Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Operasi Dasar pada Komputer

Bagaimanakah operasi dasar pada komputer?


1. Menggunakan Mouse 


Mouse merupakan salah satu perangkat yang berguna untuk memasukkan data ke dalam komputer. Sistem operasi Windows dirancang untuk dipakai dengan mouse. 

Berikut ini adalah beberapa cara menggunakan mouse yang perlu kamu ketahui.

a. Mengarahkan Pointer Mouse

 Pointer (penunjuk) mouse dapat diarahkan kepada objek tertentu yang ada pada monitor dengan cara menggerakkan mouse. Kamu perlu menunjuk suatu objek sebelum kamu dapat melakukan sesuatu terhadap objek tersebut. Misalnya, ketika kamu akan membuka menu Start, maka kamu harus menunjuk menu Start dengan pointer mouse. 


b. Mengklik Mouse Satu Kali 

Mengklik adalah menekan tombol mouse, lalu melepaskannya kembali. Ketika penunjuk mouse diletakkan pada sebuah ikon, tombol, atau menu, maka dengan mengklik akan dipilih objek yang ada di bawah penunjuk mouse. Biasanya tombol mouse yang diklik adalah tombol kiri. Dalam Windows XP, mengklik tombol kanan mouse akan menyajikan menu khusus. Menu itu memungkinkan kamu untuk melakukan suatu tindakan, bergantung pada program yang sedang kamu gunakan.


Tugas SMP



c. Mengklik Mouse Dua Kali (Double Click)

Mengklik dua kali (double click) adalah mengklik tombol kiri pada mouse berturut-turut sebanyak dua kali dengan cepat, tanpa menggeser mouse. Durasi waktu penekanan tombol mouse sangat singkat (tanpa jeda). Fungsi dari double click adalah untuk membuka file atau folder dan dapat juga digunakan untuk menjalankan program aplikasi. 


d. Menahan Klik Kiri (Dragging) 

Menahan klik kiri (dragging) adalah mengklik tombol kiri pada mouse, kemudian menahannya beberapa saat dan menggerakkannya. Fungsi dari dragging adalah untuk memaindahkan file atau folder, memindahkan teks pada saat pengetikan, memblok atau menandai teks, dan sebagainya.


2. Menggunakan Keyboard

Keyboard merupakan perangkat komputer untuk mengetik atau memasukkan huruf, angka, atau simbol tertentu ke perangkat lunak atau sistem operasi yang dijalankan oleh komputer. Keyboard terdiri atas tomboltombol berbentuk kotak dengan huruf, angka, atau simbol yang tercetak di atasnya. Dalam beberapa sistem operasi, apabila dua tombol ditekan secara bersamaan, maka akan memunculkan fungsi khusus atau pintasan yang telah diatur sebelumnya. 

Untuk menambahkan huruf, angka, atau simbol ke komputer, caranya adalah dengan menekan tombol-tombol yang ada di keyboard. Setiap huruf, angka, atau simbol mempunyai satu tombol di keyboard. Secara otomatis, jika kamu menekan tombol teks di keyboard, maka akan menghasilkan huruf kecil. Kecuali, jika fungsi Caps Lock sedang on, maka huruf yang dihasilkan adalah huruf kapital. Huruf kapital juga dapat diperoleh dengan menekan tombol Shift dan huruf yang bersangkutan secara bersamaan. Contohnya, jika kamu ingin mengetik huruf D kapital, maka yang harus dilakukan adalah menekan tombol Shift dan tombol D secara bersamaan. Jika kamu ingin mendapatkan teks dengan huruf kapital semua, kamu harus mengaktifkan fungsi Caps Lock dengan cara menekan tombol Caps Lock. Dengan begitu, kamu tidak perlu menekan tombol Shift bersamaan dengan huruf yang ingin diketik secara terus menerus. Selain tombol huruf, angka, dan simbol, keyboard juga dilengkapi dengan tombol-tombol perintah. Masing-masing tombol (atau kombinasi tombol) tersebut jika ditekan akan menjalankan sebuah perintah tertentu.


b. Mengetik dengan Sistem Sepuluh Jari

Mengetik dengan sistem sepuluh jari merupakan cara mengetik dengan memanfaatkan kesepuluh jari tangan yang dimiliki. Masing-masing jari tangan mempunyai tugas untuk menekan tombol-tombol tertentu di keyboard.
















Posting Komentar untuk "Operasi Dasar pada Komputer"

POPULER SEPEKAN

Jangan Coba Coba Sprite dan Insto ini Efeknya
Ajian Tepuk bantal Bikin Wanita Pujaan Hati Bertekuk Lutut
Mau Dikurangi Jokowi, Ini Jadwal Libur Tahun Baru 2020
Gambar
Cuti Bersama Natal, Libur Tahun Baru dan Pengganti Cuti Bersama Idul Fitri, Jadi 11 Hari
Viral Suami Tidur di Luar, Demi Jaga Koleksi Tanaman Hias Milik Sang Istri Tercinta
Edhy Prabowo Nyatakan Mundur dari Jabatan Menteri Kelautan dan Perikanan
Demit Masuk Google Maps, Ikuti Petunjuk Suara Google Maps Sopir Mobil Ini Malah Kesasar di Hutan
Alasan Mengharukan di Balik Wisuda Online Mahasiswa IAIN Purwokerto di Makam Ayah
Gambar