Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengalaman Pra OJT Alfamart

 Pengalaman Melamar Kerja di Alfamart

OJT Alfamart

 Selamat Pagi… Kali ini saya akan menceritakan pengalaman saya melamar pekerjaan di PT. Sumber Alfaria Trijaya, Tbk. atau disingkat jadi (PT. SAT) yang lebih dikenal dengan nama Alfa Mart. kenapa saya pilih PT. SAT? itu karena PT. SAT ini merupakan salah satu perusahaan retail terbesar dan terbaik di Indonesia, yang saya rasa potensi saya akan lebih berkembang disana, kenapa? Karena PT. SAT adalah sebuah perusahaan besar, jadi apabila kita bekerja di perusahaan besar maka kita akan banyak kesempatan belajar mengenai hal-hal yang besar, salah satunya masalah-masalah yang akan kita hadapi tentunya akan lebih besar pula, nah apabila kita terbiasa mengatasi masalah-masalah yang besar akan membuat kita menjadi lebih berkembang.

Oke guys,,, sekarang saya akan menceritakan pengalaman saya dari awal melamar pekerjaan ke PT. SAT sampai saat ini,,, (saat menulis ini saya sedang mengikuti in class training hari ke 3).
Jadi begini,,, saya lulus kuliah di bulan April 2018, setelah itu mulai deh tuh saya mencari pekerjaan, yang pertama tujuan saya adalah melamar ke PT. SAT, cari-cari info lowongan belum ada, job fair pun belum ada, sampai akhirnya saya pun teringat teman seperjuangan saya yang kerja di PT. SAT, akhirnya saya datangin ke rumahnya malam-malam untuk mencari informasi lowongan pekerjaan di PT. SAT. pada malam itu dia masih belum tau lowongan apa saja yang sedang dibuka, saya disuruh datang kembali esok harinya, kemudian malamnya saya datang lagi kerumahnya dan kita mulai ngobrol-ngobrol mengenai lowongan pekerjaan di PT. SAT. saya langsung melamar di posisi CT (Coordinator Trainee).

Saya menunggu kabar selanjutnya, Setelah beberapa hari akhirnya ada kabar untuk ikut proses seleksi tes psikotes di kantor cabang SAT (Branch Bandung 1) yang terletah di daerah Cisaranten Gede Bage pada tanggal 28 Mei 2018 (2 minggu setelah saya melamar). Setelah menunggu 2 minggu, akhirnya waktu psikotes tiba, saya berangkat dari rumah pagi-pagi sekali karena jarak dari rumah saya ke kantor SAT cukup jauh, sekitar 1 jam. Setelah sampai di kantor SAT banyak juga peserta yang ikut seleksi tes psikotes sekitar 100 orng, itu di satuain sama yang melamar di posisi MT juga. Sebelum tes dimulai tim recruitment menjelaskan terlebih dahulu tentang program CT (Coordinator Trainee), jujur aja saya baru denger istilah itu, tapi setelah dijelaskan panjang lebar bahwa CT (Coordinator Trainee) adalah sebuah program akselerasi yang dipersiapkan oleh perusahaan untuk Area Coordinator dan sebagai calon leader di masa depan hanya dalam waktu 1 tahun, satu tahun berikutnya adalah ikatan dinas, dan setelah ikatan dinas langsung diangkat jadi pegawai tetap, nah setelah mendengarkan penjelasan itu saya semakin yakin untuk bisa diterima kerja di SAT.

Proses Psikotes lumayan lama juga, setelah selesai kemudian langsung diumumkan hasilnya, dari sekian banyak peserta, ada sekitar 70 orang yang lolos termasuk saya (terdiri dari peserta CT, MT dan karyawan toko). Kemudian langsung dilanjutkan tes toefle (untuk posisi CT dan MT), dan akhinya saya lolos juga, kemudian langsung interview HRD, lumayan lama juga nih menunggu giliran interview karena banyaknya peserta. Setelah sekian lama menunggu akhirnya giliran saya (sekitar jam 5 sore), waktu itu yang menginterview saya adalah Ibu Pretty, saya ditanya tentang profil diri, tau lowogan SAT dari mana, kegiatan sehari-hari apa, alasan melamar ke SAT, pengalaman organisasi, apa saja yang dilakukan ketika menjabat di organisasi, dan banyak lagi pokoknya, sekitar 30 menit interviewnya. Kemudian setelah itu katanya akan dikabarin lagi dalam 2 minggu.

Satu bulan berlalu setelah interview HRD masih belum ada kabar juga, akhirnya saya simpulkan bahwa saya gak lolos tuh. Akhirnya saya mencoba lagi melamar kesana kemari, setelah beberapa bulan, saya dapat telpon dari SAT untuk interview USER pada tanggal 26 Agustus 2018, gak nyangka banget, soalnya udah lama juga kan. Pada waktu interview USER cuma ada sekitar 11 orang yang barengan sama saya, interviewnya gak lama kok, Cuma 10 menit doang, Cuma menceritakan profil diri, pengalaman kerja, pengalaman organisasi, udah deh, tapi yang unik interview nya pake skype, video call gitu, hehe…. Setelah itu, seperti biasa tim recruitment bilang akan dikabari lagi secepatnya, tapi sudah 1 bulan masih belum ada panggilan juga, saya sudah mulai hampir putus asa tuh,,, akhirnya dipertengahan bulan oktober saya dapat telpon dari SAT untuk mengikuti Medical Check Up pada hari jumat tanggal 23 Oktober 2018, pada saat itu saya dikasih tau mengenai program CT yang akan saya lalui secara lebih detail . Ketika medical check up ane terkejut juga karena gak ada satu pun peserta tes yang dari awal bareng sama saya yang lolos, Cuma saya aja, yang lainnya adalah yang melamar di job fair bulan September.

Gak lama setelah medcheck akhirnya saya di telpon dan diberi kabar bahwa saya lolos medcheck dan diundang untuk penandatanganan kontrak di cileungsi pada tanggal 6 November 2018, waktu di telpon saya dijelaskan apa saja yang harus dibawa ketika penandatanganan kontrak. Sore hari saya mendapat email dari SAT tentang pemberitahuan lolos seleksi dan undangan penandatanganan kontrak, disana dilampirkan juga data pesertanya, nah saya hubungi aja tu peserta yang dari bandung, biar ada teman untuk berangkat menuju Cileungsi, kemudian kita berkumpul di sebuah maal di bandung, dan akhirnya kami memutuskan untuk merental mobil dengan perhitungan lebih irit dari pada naik mobil umum, ada 7 orang berangkat yang dari bandung.

Kami mulai berangkat hari jum’at shubuh dan sampai tujuan tepat waktu, proses penandatanganan kontrak dibuka oleh GM SAT langsung dan juga BM, disana dijelaskan tentang program yang akan dijalani, uang saku, dan lain sebagainya. Setelah itu kami kembali ke bandung dan pada hari senin kami berangkat dari bandung menuju mess di cileungsi, kami menggunakan motor ke cileungsi, seru banget pokoknya di perjalanan, hee

Sampai di mess kita istirahat, di mes ada 12 tempat tidur, pas banget soalnya peserta CT nya ada 12 orng, selain tempat tidur ada juga fasilitas lain seperti TV, dispenser, pedingin ruangan, dll,,, pokoknya enak banget deh,,, hee
Tiba saatnya hari pertama kita masuk (1 bulan in class training), udah kayak kuliah lagi deh,, heee… selama in class training kita akan diberikan materi-materi mengenai seluk beluk tentang SAT, profile perusahaan, mempelajari berberapa divisi yang ada di SAT, dll…  seruu banget pokoknya, apalagi selama in class training kita dapat snack dan makan siang, enak banget kan hehe…. “Kami adalah CT 39..!!!!”. Sudah dulu yaaa,,,, nanti kalo ada waktu saya akan ceritakan kembali tentang pengalaman saya di PT. Sumber Alfaria Trijaya, Tbk. atau lebih dikenal dengan Alfa Mart. Terima kasih guys. “Kami Senang Melayani Anda”.

Posting Komentar untuk "Pengalaman Pra OJT Alfamart"

POPULER SEPEKAN

Jangan Coba Coba Sprite dan Insto ini Efeknya
Ajian Tepuk bantal Bikin Wanita Pujaan Hati Bertekuk Lutut
Mau Dikurangi Jokowi, Ini Jadwal Libur Tahun Baru 2020
Gambar
Cuti Bersama Natal, Libur Tahun Baru dan Pengganti Cuti Bersama Idul Fitri, Jadi 11 Hari
Viral Suami Tidur di Luar, Demi Jaga Koleksi Tanaman Hias Milik Sang Istri Tercinta
Edhy Prabowo Nyatakan Mundur dari Jabatan Menteri Kelautan dan Perikanan
Demit Masuk Google Maps, Ikuti Petunjuk Suara Google Maps Sopir Mobil Ini Malah Kesasar di Hutan
Alasan Mengharukan di Balik Wisuda Online Mahasiswa IAIN Purwokerto di Makam Ayah
Gambar