Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Perkembangbiakan Vegetatif Alami Pada Tumbuhan

Perkembangbiakan secara vegetatif

Bagaimana cara perkembangbiakan secara vegetatif itu? Perkembangbiakan  secara vegetatif terjadi tanpa proses perkawinan. Perkembangbiakan berasal dari bagian tubuh tumbuhan itu sendiri, misalnya akar, batang, atau daun. Bagian tumbuhan itu kemudian memisahkan diri atau sengaja dipisahkan dari tumbuhan induk. Jadi cukup diperlukan satu induk saja. Tumbuhan baru yang dihasilkan akan memiliki sifat yang sama persis dengan induknya. Ada dua jenis perkembangbiakan vegetatif, yaitu secara alami bagaimanakah prosesya?
Perkembangbiakan vegetatif alami terjadi secara alami tanpa bantuan manusia. Perkembangbiakan vegetatif alami, misalnya dengan umbi batang, umbi lapis, rimpang, geragih, dan anakan.


1. Umbi batang
Sesungguhnya umbi batang merupakan batang yang tumbuh di dalam tanah. Batang ini mengalami perubahan sebagai tempat cadangan makanan. Kentang dan ubi jalar termasuk umbi batang. Lihatlah gambar  Permukaan umbi batang licin tidak beruas-ruas. Pada umbi tersebut terdapat tunas-tunas yang siap ditanam menjadi tumbuhan baru. Pernahkah kamu memperhatikan ubi jalar atau kentang yang sudah disimpan lama? Apakah yang tumbuh pada umbi itu? Ya, itulah tunas-tunas kecil yang siap menjadi tumbuhan baru jika ditanam.
perkembangbiakan Vegetatif

2. Umbi lapis
Umbi lapis adalah penjelmaan dari batang. Disebut umbi lapis karena memperlihatkan susunan yang berlapis-lapis. Bagian yang lunak, tebal, dan berdaging ini merupakan bagian umbi yang menyimpan cadangan makanan. Contoh umbi lapis adalah bawang merah dan bawang bombay Umbi lapis terdiri dari beberapa bagian, yaitu cakram, sisik-sisik, dan kuncup. Coba perhatikan gambar  Sebenarnya cakram merupakan batang yang sesungguhnya dengan  ruas yang sangat pendek. Sisiksisik  merupakan penjelmaan dari daunnya yang menebal, lunak dan berdaging. Kuncup terdapat pada bagian atas dan samping umbi lapis ini. Kuncup bagian atas tumbuh sebagai tunas. Kuncup bagian samping disebut juga siung.

perkembangbiakan Vegetatif

3. Rimpang
Apakah yang disebut dengan rimpang? Rimpang adalah penjelmaan batang beserta daun yang terdapat dalam tanah. Batang tersebut tumbuh secara mendatar dan tampak seperti akar. Selain sebagai alat perkembangbiakan, rimpang berfungsi sebagai tempat cadangan makanan. Ciri-ciri rimpang beruas-ruas, bersisik, mempunyai  kuncup, dan tumbuh mendatar. Kunyit, jahe, kencur, garut, dan tasbih merupakan contoh tumbuhan yang berkembang biak dengan rimpang. Tunas yang tumbuh akan tetap berada pada rimpang induknya.

perkembangbiakan Vegetatif

4.Geragih
Batang yang tumbuh menjalar di atas permukaan tanah disebut geragih. Tunas-tunas pada geragih dapat tumbuh menjadi tanaman baru. Contoh tumbuhan yang mempunyai geragih adalah arbei dan rumput teki.


perkembangbiakan Vegetatif

5. Tunas
Tentu kita  pernah melihat pohon pisang . Jika kamu kita , di sekitar pohon pisang yang telah dewasa akan kamu temukan tunas-tunas kecil. Tunas itu adalah keturunan atau anakan pohon pisang. Tunas-tunas itu masih bersatu dengan induknya. Jumlahnya bisa lebih dari satu. Secara alami, pohon pisang akan membentuk rumpun. Untuk mengembangbiakkan pohon pisang, orang akan menanam tunasnya.
perkembangbiakan Vegetatif

Posting Komentar untuk "Contoh Perkembangbiakan Vegetatif Alami Pada Tumbuhan"

POPULER SEPEKAN

Mengaku Akan Segera Menikah Pasangan Asal Sidareja Keciduk Sedang Ngamar di Krapyak
Sekeluarga Mudik Jalan Kaki Usai Kena PHK, Gendong 2 Anak Susuri Jalan Kebumen hingga Bandung
Ngamar di Krapayak Di Siang Bolong Wisatawan Asal Cilacap Terciduk
Ajian Tepuk bantal Bikin Wanita Pujaan Hati Bertekuk Lutut
 Bayar Travel 300 Ribu Hendak Mudik Ke Cilacap Palah Diputar Balik
Seluruh Akes Jalur Masuk Garut Ditutup Besok, Dijaga Petugas Bersenjata
Pemudik di Terminal Kalideres Meningkat Jelang Larangan Mudik 6 Mei -17 Mei 2021
Jangan Coba Coba Sprite dan Insto ini Efeknya
Gambar
2 Mobil Pemudik Dari Bandung Ke Cilacap Alami  Kecelakaan di Majenang