Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

KRITERIA WANITA YANG LAYAK UNTUK DI NIKAHIN

Tidak semua wanita bisa dan pantas kita pilih sebagai pendamping hidup, tidak asal cantik, tidak asal sexy, tidak asal pintar dan berpendidikan, tapi masih banyak faktor selain itu yang perlu kita pertimbangkan, butuh kita lihat bibit, bebet dan bobot si wanita tersebut, karena dia adalah calon ibu dari anak-anak kita, calon pencipta penerus kita, jadi kualitas masa depan sebuah keluarga diawali dari pemilihan pasangan wanita kita, bila salah pilih masa depan taruhannya, tapi bila hati-hati dalam memilih apalagi memilihnya dilandasi dan berpedoman ajaran Islam, insya Allah kita bisa ciptakan keluarga yang sakinah, mawaddah, wa rahmah, amien...

Al Ghozali dalam kitab Ihya' Ulumuddin merinci wanita yang pantas dinikahi sebagai berikut:

layak untuk di nikahi

Wanita Dayyinah

Yaitu wanita yang kuat agamanya, yang kuat budinya, berdasarkan hadits Muttafaq Alaih: "Ambillah wanita yang beragama (taat menjalankan ajaran agamanya)" (Fathul Muin, hal 99)

Wanita Solehah

Yaitu wanita yang taat menjalankan ajaran agamanya, berakhlak mulia dan menjaga dirinya dari perbuatan tercela dan maksiat.
Dalam Fathul Muin hal 99, wanita solehah dikatakan adalah wanita yang tahu hak dan kewajibannya sebagai istri, menjalankan ajaran agamanya dengan benar dan berakhlakul karimah.

Wanita Berbudi Mulia

Adalah wanita yang menghiasi dirinya dengan akhlak yang mulia, dalam tutur kata dan tingkah laku selalu dikendalikan berdasarkan sunah Rasulullah SAW, ia akan slalu menghindarkan diri dari perkataan dan perbuatan yang bisa merendahan dirinya sebagai muslimah.

Wanita Cantik Wajahnya

Adalah wanita yang mempunyai paras cantik, menawan, dan elok untuk diliat, tapi dilarang memilih menikahi wanita semata-mata karena cantiknya tanpa memikirkan agamanya, karena ditakutkan akan merendahkan keselamatan agamanya.

Wanita yang Maharnya Ringan

Artinya wanita yang dinikahi itu rela menerima mahar yang sedikit dalam pernikahan dari laki-laki yang menikahinya. Seperti hadits yang diriwayatkan Ibnu Hibban dari Ibnu Abbas ra "Sebaik-baik wanita adalah wanita yang cantik parasnya dan murah maharnya"

Wanita yang Bisa Melahirkan

Artinya wanita yang bisa anak dari benih suaminya yang sah berdasarkan hukum syar'i.
Bagaimana cara melihat wanita bisa beranak apa tidak?
menurut Al Ghazali dalam Ihya' Ulumuddin agar memperhatikan masa muda wanita tersebut dan memperhatikan kesehatan wanita tersebut, sementara Syeh Zainuddin bin Abd Azis Al Maliiariy dalam kitab Fathul Mu'in melihat wanita bisa memberi keturunan atau tidak bisa dilihat dari kerabatnya.

Kenapa Rasullullah SAW menyuruh memilih wanita yang bisa beranak? karena wanita itu bisa melanjutkan keturunan suaminya, terlebih lagi untuk memperbanyak umat, dengan banyak umat yang siar Islam semakin kuat pula agama Islam di bumi Allah ini, lebih-lebih lagi bila anak yang dilahirkan sholeh, maka doa anak sholeh ini yang bisa menolong orang tuanya kelak di akhirat.

Wanita Sholeha

Wanita yang Masih Gadis

Adalah wanita yang masih perawan, yang belum pernah melakukan persetubuhan, kenapa?
ada 3 faktor:
  1. Dia sangat menyayangi suaminya, lebih mengutamakan cintanya pada suami daripada yang lain.
  2. Si laki-laki semakin cinta, karena sifatdasar laki-laki yang tidak suka wanitanya tersentuh orang lain
  3. Wanita yang masih gadis akan merindukan kehadiran suaminya yang pertama, pada dasarnya cinta yang mendalam itu terjadi pada cinta pertama.

Wanita yang Bernasab Mulia

Adalah wanita yang berasal dari keluarga yang taat menjalankan agama (dari keturunan ulama' atau orang-orang shalih) (Kitab Fathul Mu'in, hal 99)

Sebab orang tua yang shalih akan mendidik anaknya dengan baik, terutama bab agama dan akhlaq, dallam kehidupan berumahtangga mereka menggunakan ajaran agama sebagai pedoman, dan sebaliknya bila orang tua yang beragama rendah, maka dia tidak mengutamakan pendidikan agama dan akhlak bagi putra putrinya, bisa saja urusan harta dan tahta yang jadi kiblatnya dalam menjalankan roda rumahtangga, kalau wanita sudah didik dengan ajaran seperti ini, bahaya bagi anda yang merencanakan rumahtangga dengannya.

Wanita Bukan dari Kerabat Dekat

Yang dimaksud wanita dari kerabat dekat disini adalah saudara sepupu, dari pihak ayah maupun ibu. Kenapa? karena laki-laki kurang bernafsu dengan wanita yang masih ada hubungan kekerabatan, dengan kurangnya nafsu akan mempengaruhi kualitas bibit dan keturunanya kelak.
Sekali lagi saya tekankan, betapa pentingnya memilih wanita yang tepat sebagai pendamping, karena dari dialah anak-anak calon penerus keluarga dilahirkan, dari wanita pula pendidikan dini anak-anak ditanamkan, dan wanita juga bisa memberi pengaruh positif maupun negatif bagi pasangannya, makanya tidak salah memang kalau ada ungkapan yang mengatakan: "disamping laki-laki yang hebat, pasti ada wanita yang hebat pula", karena posisi wanita disitu sebagai pembisik, pengingat dan pesupport pasangannya.

Posting Komentar untuk " KRITERIA WANITA YANG LAYAK UNTUK DI NIKAHIN"

POPULER SEPEKAN

Jangan Coba Coba Sprite dan Insto ini Efeknya
Ayla Tabrak CBR di Purwokerto, Tawari Ganti Rugi Mobil dan Rumah, Ini Kata Saksi
Demit Masuk Google Maps, Ikuti Petunjuk Suara Google Maps Sopir Mobil Ini Malah Kesasar di Hutan
Ajian Tepuk bantal Bikin Wanita Pujaan Hati Bertekuk Lutut
Mau Dikurangi Jokowi, Ini Jadwal Libur Tahun Baru 2020
Gambar
Edhy Prabowo Nyatakan Mundur dari Jabatan Menteri Kelautan dan Perikanan
Viral Wanita Cantik Penjual Rujak, Pria Beli 3 Kali dalam Sehari
Viral Pria Lulusan S2 yang Memilih Menjadi Penjual Balon, Alasannya Bikin Sedih
Merinding!! VIDEO Viral Pocong Rebahan Hadang Pengendara Mobil di Cipari Cilacap