Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Perawatan Wajah Terbaik Untuk Kulit Berminyak

Kulit berminyak terjadi ketika kelenjar sebaceous di kulit menghasilkan terlalu banyak sebum. Sebum adalah zat lilin, berminyak yang melindungi dan melembabkan kulit.

Sebum sangat penting untuk menjaga kulit tetap sehat. Namun, terlalu banyak sebum dapat menyebabkan kulit berminyak, pori-pori tersumbat, dan jerawat. Mengelola kulit berminyak seringkali mengharuskan seseorang menjadikan perawatan kulit rutin sebagai kebiasaan.

Dalam artikel ini, kita berbicara tentang pengobatan rumahan untuk membantu mengurangi kulit berminyak tanpa obat-obatan yang berkhasiat resep.

 dan berjerawat

Gejala

Close up dari kulit anal wanita berminyak
Gejala kulit berminyak mungkin termasuk penampilan mengkilap, pori-pori tersumbat, jerawat, atau kulit yang terlihat kasar.

Kulit berminyak sering memengaruhi wajah. Gejala kulit berminyak meliputi:
  1.     penampilan mengkilap atau berminyak
  2.     pori-pori sangat besar atau jelas pada kulit
  3.     kulit yang terlihat tebal atau kasar
  4.     jerawat sesekali atau persisten
  5.     pori-pori dan komedo tersumbat

Orang dengan kulit berminyak mungkin mengalami kesulitan menemukan riasan yang sesuai dengan kulit mereka, karena riasan dapat bercampur dengan sebum, sehingga memberikan konsistensi yang berbeda.

Gejala kulit berminyak dan keparahannya bervariasi antara orang-orang. Genetika dapat berperan dalam bagaimana kulit menjadi berminyak.

Perubahan hormon atau tingkat stres tinggi juga dapat meningkatkan produksi sebum berminyak oleh tubuh.

Pengobatan

Di sini, kami memberikan enam cara di mana seseorang dapat mengurangi gejala kulit berminyak jika bermasalah bagi mereka.

1. Cuci Muka secara teratur

Mencuci secara teratur dapat mengurangi jumlah minyak pada kulit. Metode berikut disarankan untuk mencuci kulit berminyak:
  1. Cuci dengan sabun lembut dan air hangat.
  2. Hindari sabun dengan wewangian, pelembab tambahan, atau bahan kimia keras, yang dapat mengiritasi atau mengeringkan kulit, membuatnya merespons dengan membuat lebih banyak sebum.
  3. Hindari loofah dan waslap kasar, karena menambahkan gesekan dapat merangsang kulit untuk membuat lebih banyak minyak.

Jika ini tidak efektif, beberapa produk perawatan jerawat dapat membantu. Produk-produk ini mengandung asam yang dapat mengatasi kulit berminyak, seperti:
  1.     asam salisilat
  2.     asam glikolat
  3.     asam beta-hidroksi
  4.     benzoil peroksida

Asam-asam ini dapat menyebabkan iritasi pada beberapa jenis kulit. Saat memulai produk baru, gunakan itu pada area kecil di kulit terlebih dahulu untuk melihat bagaimana tubuh bereaksi.

Memilih pembersih wajah yang tepat mungkin cocok untuk sebagian orang. Sebuah studi tahun 2015 menemukan bahwa pembersih wajah ringan yang dibuat dengan natrium laureth karboksilat dan alkil karboksilat efektif untuk mengatasi jerawat wajah sedang, meskipun itu meningkatkan produksi sebum di beberapa area wajah.

Bagi banyak orang yang hanya memiliki kulit berminyak dan tidak berjerawat, sabun gliserin bebas pewangian dan air panas dapat membantu.

2. Gunakan toner


Toner astringent yang mengandung alkohol cenderung mengeringkan kulit. Namun, menurut sebuah studi 2014, astringen alami, seperti witch hazel, dapat memiliki sifat menenangkan kulit.

Witch hazel memiliki kandungan tanin yang tinggi yang menjadikannya zat alami dan anti-inflamasi. Banyak orang dengan kulit berminyak menggunakan witch hazel sebagai satu-satunya toner mereka.

Pada beberapa orang, toner astringen alami dapat membuat pori-pori yang membesar tampak lebih kecil dan menghilangkan sedikit produk atau makeup yang dapat menyumbat pori-pori.

Namun, produk ini mungkin tidak berfungsi untuk semua orang. Beberapa mungkin menemukan bahwa wajah mereka kesemutan atau gatal ketika menggunakan toner astringent. Jika ini terjadi, itu mungkin tanda iritasi yang dapat menyebabkan lebih banyak produksi sebum.

Orang-orang harus menguji setiap toner baru pada sepetak kecil kulit untuk menghindari kemungkinan iritasi.

3. Tepuk-tepuk wajah sampai kering

Saat mengeringkan wajah setelah mencuci dan menggunakan toner, orang harus menepuk-nepuk kulit dengan handuk lembut.

Ini harus dilakukan dengan hati-hati. Tidak disarankan untuk menarik kulit dengan handuk, atau menggunakan kain lap kasar, karena dapat merangsang kulit untuk membuat lebih banyak sebum.

4. Gunakan kertas blotting dan bantalan obat

Banyak perusahaan membuat kertas blotting, yang dirancang khusus untuk menyerap minyak dari kulit.

Kertas blotting tidak akan mengobati produksi sebum di kulit, tetapi mereka dapat digunakan untuk mengangkat minyak berlebih dari kulit sepanjang hari untuk membuatnya tampak kurang mengkilap.

Seseorang juga dapat mencoba pembalut kain yang diberi obat dengan bahan pembersih yang sudah dikenal, seperti asam salisilat atau asam glikolat. Ini dapat membantu menghilangkan minyak berlebih sepanjang hari, sambil membersihkan pori-pori dan kulit

5. Gunakan masker wajah

Masker wajah tertentu mungkin bermanfaat untuk merawat kulit berminyak. Ini mungkin mengandung bahan-bahan seperti:
  1. Tanah liat. Masker yang mengandung mineral seperti smectite atau bentonite dapat menyerap minyak dan mengurangi tingkat kemilau kulit dan sebum tanpa mengiritasi kulit. Gunakan hanya sesekali untuk mencegah kulit mengering, dan oleskan pelembab lembut sesudahnya.
  2. Madu. Sebuah studi 2011 melaporkan bahwa madu mentah alami memiliki kualitas antibakteri dan antiseptik. Masker wajah madu 10 menit dapat mengurangi jerawat dan kulit berminyak sambil menjaga kulit tetap lembut.
  3. Havermut. Masker yang mengandung oatmeal koloid dapat membantu membersihkan kulit, seperti yang disarankan dalam penelitian tahun 2014. Oat mengandung saponin pembersih, antioksidan, dan senyawa anti-inflamasi yang lembut yang dapat menenangkan kulit yang teriritasi.

 6. Oleskan pelembab

Sementara banyak orang dengan kulit berminyak menghindari pelembab karena takut kulit mereka akan terlihat lebih hijau, menggunakan pelembab yang tepat dapat menguntungkan jenis kulit ini.

Untuk orang-orang dengan kulit yang sangat berminyak, pelembab bebas minyak dapat membantu menjaga kulit tetap lembab dan terlindungi, tanpa terasa berminyak.

Sebuah studi tahun 2014 menunjukkan bahwa lidah buaya bisa menjadi pelembab yang baik untuk merawat jerawat dan kulit berminyak.

Senyawa tertentu dalam lidah buaya dapat memiliki efek menenangkan alami pada kulit. Studi tersebut mencatat bahwa suatu produk harus memiliki setidaknya 10 persen gaharu di dalamnya untuk menjadi pelembab yang efektif.

Beberapa orang memilih untuk menggunakan gel lidah buaya murni untuk melembabkan, tetapi mereka perlu mewaspadai bahan-bahan yang tersembunyi, terutama alkohol terdenaturasi, yang dapat mengeringkan dan mengiritasi kulit.
Pencegahan

Kulit berminyak yang terkait dengan genetika bisa sulit dicegah. Bahkan kulit berminyak yang disebabkan oleh perubahan hormon sulit dikendalikan.

Pencegahan terbaik untuk kulit berminyak adalah bagi seseorang untuk menemukan rutinitas perawatan kulit yang konsisten yang bekerja, dan berpegang teguh pada itu.

Ketika kulit berminyak muncul, menggoda untuk menyembunyikannya dengan makeup. Namun, produk-produk tertentu, terutama produk berbasis minyak, dapat memperburuk gejala atau menyumbat pori-pori.

Riasan berbahan dasar air mungkin menjadi pilihan yang lebih baik bagi sebagian orang, sementara yang lain merasa tidak memakai riasan cocok untuk kulit mereka.

Banyak orang juga mengatakan diet mereka adalah apa yang menjaga kulit mereka dari berulah. Mungkin membantu untuk tetap terhidrasi, menghindari makanan berlemak dan lemak trans, dan untuk makan makanan lengkap yang penuh dengan makanan utuh.

Posting Komentar untuk "6 Perawatan Wajah Terbaik Untuk Kulit Berminyak"

POPULER SEPEKAN

Jangan Coba Coba Sprite dan Insto ini Efeknya
Bocah Terlindas Mobil di Pom Bensin, Orangtua Lalai Awasi Anak saat Isi BBM
Ngaku Lega Usai Gorok Selingkuhan Istri hingga Tewas, Pelaku Ingin Istrinya Juga Dipenjara
Ajian Tepuk bantal Bikin Wanita Pujaan Hati Bertekuk Lutut
Pria Ini Nikahi 2 Cewek Sekaligus, Netizen: Hebat Tuh Cowok!
Taiwan Stop Pengiriman TKI ke Taiwan Mulai 4 Desember 2020
Gambar
Cara yg ditempuh oleh anggota bpupki dalam merumuskan dasar negara adalah
Permainan Tradisional Indonesia Artikel
Viral Suami Tidur di Luar, Demi Jaga Koleksi Tanaman Hias Milik Sang Istri Tercinta