Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ciri Sistem Ekonomi Kapitalis

Sistem ekonomi menurut Gregiry Grossman merupakan sekumpulan lembaga-lembaga ekonomi dan unit-unit yang tidak hanya saling berinteraksi atau berhubungan, akan tetapi sampai tingkat tertentu saling menopang dan mempengaruhi.

Sedangkan pengertian sistem ekonomi kapitalis, merupakan sistem yang memberikan kebebasan untuk mengatur dan menentukan sendiri kegiatan ekonomi kepada masyarakatnya yang ingin mereka lakukan sesuai dengan kemampuannya masing-masing.

Awal mula berkembangnya sistem ini adalah pada pertengahan abad XIX di Inggris dengan semboyan “laissez faire” yang artinya “Biarlah”. Artinya yaitu biarlah pasar bekerja dan membentuk sistemnya dan harganya sendiri. Maka dari itu, sistem ekonomi ini sangat menekankan kebebasan pasar dalam membentuk sistem ekonomi untuk masyarakatnya. Atau bisa dikatakan bahwa pemerintah atau penguasa tidak mempunyai andil dalam membentuk dan mengatur sistem ekonomi.

Ciri Sistem Ekonomi Kapitalis adalah sebagai Berikut

1.    Kebebasan memiliki harta secara perorangan

Hak  milik  perorangan  merupakan  elemen  penting  kapitalisme.  Dalam  paham
kapitalisme tidak berlaku istilah hak milik berfungsi sosial. Pemberian hak milik
secara mutlak akan menciptakan perilaku individu untuk menggunakan semaksimal mungkin sumber daya yang dimiliki dan berdampak pada distribusi pendapatan masyarakat.

2.    Persaingan bebas/ Free competition

Persaingan bisa terjadi antar produsen dalam menghasilkan produk, persaingan bisa terjadi antara penyalur produk, persaingan bisa terjadi antar karyawan untuk mendapatkan pekerjaan, persaingan bisa terjadi antar pemilik modal dan seterusnya.

3.    Kebebasan penuh

Kapitalisme identik dengan kebebasan (liberalisme/ laisses faire), yang dianggap sebagai iklim yang paling sesuai dengan sendi kapitalisme. Liberalisme adalah suatu paham yang berpendapat dan bercita-cita bahwa manusia dilahirkan di dunia mempunyai hak untuk bebas seperti yang diinginkannya.

4.    Mementingkan diri sendiri

Aktivitas individu diyakini tidak akan membawa kekacauan, bahkan sebaliknya akan membawa kemakmuran bangsa-bangsa. Adam Smith mengatakan “Bukan berkat kemurahan hati tukang daging, tukang pembuat bir dan tukang roti kita dapat makan siang, akan tetapi karena mereka memperhatikan kepentingan pribadi mereka. Kita bicarakan bukan kepada rasa kemanusiaan mereka melainkan cinta mereka kepada diri mereka sendiri”.

5.    Harga sebagai penentu / Price system

Paham serba bebas (laissez faire) akan menciptakan keseimbangan baru yang mampu membawa kepada kemakmuran masyarakat. Apabila terjadi kelebihan

faktor produksi, maka akan tidak terserap oleh pasar sehingga akan terjadi pengurangan faktor produksi tersebut karena mekanisme pasar dan sebaliknya. Kondisi semacam ini akan dapat memunculkan tingkat efektivitas dan efisiensi yang tinggi.

6.    Campur tangan pemerintah minimum

Doktrin laissez faire sistem ekonomi merupakan orde alamiah (natural orde) yang tunduk pada hukum alam (natural law). Campur tangan pemerintah dalam bidang ekonomi akan menghambat proses pengaturan diri (self regulation)

Dampak Posisitif Sistem Ekonomi Kapitalis


1.    Mendorong aktivitas ekonomi secara signifikan
2.    Persaingan bebas akan mewujudkan produksi dan harga ke tingkat wajar dan rasional
3.    Mendorong motivasi pelaku ekonomi mencapai prestasi terbaik

Dampak Negatif Sistem Ekonomi Kapitalis


1.    Penumpukan harta, distribusi kekayaan tidak merata
2.    Individualisme
3.    Distorsi pada nilai-nilai moral
4.    Pertentangan antar kelas, misalnya majikan dan buruh


Kapitalisme, dalam arti klasik laissez-faire, tidak pernah ada di dunia ini. Kapitalisme tampil menjadi citra kharismatik merupakan modifikasi yang terus menerus selama beberapa waktu. Kehebatan kapitalisme juga diperkuat dengan kegagalan sosialisme.

Akhir-akhir ini upaya untuk mendukung liberalisme mendekati model neoklasik laissez-faire dengan pengurangan intervensi pemerintah makin intensif. Pemikiran dan kebijakan untuk mengarah kepada hal tersebut, bukan hanya dilakukan di negara industri Barat, tetapi juga pada sebagian besar negara dunia ketiga bahkan negara-negara yang dulunya menganut paham komunis.
Depresi besar (great depressión) yang melanda dunia pada dasa warsa 1930-an telah menyapu bersih kapitalisme laissez-faire terutama tidak perlunya campur tangan pemerintah dalam bidang ekonomi. Kenyataan ini menunjukkan bahwa ekonomi tidak dapat mengoreksi dirinya sendiri. Kondisi ini mengharuskan campur tangan pemerintah agar tidak terjadi depresi dalam periode yang sangat panjang.

C. Sistem Ekonomi Sosialis

Kutub lain dari sistem ekonomi kapitalis adalah sistem ekonomi sosialis. Lahirnya sistem ekonomi marxisme atau sosialisme pada mulanya dimaksudkan untuk memperbaiki kehidupan masyarakat yang menderita akibat akumulasi modal kapitalisme. Munculnya sistem ini diawali dengan terjadinya kelesuan berkepanjangan (malaisse) ekonomi pada awal abad 20 dan tidak munculnya mekanisme pasar yang dijanjikan kapitalisme. Kelesuan ditandai dengan terjadinya pengangguran yang berkelanjutan dan meningkatnya kesengsaraan masyarakat sementara kapitalis semakin menumpuk kekayaan.

Ciri Sistem Ekonomi Sosialis

1.    Kepemilikan harta dikuasai negara
2.    Setiap individu memiliki kesamaan kesempatan dalam melakukan aktivitas ekonomi
3.    Disiplin politik yang tegas dan keras
4.    Tiap warga negara dipenuhi kebutuhan pokoknya
5.    Proyek pembangunan dilaksanakan negara
6.    Posisi tawar menawar individu terbatas

Kebaikan Sistem Ekonomi Sosialis

1.    Berpihak kepada nasib kaum lemah
2.    Tidak terjadi pengangguran masyarakat.
3.    Kemakmuran yang merata

Posting Komentar untuk "Ciri Sistem Ekonomi Kapitalis"

POPULER SEPEKAN

Jangan Coba Coba Sprite dan Insto ini Efeknya
Ayla Tabrak CBR di Purwokerto, Tawari Ganti Rugi Mobil dan Rumah, Ini Kata Saksi
Demit Masuk Google Maps, Ikuti Petunjuk Suara Google Maps Sopir Mobil Ini Malah Kesasar di Hutan
Ajian Tepuk bantal Bikin Wanita Pujaan Hati Bertekuk Lutut
Gambar
Mau Dikurangi Jokowi, Ini Jadwal Libur Tahun Baru 2020
Viral Wanita Cantik Penjual Rujak, Pria Beli 3 Kali dalam Sehari
Viral Pria Tukar Mobil Avanza Dengan Bunga Jenis Ini
Viral Pria Lulusan S2 yang Memilih Menjadi Penjual Balon, Alasannya Bikin Sedih
Merinding!! VIDEO Viral Pocong Rebahan Hadang Pengendara Mobil di Cipari Cilacap