Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab Susah Tidur ( Insomnia ) Ternyata Paling tinggi yaitu Mantan Pacar

mantan pacar

Penyebab Insomnia Paling tinggi yaitu Mantan Pacar

Insomnia adalah gangguan tidur umum yang dapat membuatnya sulit untuk tertidur, sulit untuk tetap tidur, atau menyebabkan Anda bangun terlalu dini dan tidak dapat kembali tidur. Anda mungkin masih merasa lelah ketika bangun. Insomnia tidak hanya dapat menghilangkan tingkat energi dan suasana hati Anda, tetapi juga kesehatan, kinerja, dan kualitas hidup Anda.

Berapa banyak tidur yang cukup bervariasi dari orang ke orang, tetapi kebanyakan orang dewasa membutuhkan tujuh hingga delapan jam semalam.

Pada titik tertentu, banyak orang dewasa mengalami insomnia jangka pendek (akut), yang berlangsung selama berhari-hari atau berminggu-minggu. Ini biasanya akibat dari stres atau peristiwa traumatis. Tetapi beberapa orang mengalami insomnia jangka panjang (kronis) yang berlangsung selama sebulan atau lebih. Insomnia mungkin menjadi masalah utama, atau mungkin terkait dengan kondisi medis atau obat-obatan lainnya.

Anda tidak harus tahan dengan malam tanpa tidur. Perubahan sederhana dalam kebiasaan harian Anda seringkali dapat membantu.

Gejala insomnia


Gejala insomnia dapat meliputi:
  1. Kesulitan tidur di malam hari
  2. Bangun di malam hari
  3. Bangun terlalu pagi
  4. Tidak merasa cukup istirahat setelah tidur malam
  5. Kelelahan siang hari atau mengantuk
  6. Lekas ​​marah, depresi atau kecemasan
  7.  Kesulitan memperhatikan, fokus pada tugas atau mengingat
  8.  Kesalahan atau kecelakaan yang meningkat
  9. Kekhawatiran yang sedang berlangsung tentang tidur
  10.  Yang Paling Parah yaitu Mantan

Penyebab insomnia


Insomnia mungkin menjadi masalah utama, atau mungkin terkait dengan kondisi lain.

Insomnia kronis biasanya merupakan akibat dari stres, peristiwa kehidupan atau kebiasaan yang mengganggu tidur. Mengobati penyebab yang mendasari dapat mengatasi insomnia, tetapi kadang-kadang dapat berlangsung selama bertahun-tahun.

Penyebab umum insomnia kronis meliputi:


  1. Menekankan. Kekhawatiran tentang pekerjaan, sekolah, kesehatan, keuangan atau keluarga dapat membuat pikiran Anda tetap aktif di malam hari, sehingga sulit tidur. Peristiwa atau trauma kehidupan yang penuh tekanan - seperti kematian atau penyakit orang yang dicintai, perceraian, atau kehilangan pekerjaan - juga dapat menyebabkan insomnia.
  2. Jadwal perjalanan atau kerja. Ritme sirkadian Anda bertindak sebagai jam internal, memandu hal-hal seperti siklus tidur-bangun, metabolisme, dan suhu tubuh Anda. Mengganggu ritme sirkadian tubuh Anda dapat menyebabkan insomnia. Penyebabnya termasuk jet lag dari bepergian melintasi beberapa zona waktu, bekerja shift lambat atau awal, atau shift yang sering berubah.
  3. Kebiasaan tidur yang buruk. Kebiasaan tidur yang buruk termasuk jadwal tidur yang tidak teratur, tidur siang, aktivitas merangsang sebelum tidur, lingkungan tidur yang tidak nyaman, dan menggunakan tempat tidur Anda untuk bekerja, makan atau menonton TV. Komputer, TV, permainan video, telepon pintar atau layar lain sebelum tidur dapat mengganggu siklus tidur Anda.
  4. Makan terlalu sore. Memiliki camilan ringan sebelum tidur tidak apa-apa, tetapi makan terlalu banyak dapat menyebabkan Anda merasa tidak nyaman secara fisik saat berbaring. Banyak orang juga mengalami mulas, aliran balik asam dan makanan dari lambung ke kerongkongan setelah makan, yang mungkin membuat Anda tetap terjaga.
  5. Terlalu stres memikirkan mantan kekasih padahal mantannya aja tidak memikirkanmu sedangkan kamu di sini merasa stres terbayang2 mantanmu namun ini membuat rugi diri kamu sendiri makanya movon biar gk stres
Insomnia kronis juga dapat dikaitkan dengan kondisi medis atau penggunaan obat-obatan tertentu. Mengobati kondisi medis dapat membantu memperbaiki tidur, tetapi insomnia dapat bertahan setelah kondisi medis membaik.

Penyebab umum tambahan insomnia meliputi:


  1. Gangguan kesehatan mental. Gangguan emosional, seperti gangguan stres pasca-trauma, dapat dipindahkan tidur Anda. Terbangun terlalu dini bisa menjadi pertanda depresi. Insomnia sering terjadi dengan gangguan kesehatan lainnya juga.
  2. Obat-obatan Banyak obat resep dapat tidur, seperti antidepresan tertentu dan obat untuk asma atau tekanan darah. Banyak obat yang dijual bebas - seperti beberapa obat penghilang rasa sakit, alergi dan flu, dan produk penurun berat badan - mengandung kafein dan stimulan lainnya yang dapat dipakai tidur.
  3. Kondisi Medis. Contoh penyakit yang terkait dengan insomnia termasuk sakit kronis, kanker, diabetes, penyakit jantung, asma, penyakit refluks gastroesofageal (GERD), tiroid yang terlalu aktif, penyakit Parkinson, dan penyakit Alzheimer.
  4. Gangguan terkait tidur. Sleep apnea menyebabkan Anda terhenti secara berkala sepanjang malam, pindah tidur Anda. Sindrom kaki gelisah yang menyebabkan menyenangkan yang tidak menyenangkan di kaki Anda dan keinginan yang tak tertahankan untuk menggerakkannya, yang dapat mencegah Anda tertidur.
  5. Kafein, nikotin, dan alkohol. Kopi, teh, cola, dan minuman berkafein lainnya adalah stimulan. Meminumnya di sore atau malam hari bisa mencegah Anda tertidur di malam hari. Nikotin dalam produk tembakau adalah stimulan yang dapat dipindahkan tidur. Alkohol dapat membantu Anda tertidur, tetapi menghindari tidur yang lebih dalam dan lebih sering menyebabkan terbangun di tengah malam.

Insomnia dan penuaan


Insomnia menjadi lebih umum seiring bertambahnya usia. Seiring bertambahnya usia, Anda mungkin mengalami:

  1. Perubahan pola tidur. Tidur sering menjadi kurang tenang seiring bertambahnya usia, sehingga kebisingan atau perubahan lain di lingkungan Anda lebih mungkin membangunkan Anda. Seiring bertambahnya usia, jam internal Anda sering bertambah, sehingga Anda merasa lelah di malam hari dan bangun lebih awal di pagi hari. Tetapi orang tua umumnya masih membutuhkan jumlah tidur yang sama dengan orang yang lebih muda.
  2. Perubahan aktivitas. Anda mungkin kurang aktif secara fisik atau sosial. Kurangnya aktivitas dapat mengganggu tidur malam yang nyenyak. Juga, semakin kurang aktif Anda, semakin besar kemungkinan Anda untuk tidur siang setiap hari, yang dapat mengganggu tidur di malam hari.
  3. Perubahan kesehatan. Nyeri kronis dari kondisi seperti radang sendi atau masalah punggung serta depresi atau kecemasan dapat mengganggu tidur. Masalah yang meningkatkan kebutuhan untuk buang air kecil di malam hari - seperti masalah prostat atau kandung kemih - dapat mengganggu tidur. Apnea tidur dan sindrom kaki gelisah menjadi lebih umum seiring bertambahnya usia.
  4. Lebih banyak obat. Orang yang lebih tua biasanya menggunakan lebih banyak obat resep daripada orang yang lebih muda, yang meningkatkan kemungkinan insomnia terkait dengan obat-obatan.

Insomnia pada anak-anak dan remaja


Masalah tidur mungkin menjadi perhatian bagi anak-anak dan remaja juga. Namun, beberapa anak dan remaja mengalami kesulitan tidur atau menolak waktu tidur yang teratur karena jam internal mereka lebih tertunda. Mereka ingin tidur nanti dan tidur kemudian di pagi hari.
Faktor risiko

Hampir setiap orang sesekali mengalami malam tanpa tidur. Tetapi risiko insomnia Anda lebih besar jika:

  1. Anda seorang wanita. Pergeseran hormon selama siklus menstruasi dan menopause dapat berperan. Selama menopause, keringat malam hari dan hot flashes sering mengganggu tidur. Insomnia juga sering terjadi pada kehamilan.
  2. Anda berusia di atas 60 tahun. Karena perubahan pola tidur dan kesehatan, insomnia meningkat seiring bertambahnya usia.
  3. Anda memiliki gangguan kesehatan mental atau kondisi kesehatan fisik. Banyak masalah yang berdampak pada kesehatan mental atau fisik Anda dapat mengganggu tidur.
  4. Anda berada di bawah banyak stres. Waktu dan peristiwa yang menekan dapat menyebabkan insomnia sementara. Dan stres besar atau jangka panjang dapat menyebabkan insomnia kronis.
  5. Anda tidak memiliki jadwal reguler. Misalnya, mengubah giliran kerja atau bepergian dapat mengganggu siklus tidur-bangun Anda.

Komplikasi


Tidur sama pentingnya dengan kesehatan Anda seperti diet sehat dan aktivitas fisik teratur. Apa pun alasan Anda kurang tidur, insomnia dapat memengaruhi Anda secara mental dan fisik. Orang dengan insomnia melaporkan kualitas hidup yang lebih rendah dibandingkan dengan orang yang tidur nyenyak.

Komplikasi insomnia dapat meliputi:

  1. Kinerja lebih rendah di tempat kerja atau di sekolah
  2. Memperlambat waktu reaksi saat mengemudi dan risiko kecelakaan yang lebih tinggi
  3. Gangguan kesehatan mental, seperti depresi, gangguan kecemasan atau penyalahgunaan zat
  4. Peningkatan risiko dan tingkat keparahan penyakit atau kondisi jangka panjang, seperti tekanan darah tinggi dan penyakit jantung


Pencegahan insomnia


Kebiasaan tidur yang baik dapat membantu mencegah insomnia dan meningkatkan kualitas tidur:

  1. Jaga agar waktu tidur dan waktu tidur Anda konsisten dari hari ke hari, termasuk akhir pekan.
  2. Tetap aktif - aktivitas teratur membantu meningkatkan tidur malam yang nyenyak.
  3. Periksa obat-obatan Anda untuk melihat apakah mereka dapat berkontribusi pada insomnia.
  4. Hindari atau batasi tidur siang.
  5. Hindari atau batasi kafein dan alkohol, dan jangan gunakan nikotin.
  6. Hindari makanan dan minuman besar sebelum tidur.
  7. Buat kamar tidur Anda nyaman untuk tidur dan hanya gunakan untuk seks atau tidur.
  8. Buat ritual pengantar tidur yang santai, seperti mandi air hangat, membaca atau mendengarkan musik lembut.


Posting Komentar untuk "Penyebab Susah Tidur ( Insomnia ) Ternyata Paling tinggi yaitu Mantan Pacar"

POPULER SEPEKAN

Jangan Coba Coba Sprite dan Insto ini Efeknya
Ayla Tabrak CBR di Purwokerto, Tawari Ganti Rugi Mobil dan Rumah, Ini Kata Saksi
Demit Masuk Google Maps, Ikuti Petunjuk Suara Google Maps Sopir Mobil Ini Malah Kesasar di Hutan
Ajian Tepuk bantal Bikin Wanita Pujaan Hati Bertekuk Lutut
Mau Dikurangi Jokowi, Ini Jadwal Libur Tahun Baru 2020
Gambar
Edhy Prabowo Nyatakan Mundur dari Jabatan Menteri Kelautan dan Perikanan
Viral Pria Lulusan S2 yang Memilih Menjadi Penjual Balon, Alasannya Bikin Sedih
Viral Wanita Cantik Penjual Rujak, Pria Beli 3 Kali dalam Sehari
Merinding!! VIDEO Viral Pocong Rebahan Hadang Pengendara Mobil di Cipari Cilacap