tidak terjadi efek rumah kaca, permukaan bumi  yang kita tempati akan membeku.

Posting Komentar untuk "Kegiatan manusia yang Merusak Lingkungan atau Ekosistem"

POPULER SEPEKAN

Ayla Tabrak CBR di Purwokerto, Tawari Ganti Rugi Mobil dan Rumah, Ini Kata Saksi
Demit Masuk Google Maps, Ikuti Petunjuk Suara Google Maps Sopir Mobil Ini Malah Kesasar di Hutan
Jangan Coba Coba Sprite dan Insto ini Efeknya
Ajian Tepuk bantal Bikin Wanita Pujaan Hati Bertekuk Lutut
Gambar
Viral Pria Tukar Mobil Avanza Dengan Bunga Jenis Ini
Viral Wanita Cantik Penjual Rujak, Pria Beli 3 Kali dalam Sehari
Merinding!! VIDEO Viral Pocong Rebahan Hadang Pengendara Mobil di Cipari Cilacap
Gambar
Makalah Ojt Alfamart Sebagai Crew