Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Listening Speaking dan Writing

1. Listening

Sesi listening (mendengarkan) terdiri atas dua percakapan dan empat kuliah atau diskusi akademik. Dalam percakapan akan terdengar ada dua pembicara, yaitu seorang siswa dan seorang profesor atau seorang staf kampus. Sedangkan, dalam kuliah atau diskusi akan terdengar pembahasan yang bersifat akademis. Dalam tes ini, peserta hanya akan diperdengarkan materi percakapan dan diskusi sebanyak satu kali. Masing- masing percakapan akan diikuti 5 pertanyaan dan masing- masing diskusi diikuti 6 pertanyaan. Pertanyaan-pertanyaan tersebut dimaksudkan untuk mengukur kemampuan peserta dalam memahami ide utama, detil-detil informasi penting, implikasi-implikasi, ide-ide yang saling berhubungan, kesatuan informasi, tujuan pembicara, dan sikap pembicara.

Info umum:
  1. Anda akan mendengar dua tipe bacaan: 4—6 kuliah dan 2—3 percakapan. 
  2. Kuliah-kuliah tersebut berlangsung selama 3—5 menit dengan diikuti 6 pertanyaan. 
  3. Percakapan-percakapan tersebut berlangsung selama 3 menit dengan disertai 5 pertanyaan. 
  4. Setiap sesi listening membutuhkan waktu 60—90 menit.
Kemampuan yang diuji:
  1. Pemahaman ide pokok, poin-poin penting, fakta-fakta dan detil-detil penting, kosakata dalam konteks yang berkaitan dengan ide pokok. 
  2. Mengenali tutur pembicara atau apa tujuan dari hal yang dibicarakan. 
  3. Menarikdan menggambarkan kesimpulan. 
  4. Mengenali perubahan-perubahan topik dalam pembicaraan. 

 2.Speaking

Sesi speaking (berbicara) terdiri atas 6 latihan, yaitu dua latihan bersifat independen dan 4 latihan yang saling berkaitan. Dalam latihan independen, peserta diminta memberikan pendapat tentang topik yang sedang hangat atau familier. Pada tahap ini, kemampuan berbicara secara spontan peserta dievaluasi. Selanjutnya dalam dua latihan yang saling berkaitan, peserta diminta untuk membaca bacaan pendek, mendengarkan kuliah akademis atau percakapan tentang kehidupan perkuliahan, dan menjawab pertanyaan dengan menggabungkan informasi yang sesuai dengan bacaan atau percakapan tersebut. Kemudian dalam dua latihan yang saling berkaitan selanjutnya, peserta diminta mendengarkan kuliah akademis atau percakapan tentang kehidupan kampus dan memberikan respons terhadap pertanyaan yang mereka dengar. Pada tahap ini, kemampuan peserta dalam menyatukan informasi secara tepat dievaluasi. Peserta tes diperbolehkan membuat catatan tentang apa yang mereka dengar atau baca dan menggunakan catatan tersebut untuk membantu menjawab pertanyaan. Peserta juga akan diberikan sedikit waktu jeda sebelum mereka memulai berbicara. Respons yang disampaikan peserta akan direkam secara digital dan dikirim ke ETS's Online Scoring Network (OSN) dan dievaluasi oleh tiga hingga enam ahli.

Info umum: 
  1. Sesi ini berlangsung selama 20 menit. 
  2. Terdapat 6 tugas yang harus dilengkapi: 2 tugas indepen- den, dimana Anda dapat menggunakan pengetahuan dan pengalaman Anda untuk memberikan tanggapan; serta terdapat 4 tugas yang menuntut Anda harus meng¬gunakan berbagai kemampuan yang dikombinasi untuk memberikan tanggapan, seperti reading dan speaking.
Kemampuan yang diuji: 
  1. Mengumpulkan informasi secara verbal dari kuliah atau percakapan. 
  2. Meringkas fakta-fakta secara verbal. 
  3. Membuat percakapan di luar maupun di dalam kelas. 
  4. Mengekspresikan pendapat.
 Listening Speaking dan Writing

 3.Writing

Sesi writing (menulis) mengukur kemampuan peserta tes dalam hal menulis yang terdiri atas dua latihan. Latihan yang pertama berupa latihan yang berkaitan dan yang kedua merupakan latihan independen. Dalam latihan yang saling berkaitan, peserta membaca sebuah bacaan bertema akademis dan kemudian mendengarkan sebuah diskusi yang memiliki tema yang sama. Peserta akan menulis sebuah kesimpulan mengenai poin-poin penting dari apa yang didengar dan menjelaskan hubungannya dengan apa yang ia baca. Sedangkan dalam latihan independen, peserta harus menulis esai yang menyatakan, menjelaskan, dan mendukung pendapat peserta tentang sebuah isu. Respons ini akan dikirim ke ETS OSN dan dievaluasi oleh empat ahli.
Info umum:
  1. Sesi ini berlangsung selama 50 menit. 
  2. Terdapat dua tugas writing yang berbeda untuk dilengkapi: 1 tugas independen dimana Anda menulis tentang pengalaman Anda sendiri, dan 1 tugas serupa namun Anda harus membaca atau mendengar terlebih dahulu kemudian baru menulis.
Kemampuan yang diuji:

a. Membuat catatan berdasarkan pada apa yang Anda dengar dan baca.
b. Menggunakan catatan tersebut untuk menghimpun informasi sebelum menulis.
c. Mengekspresikan pendapat-pendapat menjadi sebuah format tulisan.
d. Menghubungkan informasi yang dipelajari dengan pengalaman. 

Posting Komentar untuk "Pengertian Listening Speaking dan Writing"

POPULER SEPEKAN

Mengaku Akan Segera Menikah Pasangan Asal Sidareja Keciduk Sedang Ngamar di Krapyak
Ajian Tepuk bantal Bikin Wanita Pujaan Hati Bertekuk Lutut
Ngamar di Krapayak Di Siang Bolong Wisatawan Asal Cilacap Terciduk
Sekeluarga Mudik Jalan Kaki Usai Kena PHK, Gendong 2 Anak Susuri Jalan Kebumen hingga Bandung
Pemudik di Terminal Kalideres Meningkat Jelang Larangan Mudik 6 Mei -17 Mei 2021
Jangan Coba Coba Sprite dan Insto ini Efeknya
Gambar
Gambar
Cara Hack Acount Instagram 100%work
Gaji karyawan Alfamart 2019 Crew dan Acos di Daerah Perkampungan