Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara membuat Slime Keren Terbaru Unik dan Menarik membuat Slime Berbeda

Mainan slime adalah mainan yang sedang populer di kalangan anak masa kini. Sekilas bentuknya memang menjijikkan karena lembek dan agak lengket. Namun, siapa sangka kalau menentang hal itu yang membuat anak-anak senang.

Mainan yang menarik lendir ini pertama kali diperkenalkan oleh Mattel, sebuah perusahaan mainan dari California pada tahun 1976. Saat ini sudah banyak variasi lendir tergantung dari bahannya. Namanya pun lucu-lucu, seperti Clear Slime, Barell O'slime, Creamy Slime, Galaxy Slime, Iceberg Slime, dan banyak lagi.

Satu hal unik yang menarik dari slime adalah anak-anak yang bisa mendapatkan sendiri dengan menggunakan bahan-bahan yang mudah didapat di rumah. Menemukan gerai atau toko online yang menjual bahan pembuat lendir pun tidak terlalu sulit sekarang.

Bermain slime memberikan Manfaat bagi anak. Namun, ternyata ada juga potensi bahayanya. Anda sebagai orang tua harus mengetahui semua hal yang dekat dengan anak Anda, termasuk mainan lendir ini.

Tahukah Anda bahwa Anda dapat membuat lendir atau "goop" sendiri untuk kegiatan belajar dan bermain yang menyenangkan? Cairan non-Newtonian sangat menarik untuk segala usia dan memberikan kesempatan belajar yang baik tentang kimia (Cara membuat Slime).

Cara membuat Slime Sederhana

Cara membuat Slime

Cara membuat Slime Sederhana

Bahan-Bahan Membuat Slime sederhana yang harus anda lakukan :

  • Dalam satu mangkuk campur 1 ons. lem (sekitar ¼ dari botol lem) dan ¼ gelas air. Jika Anda ingin lendir berwarna, tambahkan pewarna makanan ke lem dan campuran air. Angkat beberapa solusi keluar dari wadah dengan tongkat pengaduk dan catat apa yang terjadi.
  • Tambahkan ¼ cangkir Sodium Tetraborate (Borax) Solution ke lem dan campuran air dan aduk perlahan.
  • Lendir akan mulai terbentuk segera. Angkat beberapa solusi dengan tongkat pengaduk dan amati bagaimana konsistensi telah berubah dari Langkah 1.
  • Aduk sebanyak yang Anda bisa, lalu gali dan uleni dengan tangan Anda sampai menjadi kurang lengket. Ini adalah pengalaman yang berantakan tetapi perlu karena itu
  • memungkinkan kedua senyawa terikat sepenuhnya. Jangan khawatir tentang apa pun sisa air dalam mangkuk; tuangkan saja.
  • Saat tidak digunakan, simpan lendir dalam kantong plastik di lemari es untuk menjaganya dari cetakan tumbuh.
Apa yang terjadi:

Lem memiliki bahan yang disebut polivinil asetat, yang merupakan polimer cair. Boraks menghubungkan molekul polivinil asetat satu sama lain, menciptakan satu polimer fleksibel yang besar. Lendir semacam ini akan menjadi lebih kaku dan lebih seperti dempul semakin Anda bermain dengannya. Percobaan dengan lem yang berbeda untuk melihat apakah mereka membuat lendir (mis., Lem kayu, lem tempel, dll.).

Cara Membuat Slime Super

Cara Membuat Slime
Cara Membuat Slime Super
Jenis lendir kedua adalah jenis lengket bening yang sama dengan yang Anda lihat di
film. Ini adalah kesepakatan nyata yang lengket! (Lendir ini tidak beracun, tetapi tetap jauhkan bahan kimia ini dari anak-anak yang tidak diawasi dan cuci tangan Anda setelah bermain dengan lendir.)

Bahan-Bahan Membuat Slime Super yang harus anda lakukan :

  • Tuang ½ cangkir larutan polivinil alkohol (PVA) ke dalam gelas kimia, toples, atau mangkuk. Jika Anda ingin lendir berwarna, tambahkan pewarna makanan ke larutan PVA dan aduk dengan tongkat pengaduk.
  • Tambahkan 2 sendok teh Sodium Tetraborate (Borax) Solution ke dalam solusi PVA
  • dan aduk perlahan.
  • Coba angkat beberapa solusi dengan tongkat pengaduk dan perhatikan apa yang terjadi.
  • Setelah lendir terbentuk, Anda bisa bermain dengannya. Jangan dimakan!
  • Lendir Anda akan bertahan lebih lama jika Anda menyegelnya di dalam kantong plastik dan menyimpannya di dalam
  • lemari es, kalau tidak itu akan kering atau cetakan.

Apa yang terjadi:

Polivinil alkohol (PVA) adalah polimer cair dan karena itu terbentuk dari rantai panjang molekul yang terhubung. Natrium tetraborat membentuk ikatan hidrogen dengan oksigen yang ada dalam rantai PVA. Ikatan hidrogen terjadi ketika muatan positif atom hidrogen menarik muatan negatif atom oksigen dalam senyawa. Ikatan hidrogen menghubungkan masing-masing untaian PVA satu sama lain, menciptakan "gumpalan" lendir. Karena ikatan hidrogen lemah, mereka akan pecah dan terbentuk kembali saat Anda memegang lendir atau membiarkannya mengalir ke permukaan yang rata.

Cara Membuat Oobleck dan Quicksand Slime

Slime 

Bahan-Bahan Membuat Oobleck dan Quicksand Slir yang harus anda lakukan :


  • Dalam mangkuk plastik, campurkan sedikit air dan tepung jagung untuk membentuk campuran yang terlihat seperti krim kocok dan memiliki konsistensi madu. Rasio perkiraan campuran tepung jagung dengan air adalah 2 gelas tepung jagung dengan 1 gelas air. Jadi jika Anda menggunakan semua kotak tepung jagung berukuran biasa (sekitar 16 ons), Anda akan menggunakan sekitar 1 ½ gelas air. Yang terbaik adalah mulai dengan sedikit air dan tambahkan perlahan-lahan sampai konsistensi yang diinginkan tercapai.
  • Setelah membuat campuran, letakkan tangan Anda dengan lembut di permukaan campuran tepung jagung. Anda harus memperhatikan bahwa tangan Anda meresap ke dalam campuran seperti yang Anda harapkan. Gerakkan tangan Anda melalui campuran, perlahan-lahan pertama dan kemudian mencoba untuk bergerak sangat cepat. Apakah lebih mudah untuk menggerakkan tangan Anda secara perlahan atau cepat?
  • Jika campuran Anda cukup dalam untuk merendam seluruh tangan Anda di dalamnya, coba ambil segenggam campuran dan tarik tangan Anda dengan cepat. Kemudian coba lagi, kali ini rilekskan tangan Anda dan tarik perlahan. Apakah Anda memperhatikan perbedaan?
  • Cobalah meninju campuran air tepung maizena. (Hati-hati jangan sampai melukai diri sendiri di mangkuk!) Pastikan untuk memukul zat keras dan menarik kembali kepalan tangan Anda dengan cepat. Apakah zat itu berhamburan ke mana-mana atau tetap berada di mangkuk? (Jika berceceran, tambahkan lebih banyak tepung jagung.)
  • Setiap kali Anda dengan lembut dan perlahan menggerakkan tangan Anda melalui campuran air tepung jagung, itu berperilaku seperti cairan. Tetapi ketika Anda mencoba untuk memindahkan tangan Anda dengan cepat atau dengan paksa menekan substansi, itu berperilaku seperti padatan. Campuran air tepung maizena ini berperilaku mirip dengan pasir isap.
Apa yang terjadi:

Aliran dan pergerakan fluida dipengaruhi oleh viskositasnya, atau seberapa lengket dan tebalnya. Campuran pasir hisap dan tepung maizena adalah cairan non-Newtonian. Viskositas non-Newtonian berubah dengan tipe gaya yang diterapkan padanya. Viskositas cairan Newtonian (seperti air dan madu, yang mengikuti hukum viskositas Sir Isaac Newton) hanya bergantung pada suhu dan tekanan fluida, bukan gaya yang diberikan padanya. Misalnya, madu hangat (kurang kental) mengalir jauh lebih bebas daripada madu dingin (lebih kental).

Karena kemampuan cairan non-Newtonian untuk bergerak tergantung pada kekuatan atau tekanan yang diterapkan padanya, cairan ini tidak bertindak seperti yang kita kenal (mis., Madu atau air). Tekanan ringan, seperti menuang atau dengan lembut menekan campuran air tepung jagung, memungkinkannya bergerak seperti cairan.

Posting Komentar untuk "Cara membuat Slime Keren Terbaru Unik dan Menarik membuat Slime Berbeda"

POPULER SEPEKAN

Jangan Coba Coba Sprite dan Insto ini Efeknya
Ayla Tabrak CBR di Purwokerto, Tawari Ganti Rugi Mobil dan Rumah, Ini Kata Saksi
Demit Masuk Google Maps, Ikuti Petunjuk Suara Google Maps Sopir Mobil Ini Malah Kesasar di Hutan
Ajian Tepuk bantal Bikin Wanita Pujaan Hati Bertekuk Lutut
Gambar
Mau Dikurangi Jokowi, Ini Jadwal Libur Tahun Baru 2020
Viral Wanita Cantik Penjual Rujak, Pria Beli 3 Kali dalam Sehari
Viral Pria Tukar Mobil Avanza Dengan Bunga Jenis Ini
Viral Pria Lulusan S2 yang Memilih Menjadi Penjual Balon, Alasannya Bikin Sedih
Merinding!! VIDEO Viral Pocong Rebahan Hadang Pengendara Mobil di Cipari Cilacap