Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tugas (IPA) Jenis Hewan dan Tumbuhan yang Hampir Punah

Contoh Hewan Yang Hampir Punah

1. KOMODO

Komodo

Komodo merupakan reptil tertua yang pernah ada. Tubuhnya menyerupai biawak tetapi ukurannya lebih besar Komodo hidup di Pulau Komodo. Pulau Komodo terletak di Nusa Tenggara Timur. Agar kelestariannya terjaga, komodo harus dijaga dari ancaman
yang mengganggunya.

2. BURUNG CENDRAWASIH

Cendrawasih

Burung cenderawasih merupakan hewan khas Papua. Burung ini memiliki bulu dan suara yang indah. Bulunya berwarna-warni terutama pada bagian ekornya yang panjang. Sekitar 30 jenis cendrawasih terdapat di Indonesia. Sebagian besar, yaitu sebanyak 28 jenis ditemukan di Papua. Sayang, jumlahnya dari tahun ke tahun semakin berkurang. Untuk menyelamatkannya dari kepunahan, pemerintah Indonesia menetapkan cendrawasih sebagai hewan yang dilindungi.

3. BADAK BERCULA SATU/BADAK JAWA

BADAK BERCULA SATU/BADAK JAWA
Badak Jawa adalah badak bercula satu. Badak ini dilindungi di Taman Nasional Ujung Kulon. Badak Jawa yang tersisa terancam punah oleh perburuan. Badak diburu untuk diambil culanya. Cula badak memiliki nilai seni yang tinggi. Selain itu, kepercayaan cula badak sebagai obat tradisional juga memicu perburuan badak.

4. ORANG UTAN

Contoh Hewan Yang Hampir Punah

Pernahkah kamu melihat orang utan? Orang utan termasuk hewan yang dilindungi. Orang utan dilindungi di Taman Nasional Gunung Leuser, Nangroe Aceh Darussalam (NAD). Pusat rehabilitasi orang utan Bohorok merupakan salah satu pintu masuk Taman Nasional Gunung Leuser. Pusat rehabilitasi ini bertujuan untuk meliarkan orang utan yang tertangkap sekaligus melestarikannya.

5. ELANG BONDOL

Contoh hewan yang hampir punah

Elang Bondol termasuk hewan yang dilindungi. Elang Bondol merupakan jenis burung laut. Burung ini memiliki paruh yang bengkok, runcing, dan sangat kokoh memiliki penglihatan yang tajam. Tempat perlindungan Elang bondol terdapat di Cagar alam Pulau Rambut. Cagar alam ini terletak di gugusan Kepulauan Seribu.

6. JALAK BALI

Jenis Hewan dan Tumbuhan yang Hampir Punah

Jalak Bali adalah burung yang dikenal karena keindahan bulu dan suaranya. Burung ini banyak ditangkap untuk dijadikan hewan peliharaan. Akibatnya, keberadaan Jalak Bali di alam bebas semakin langkat. Pembukaan hutan juga menyebabkan Jalak Bali kehilangan habitatnya. Oleh karena itu, Jalak Bali harus dilindungi agar tidak punah.

7. BUAYA MUARA/BUAYA BUNTUNG/PUTIH

Contoh Heman Yang Hampir Punah 

Buaya termasuk hewan yang dilindungi karena semakin langka. Hewan ini banyak diburu untuk diambil kulitnya. Kulit buaya sangat bagus untuk dijadikan tas, ikat pinggang, sepatu, maupun asesoris lainnya. Untuk melestarikannya, di Papua didirikan tempat penangkaran buaya

8. GAJAH

Gajah

Tentu kamu sudah tidak asing lagi dengan hewan bernama gajah. Gajah diburu untuk diambil gadingnya. Gading gajah ini harganya mahal. Saat ini, keberadaan hewan ini cukup langka. Untuk menyelamatkannya dari kepunahan, pemerintah menetapkan gajah sebagai hewan yang dilindungi.

9. HARIMAU SUMATERA

Harimau








Harimau (bahasa Latin: Panthera tigris) adalah hewan yang tergolong dalam filum Chordata, subfilum vertebrata, kelas mamalia, pemakan daging (karnivora), keluarga felidae (kucing), genus panthera, dan tergolong dalam spesies tigris.

Harimau adalah jenis kucing terbesar dari spesiesnya, bahkan lebih besar dari singa. Harimau juga adalah kucing tercepat kedua dalam berlari, setelah citah. Dalam keseluruhan karnivora, harimau adalah kucing karnivora terbesar dan karnivora terbesar ketiga setelah beruang kutub dan beruang coklat.

Harimau biasanya memburu mangsa yang agak besar seperti rusa sambar, kijang, babi, atau kancil. Namun, harimau akan memburu hewan kecil seperti landak apabila mangsa yang agak besar itu tidak ada. Meskipun berasal dari keluarga yang sama, harimau berbeda dengan kucing biasa yang kecil, harimau sangat suka berenang, dan pada dasarnya kucing takut dengan air. 

Itulah Beberapa hewan yang hampir punah di indonesia berikut ini tumbuhan - tumbuhan yang hampir punah.


Contoh Tumbuhan Yang Hampir Punah

 1. Bunga Rafflesia

Bunga Rafflesia


Bunga Rafflesia dikenal juga dengan sebutan bunga bangkai. Bunga ini mengeluarkan bau busuk menyengat. Bau busuk yang dikeluarkannya akan menarik serangga untuk datang. Serangga yang terperangkap kemudian menjadi makanannya. Bunga Rafflesia tumbuh menumpang pada tumbuhan lain.

 2. Pohon Eboni

Pohon Hampir Punah


Pohon eboni tumbuh di pedalaman hutan Indonesia, terutama di Pulau Sulawesi. Pohon eboni ini merupakan tanaman keras yang berwarna hitam. Tingginya mencapai 7–10 meter. Warna kayunya yang hitam banyak dimanfaatkan untuk ukiran, hiasan, dan patung-patung kayu. Saat ini, jumlahnya semakin berkurang. Oleh karena itu, tanaman ini perlu dilindungi. Selain itu, masih banyak tanaman lain yang perlu dilindungi, di antaranya pohon jati, cendana, anggrek hitam, dan lain-lain. 

3. Pohon Beringin

Pohon Beringin

Beringin (Ficus benjamina dan beberapa jenis (genus) Ficus lain dari suku ara-araan atau Moraceae), yang disebut juga waringin atau (agak keliru) ara (ki ara, ki berarti “pohon”), dikenal sebagai tumbuhan pekarangan dan tumbuhan hias pot. Pemulia telah mengembangkan beringin berdaun loreng (variegata) yang populer sebagai tanaman hias ruangan. Beringin juga sering digunakan sebagai objek bonsai.

Beringin sangat akrab dengan budaya asli Indonesia. Tumbuhan berbentuk pohon besar ini sering kali dianggap suci dan melindungi penduduk setempat. Sesaji sering diberikan di bawah pohon beringin yang telah tua dan berukuran besar karena dianggap sebagai tempat kekuatan magis berkumpul. Beberapa orang menganggap tempat di sekitar pohon beringin adalah tempat yang “angker” dan perlu dijauhi. 

demikian semoga bermanfaat

Sumber : Google
Editor : Rudianto


Posting Komentar untuk "Tugas (IPA) Jenis Hewan dan Tumbuhan yang Hampir Punah"

POPULER SEPEKAN

Jangan Coba Coba Sprite dan Insto ini Efeknya
Ajian Tepuk bantal Bikin Wanita Pujaan Hati Bertekuk Lutut
Mau Dikurangi Jokowi, Ini Jadwal Libur Tahun Baru 2020
Gambar
Cuti Bersama Natal, Libur Tahun Baru dan Pengganti Cuti Bersama Idul Fitri, Jadi 11 Hari
Viral Suami Tidur di Luar, Demi Jaga Koleksi Tanaman Hias Milik Sang Istri Tercinta
Edhy Prabowo Nyatakan Mundur dari Jabatan Menteri Kelautan dan Perikanan
Demit Masuk Google Maps, Ikuti Petunjuk Suara Google Maps Sopir Mobil Ini Malah Kesasar di Hutan
Alasan Mengharukan di Balik Wisuda Online Mahasiswa IAIN Purwokerto di Makam Ayah
Gambar