Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ciri Khusus Makhluk Hidup

Tugas (IPA) Ciri Khusus Makhluk Hidup
1.    Adaptasi morfologi
Merupakan penyesuaian bentuk tubuh makhluk hidup terhadap lingkungannya. Adaptasi morfologi dapat dilihat dengan jelas. Contohnya, kaki berselaput pada bebek dan antena pada semut.
2.    Adaptasi fisiologi
Merupakan penyesuaian fungsi alat-alat tubuh makhluk hidup terhadap lingkungannya. Salah satunya berupa enzim yang dihasilkan oleh suatu organisme. Contohnya, bunga raflesia mengeluarkan enzim untuk menarik serangga. Sementara itu, kantong semar mengeluarkan enzim untuk membunuh serangga.
3.    Adaptasi tingkah laku
Merupakan penyesuaian berupa perubahan tingkah laku. Contohnya, cecak memutuskan ekornya saat ditangkap musuh. Contoh lain, putri malu mengatupkan daunnya bila disentuh.
Berikut ini adalah beberapa contoh ciri khusus dari beberapa makhluk hidup :
Kelelawar
Kelelawar

Cicak
Cicak 





Bebek
Unta
Teratai
teratai
teratai


Kaktuskaktus 
 
   
 
Kantung semar

kantung smarx
Setiap makhluk hidup memiliki ciri khusus untuk dapat mempertahankan hidupnya. Ciri khusus setiap makhluk hidup berbeda-beda. Ciri khusus pada makhluk hidup digunakan untuk adaptasi. Makhluk hidup melakukan adaptasi untuk mempertahankan hidup.

Adaptasi ada tiga macam, yaitu:


Kelelawar

Kelelawar memiliki sistem sonar yang dapat menentukan arah gerak dan letak benda walaupun kondisi lingkungan gelap. Kelelawar juga memiliki alat pendeteksi benda. Ibu jari pada kelelawar dapat digunakan untuk mendaki di bebatuan dan pohon. Alat indra pada kelelawar selain mata adalah gelombang bunyi. Kemampuan yang dimiliki kelelawar untuk mengetahui arah terbang, makanan, dan keadaan lingkungannya dengan menggunakan bunyi disebut ekolokasi.




Cicak memiliki alat perekat pada kakinya sehingga dapat berjalan di dinding ataupun di langit-langit rumah dan memiliki kemampuan memutuskan ekor. Cicak juga memiliki lidah yang panjang dan lengket untuk menangkap mangsa.


Bebek dapat berenang dengan cepat di air karena memiliki selaput renang pada sela-sela kakinya. Bebek memiliki paruh yang pipih dan lebar untuk menangkap makanan berupa cacing.



bebek bebek

Unta dapat hidup di lingkungan yang panas karena ciri khusus yang dimilikinya mulai dari punuk untuk menyimpan cadangan makanan, bulu mata yang panjang untuk menghalangi debu, kaki dan telapak kaki yang tebal supaya tidak terperosok di pasir serta berjalan di pasir yang sangat panas.


unta


Teratai memiliki daun yang lebar dan tipis untuk mempermudah penguapan dan rongga udara pada batang serta akar yang kuat menambat di  dalam lumpur. Batang yang berongga menjadikan teratai terapung di air. Akar menambatkan diri dengan kuat di dalam lumpur di dasar air. Hal ini berguna untuk menahan teratai dari hempasan arus air.
Kaktus memiliki batang yang menggembung untuk menyimpan air dan daun berbentuk duri atau jarum untuk mengurangi penguapan. Tumbuhan kaktus memiliki daun kecil untuk dapat hidup di daerah kering atau kurang air dan juga akar yang panjang untuk mencari air.




Kantung semar memakan serangga yang terperangkap untuk memenuhi kebutuhan nitrogen. 
Nektar pada tumbuhan kantung semar untuk memikat serangga. Selain itu, pada salah satu daun kantung semar, berubah menjadi berbentuk kantung dengan warna  yang mencolok perhatian serangga untuk hinggap. Pada bagian dalam kantung ini terdapat lapisan yang lengket.  Jika ada serangga yang hinggap pada kantung ini maka akan terpeleset ke dalam kantung dan tidak dapat keluar lagi. Serangga tersebut dicerna oleh kantung semar untuk memenuhi kebutuhan nitrogen







Posting Komentar untuk "Ciri Khusus Makhluk Hidup"

POPULER SEPEKAN

Jangan Coba Coba Sprite dan Insto ini Efeknya
Ajian Tepuk bantal Bikin Wanita Pujaan Hati Bertekuk Lutut
Ngaku Lega Usai Gorok Selingkuhan Istri hingga Tewas, Pelaku Ingin Istrinya Juga Dipenjara
Bocah Terlindas Mobil di Pom Bensin, Orangtua Lalai Awasi Anak saat Isi BBM
Cuti Bersama Natal, Libur Tahun Baru dan Pengganti Cuti Bersama Idul Fitri, Jadi 11 Hari
Taiwan Stop Pengiriman TKI ke Taiwan Mulai 4 Desember 2020
Pria Ini Nikahi 2 Cewek Sekaligus, Netizen: Hebat Tuh Cowok!
Gambar
Viral Suami Tidur di Luar, Demi Jaga Koleksi Tanaman Hias Milik Sang Istri Tercinta
Cara yg ditempuh oleh anggota bpupki dalam merumuskan dasar negara adalah