Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Narkoba dan Psikotropika


Narkoba dan Psikotropika




Narkoba merupakan  singkatan dari  narkotika, psikotropika dan bahan adiktif . Narkoba adalah obat, bhan, zat dan bukan tergolong makanan jika diminum , dihisap, ditelan, atau disuntikan dapat mennyebabkan ketergantungan dan berpengaruh terhadap kerja otak,demikian pula fungsi vital organ tubuh lain (jantung, peredaran darah,pernapasan dll).



Narkoba adalah istilah yang dipakai penegak hukum yang di sosialisasikan pada masyarakat. Di Malaysia biasa disebut “dadah”  sedangkan si barat biasa disebut “drugs”. Sebagian jenis narkoba berguna dalam dunia pengobatan, tetapi karena menimbulkan ketergantungan , penggunaannya harus mengikuti petunjuk dokter, contoh : morfin dan petidin yang digunakan untuk menghilangkan rasa nyeri pada penyakit kanker ; obat bius pada pasien pada waktu operasi ; Ampetamin untuk mengurangi nafsu makan dan masih banyak lagi.



Narkotika yang sama sekali tidak boleh digunakan dalam pengobatan adalah narkotika golongan 1 (Kokain, Heroin, Ganja) dan  psikotropika  golongan 1(LSD , Ekstasi ) karena bukan tergolong obat, dan menyebabkan ketergantungan tingkat tinggi. Karena bahaya ketergantungan , penggunaan,  dan peredaran maka narkoba diatur dalam undang – undang no.22 tahun 1997 tentang narkotika  dan undang undang  no. 5 tahun 1997 tentang psikotropika.

            Narkotika adalah zat atau obat yang berasal dari tanaman atau bukan tanaman , baiksintetis maupun semisintetis yang menyebabkan penurunan atau perubahan kesadaran dan  dan menghilangkan atau mengurangi rasa nyeri. Menurut undang undang 
narkotika dibagi menurut potensi ketergantungannya sebagai berikut:
  • Narkotika Golongan 1 : berpotensi sangat tinggi menyebabkan ketergantungan, tidak digunakan dalam terapi. Contoh : Heroin, Kokain, Ganja, Putaw(Heroin tidak murni berupa bubuk).
  • Narkotika Golongan  II : berpotensi tinggi menyebabkan ketergantungan, digunakan dalam terapi. Contoh : Morfin dan Petidin.
  • Narkotika Golongan  III : berpotensi ringan menyebabkan ketergantungan, banyak digunakan dalam terapi. Contoh : Kodein.

Psikotropika adalah zat atau obat, baik alamiah maupun sintetis bukan narkotika, yang berhasiat psikoaktif melalui pengaruh selektif dan susunan saraf pusat dan menyebabkan perubahan khas pada aktifitas mental  dan perilaku, yang dibagi menurut potensi yang menyebabkan ketergantungan sebagai berikut :
  • Psikotropika golongan I : berpotensi sangat tinggi menyebabkan ketergantungan, tidak digunakan dalam terapi. Contoh : MDMA(Ekstasi), LSD, dan STP.
  • Psikotropika golongan II : berpotensi tinggi menyebabkan ketergantungan, digunakan amat terbatas  dalam terapi. Contoh :Ampetamin, Metamfetamin, Ritalin.
  • Psikotropika golongan III : berpotensi sedang menyebabkan ketergantungan, digunakan dalam terapi. Contoh : Pentobarbital.
  • Psikotropika golongan IV : berpotensi ringan tinggi menyebabkan ketergantungan, sangat luas digunakan dalam terapi . Contoh : diazempam, klobazam, barbital, dan nitrazepam
 Upaya pencegahan dan penanggulangan


Penyalahgunaan narkoba dapat dicegah lebih baik mencegah dari pada mengobati atau menanggulangi.Pencegahaan merupakan upaya yang sangat penting,bahkan terpenting.Untuk mencegah remaja dari penyalahgunaan narkoba hal yang paling penting adalah membentengi diri sendiri dengan imtaq(iman taqwa). selain itu ada hal-hal lain diantaranya :

1. Menjaga diri sendiri dan teman terdekat dari hal yang menjurus ke narkoba

2. Pendekatan pada siswa disekolah

3. Latihan peningkatan percaya diri

4. Melatih remja mengelola situasi sehari-hari melalui pendekatan pemecahan masalah dan curhat

5.Memberi kegiatan yang cocok pada kehidupan remmaja

6.Mendorong partisipasi pada kegiatan yang positif

7.Memberi kesempatan agar remaja mengembangkan kegiatannya

8.Membentuk perkumpulan dalam gerakan anti narkoba (say no to drugs)

9.Saling memberi dukungan dan kasih sayang

10.Meningkatkan keterampilan dasar

11.Mencoba mengubah kebiasaan buruk, dan menjauh dari hal-hal yang negatif

12.dan yang paling penting adalah selalu waspada, karena banyak modus-modus pengedar narkoba.

13.jika ada remaja yang sudah menjadi pecandu,harus diberi pengertian sedikit demi sedikit dan tidak dijauhi atau di acuhkan di masyarakat.

14.Melaporkan ke pihak yang berwajib jika mengetahui pengedar/bandar narkoba

15.Memberikan program, terapi dan rehabilitasi

16.Menyediakan sarana konseling untuk para pemakai n pengedar narkoba.

17. Menciptakan rasa takut mengulang kembali.

Kesehatan Pribadi

Kesehatan adalah salah satu bagian terpenting dalam hidup manusia, baik kesehatan pribadi maupun kesehatan lingkungan. Manusia dapat beraktifitas dengan baik apabila tubuhnya sehat. Kesehatan badan akan terjaga jika pemeliharaannya sesuai dengan anjuran pakar kesehatan.

a.       KesehatanKulit

Untuk menjaga kesehatan kulit agar selalu bersih adalah dengan mandi minimal 2 kali sehari, mandi berguna membersihkan debu yang melekat pada badan, juga menghilangkan keringat. Sebaiknya mandi menggunakan sabun.


b.      Kesehatan Rambut

Dilakukan dengan keramas minimal seminggu sekali dengan menggunakan shampo atau obat-obatan lain.


c.       Kebersihan Kuku

Sebaiknya bagi anak didik memotong kukunya pendek, dilakukan seminggu sekali dan dibersihkan dengan sehat yang lembut dipinggir daun kuku.


d.      Kebersihan Mata

Membersihkan mata dengan air bersih atau boorwater secara rutin adalah kebiasaan yang baik agar terhindar dari penyakit yang menyerang mata. Beberapa penyakit mata diantaranya adalah :

o   Alergi di mata

o   Gangguan visus

o   Konjungtivitis

o   Luka pada mata

o   Saluran air mata tersumbat


e.       Kebersihan rongga mu!ut dan gigi

Dilakukan dengan cara berkumur dan menyikat gigi. Menyikat gigi dengan odol dan pilih sikat yang sesuai dengan bulu yang lunak. Menyikat gigi dilakukan setelah makan dan sebeliam tidur pada malam hari. Menggosok gigi juga ada aturannya, terlalu keras dan lama tak membuat kotoran segera menyingkir sebaliknya malah melukai gusi dan merusak gigi.

Kelompok " ilmuan dari Newcastle Univercity selama satu bulan menggelar pengamatan terhadap 12 orang. Responden dibagi menjadi beberapa kelompok dengan pola gosok gigi yang berbeda-beda, yaitu responden yang hanya menggosok gigi sekitar 30 detik saja, hingga yang diatas 3 menit, hasilnya flak masih tebal menempel, kendati tekanan pada gigi semakin kuat dan makin lama menggosok, untuk itu para ilmuan menganjurkan agar kegiatan bersih-bersih ini cukup dilakukan paling lama sekitar 2 menit saja.


f.        Kebersihan Telinga

Membersihkan lubang telinga sebaiknya dengan menggunakan air yang masak yang dingin atau dengan obat tetes telinga. Tahi telinga bersifat lehat, liat dan berguna menahan binatang atau kotoran yang masuk ke dalam telinga oleh karena itu jangan terlalu sering dibersihkan hanya cukup 2 minggu sekali.

Diantaranya penyakit telinga adalah :

o   Congek di telinga

o   Gangguan pada lubang anting-anting

o   Nyeri telinga

o   Telinga perenang


g.      Kebersihan Hidung

Hidung dibersihkan menggunakan kain halus atau menghirup air lalu disemprotkan keluar. Penyakit hidung diantaranya adalah mimisan, simusitis.


h.       Kebersihan tangan dan kaki

Mencuci tangan sebelum makan dan mencuci kaki sehabis bermain atau kerja dan sebelum tidur.


i.         Pemeliharaan Pakaian

     Makanan dan Minuman Sehat

      Fungsi Makanan Bagi Tubuh

Fungsi makanan bukan hanya sekedar untuk meinghilangkan rasa lapar tetapi lebih utama adalah untuk mendapatkan tenaga, mendapatkan zat-zat pembangun sel-sel tubuh, mempertinggi daya tahan tubuh terhadap penyakit, serta untuk menjamin kelancaran makan proses yang terjadi di dalam tubuh.

Untuk dapat hidup sehat bisa mencapainya melalui kegiatan olahraga yang teratur, makan makanan bergizi dan istirahat yang cukup. Makanan bergizi terdiri dari makanan yang meliputi empat unsur makanan sehat ditambah satu unsur pelengkap bisa kita sebut empat sehat lima sempurna.

      Kegunaan makanan yang masuk kedalam tubuh dikelompokkan sebagai berikut :

1)      Makanan sebagai sumber tenaga terutama mengandung hidrat arang seperti beras, jagung, terigu, dan lain-lain.

2)      Mananan sebagai sumber pembangun.

3)      Protein digunakan sebagai bahan pembangun pembentukan sel-sel jaringan tubuh yang baru.

4)      Makanan sumber zat pengatur


a.       Vitamin dan garam mineral yang diperlukan oleh tubuh dalam jumlah yang kecil, namun mutlak diperlukan tubuh.

b.      Fungsi air bagi tubuh

Air adalah bagian yang penting dari semua sel tubuh. Air digolongkan sebagai bahan pembangun, sebagai zat pengatur dan mengatur dan merupakan bahan pelarut. Air harus memenuhi syarat kesehatan adalah sebagai berikut : penuh, tak berbau, tidak berwarna, tidak mengandung mineral yang berbahaya, tidak mengandung bibit penyakit.





Atletik


Secara sederhana Atletik merupakan cabang olahraga yang terdiri dari Lari, Lempar, dan Lompat. masing-masing cabang tersebut terdiri dari beberapa macam. berikut ini akan kami jelaskan tentang macam- macam atletik beserta gambar, pengertian dan penjelasannya.

A. Lari

1. Lari Sprint / 100 meter
            Lari sprint di kenal dengan nama lari jarak 100 meter hampir sama dengan lari jarak pendek, cuma bedanya lari jarak pendek mempunyai jangkau 50m-400 meter.
2. Lari Jarak Pendek

Lari jarak pendek dilakukan sepanjang 50 hingga 400 meter. Siapa yang tercepat ke garis finish dialah pemenangnya. Lari ini memiliki tujuan seperti untuk memaksimalkan kecepatan horizontal. Kunci atlet berlari terletak di langkah dan frekuensi langkah sendiri. Ada beberapa tahapan jangka pendek. yaitu fase reaksi dan drive, percepatan tahap. Fase transisi. tahap kecepatan maksimum. pemeliharaan kecepatan fase dan selesai.
3. Lari Jarak Menengah
            Lari jarak menengah menempuh jarak 800 sampai 150 meter. Sebelum berlari, peserta akan menempelkan telapak tangannya ke tanah. mata memandang ke depan. mengayunkan lengan seperlunya. menyondongkan badan ke depan secara vertikal.
            Mengayunkan paha ke depan yang disesuaikan dengan panjang tungkai sambil mengangkat lutut lebih tinggi. pada lari jarak menengah kaki menapal bal hell-ball, dimana ujung kaki dan tumit menolak tanah menggunakan ujung kakinya. Pada hitungan ketiga dilakukan dengan cara berdiri. Poin penting pada lari jarak menengah ini adalah berlari seadannya. jangan terlalu memaksakan. Saat mendekati finish, pastikan kecepatan lari dipercepat.
4. Lari Jarak Jauh
            Disebut juga sebagai lari Marathon. Jarak yang ditempuh lari Marathon mencapai 3000 meter ke atas. Lari marathon pertamakali diraih oleh Marathon. Perlombaan lari ini dilakukan di luar, biasannya menggunakan jalan umum.
5. Lari Estafet


Lari estafet merupakan lari yang dilakukan secara bersambung oleh satu team. Setiap team terdiri dari 4 orang dan dilakukan dengan cara memberikan tongkat estafet ke setiap pelari dengan cara sambung menyambung. Dan saat memberikan tongkat estafet dari pelari ke pelari lainnya, jaraknya sudah ditentukan jadi tidak boleh asal-asalan.
            Lari sambung menyambung salah satu perlombaan lari yang membutuhkan kekompakan tim. Peserta berlari membawa tongkat. kemudian di putaran pertama pelari memberikan tongkat kepada pelari kedua dan seterusnya. Syarat lari estafet lebih dari satu orang. saat peserta memberikan tongkat ke temannya ada aturan tersendiri.
            Jarak yang terdapat pada lari estafet ini biasanya meliputi 4 x 100 meter dan 4 x 400 meter. Maksudnya adalah jarak setiap pelari ke pelari lainnya adalah 100 meter atau 400 meter. Yang dilakukan dengan sambung menyambung dengan membawa tongkat estafet yang kemudian diberikan dari pelari pertama ke pelari kedua ke pelari ketiga dan sampai ke pelari keempat.`W3
6. Lari Halang Rintang (Lari Gawang)


            lomba lari halang rintang menempuh jarak 3000 meter. Saat berlari. peserta mendapatkan banyak halangan dan rintangan. Rintangan ini dibedakan menjadi rintangan gawang dan rintangan water jump. Jika dilihat.

            Atlet pelari satu ini memang harus memiliki kecepatan lari yang super cepat. tetapi mampu bertahan berlari cepat sepanjang 5000 meter ditambah kemampuan untuk melawan rintangan yang telah disiapkan oleh panitia lomba.

B. Lempar

1. Lempar cakram


          Lempar cakram (Bahasa Inggrisnya Discus Throw) adalah salah satu cabang olahraga atletik. cakram yang dilempar berukuran garis tengah 220 mm dan berat 2 kg untuk laki-laki, 1 kg untuk perempuan. Lempar cakram diperlombakan sejak Olimpiade I tahun 1896 di Athena, Yunani.
            Cara melempar cakram dengan awalan dua kali putaran badan caranya yaitu: memegang cakram ada 3 cara, berdiri membelakangi arah lemparan, lengan memegang cakram diayunkan ke belakang kanan diikuti gerakan badan, kaki kanan agak ditekuk, berat badan sebagian besar ada dikanan, cakram diayunkan ke kiri, kaki kanan kendor dan tumit diangkat, lemparan cakram 30 derajat lepas dari pegangan, ayunan cakram jangan mendahului putaran badan, lepasnya cakram diikuti badan condong ke depan.
2. Tolak Peluru


            Tolak peluru adalah suatu bentuk gerakan menolak atau mendorong suatu alat bundar(peluru) dengan berat tertentu yang terbuat dari logam, yang dilakukan dari bahu dengan satu tangan untuk mencapai jarak sejauh jauhnya.

3. Lempar Lembing
            Lempar lembing merupakan salah satu cabang olahraga dalam atletik. Olahrga ini dilakukan dengan melemparkan lembing dalam jarak tertentu. Untuk mencapai jarak maksimum, atlet harus menyeimbangkan tiga hal, yaitu kecepatan, teknik dan kekuatan.


            Ukuran, bentuk, berat minimum dan pusat gravitasi dari lembing ditentukan oleh aturan dari International Association of Athletics Federations (IAAF). Dalam kejuaraan internasional, laki-laki melempar lembing yang panjanganya antara 2,6-2,7 meter dan dengan berat minimum 800 gram. Sementara itu, perempuan melempar lembing yang panjangnya antara 2,2-2,3 meter dan dengan berat minimum 600 gram. Lembing tersebut dilengkapi dengan pegangan yang terbuat dari tali dan terletak di pusat gravitasi lembing. Untuk laki-laki letak pusat gravitasi antara 0,9-1,06 meter sedangkan untuk perempuan terletak antara 0,8-0,92 meter.



C. Lompat


1. Lompat Tinggi



          Lompat tinggi merupakan olahraga yang menguji ketrampilan melompat dengan melewat tiang mistar.Lompat tinggi adalah salah satu cabang dari atletik. Tujuan olahraga ini untuk memperoleh lompatan setinggi-tingginya saat melewati mistar tersebut dengan ketinggian tertentu.Tinggi tiang mistar yang harus dilewati atlet minimal 2,5 meter,sedangkan panjang mistar minimal 3,15 meter.Lompat tinggi dilakukan di arena lapangan atletik.Lompat tinggi dilakukan tanpa bantun alat.


2.Lompat Jauh


          Lompat jauh adalah suatu gerakan melompat ke depan atas dalam upaya membawa titik berat badan selama mungkin di udara (melayang di udara) yang dilakukan dengan cepat dan dengan jalan melakukan tolakan pada satu kaki untuk mencapai jarak yang sejauh-jauhnya.


          Lompat jauh merupakan suatu gerakan melompat yang menggunakan tumpuan pada satu kaki untuk mencapai jarak sejauh-jauhnya. Sasaran dan tujuan lompat jauh adalah untuk mencapai jarak lompatan sejauh mungkin ke sebuah titik pendaratan atau bak lompat. Jarak lompatan diukur dari papan tolakan sampai ke batas terdekat dari letak titik pendaratan yang dihasilkan oleh bagian tubuh.

3. Lompat Galah
            Lompat Galah adalah lompat tinggi yang dibantu dengan mengunakan galah untuk melewati mistar. Tujuannya adalah untuk melompat yang setinggi-tingginya.
4. Lompat jangkit


            Lompat jangkit sering juga dikatakan dengan lompat jingkat atau lompat tiga (triple jump). Namun istilah atau nama yang resmi dipergunakan di Indonesia, yaitu yang tercantum di dalam buku Peraturan Perlombaan yang dikeluarkan oleh PB PASI adalah lompat jangkit (Hop Step Jump).
            Lompat jangkit adalah suatu lompatan yang terdiri atas jingkat (hop), langkah (step), dan lompat (jump) yang dilakukan secara berurutan dan terpadu. Adapun rangkaian gerak secara lengkap adalah awalan, jingkat, melangkah, dan diakhiri dengan melompat seperti pada lompat jauh.



Posting Komentar untuk "Narkoba dan Psikotropika"

POPULER SEPEKAN

Tepat 19 tahun lalu, 16 Januari 2002, Garuda Indonesia GA421 Mendarat di Sungai Bengawan Solo
Gadis 19 Tahun Berstatus Mahasiswi ini Ngotot Penjarakan Ibu Kandung
Anak yang Laporkan Ibu Berdamai, dan Keduanya Dijanjikan Umrah Serta Beasiswa
Naik KA Kroya - Jakarta  9-25 Januari, Penumpang Dilarang Berbicara Sepanjang Perjalanan
Ajian Tepuk bantal Bikin Wanita Pujaan Hati Bertekuk Lutut
Ramalkan Presiden Jokowi Lengser 2021 Mbak You Terancam Dipolisikan
Gunung Semeru Meletus, Hujan Abu hingga Potensi Banjir Lahar Dingin
 Anak Sekolah Hingga Ibu Hamil Dapat BLT
Warga Kebumen Jadi Salah Satu Korban Jatuhnya Sriwijaya Air SJ 182
Sosok Pilot Sriwijaya Air SJ182, Captain Afwan, Suka Ajak Salat Berjamaah