Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tugas Sekolah Asian Games 2018 Jakarta Palembang

Tugas Sekolah  Asian Games 2018 Jakarta Palembang


Pendahuluan

1.1   Latar Belakang Masalah
Pelaksanaan Asian Games 2018 yang akan datang dapat menjadi momen untuk rakyat Indonesia sendiri. Banyak sikap yang berbeda beda dari setiap elemen masyarakat. Peran pemerintah sebagai pengurus dan masyarakat sebagai penilai sangat berperan penting dalam ini.


1.2   Tujuan
Penulisan ini dilakukan bertujuan mengetahui bagaimana sikap masyarakat yang baik agar Asian Games 2018 dapat berjalan dengan lancar dan sukses, mendapat peringkat tinggi di ajang Internasional antar negara negara Asia dalam Asian Games 2018.




Pembahasan


2.1   Latar Belakang Asian Games 2018
Sebagai acara olahraga terbesar setelah Olimpiade, Asian Games adalah acara bergengsi yang diorganisir  oleh Olympic Countil of Asia, dengan edisi ke -18 yang akan digelar di Jakarta - Palembang pada 2018 mendatang.
Asian Games 2018 atau Pesta Olahraga Musim Panas Asia 2018 adalah edisi ke-18 dari acara multi event olahraga regional Asia yang rencananya akan diselenggarakan di Indonesia pada tanggal 18 Agustus 2018 - 2 September 2018 di dua tempat yaitu Jakarta dan Palembang serta beberapa tempat sebagai tuan rumah pendukung seperti Lampung, Jawa Barat, dan Banten. Jumlah cabang olahraga yang akan dipertandingkan sebanyak 41 cabang, terdiri dari 33 cabang olahraga olimpiade dan 8 cabang olahraga non olimpiade.
Untuk itu maka dibentuk INASGOC atau Indonesia Asian Games 2018 Organizing Committee sebagai komite resmi yang dibentuk oleh pemerintah Indonesia setelah ditunjuknya Indonesia sebagai tuan rumah Asian Games ke-18. Sesuai hasil rapat pada Olympic Council of Asia Meeting di Incheon, Korea Selatan tanggal 19 September 2014.
INASGOC bertanggung jawab sebagai panitia pelaksana yang akan menyusun rencana, menyiapkan dan menyelenggarakan Asian Games 2018. Penyelenggaraan acara tersebut akan berlangsung di Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta, Provinsi Sumatera Selatan, Provinsi Jawa Barat, dan Provinsi Banten pada tahun 2018. Panitia Nasional INASGOC bertanggung jawab langsung kepada Presiden Republik Indonesia.


2.2   Gotong Royong
Menurut kbbi gotong royong memiliki arti bekerja bersama-sama, itu artinya sikap gotong royong tidak dapat dilakukan oleh satu orang saja tapi oleh dua atau lebih agar dapat melakukan sesuatu dapat tercapai. Ini merupakan manifestasi konkret dari semangat kebersamaan antar masyarakat dalam bantu membantu dan tolong menolong.
Dalam kehidupan masyarakat Indonesia, istilah gotong royong menempati posisi terhormat sekaligus membumi. Terhormat karena istilah tersebut sering dijadikan kata kunci oleh para tokoh bangsa untuk menggalang dukungan terhadap suatu gagasan. Presiden Soekarno menggunakan term gotong royong sebagai kata lain Ekasila yang merupakan perasan lanjutan dari Trisila setelah sebelumnya merupakan hasil peras dari Pancasila.


2.3   Sikap Penghalang
Dalam tercapainya kesuksesan Asian Games 2018 tidak bisa didapat dengan mudah, ada beberapa sikap yang dapat menghalangi kesuksesan tersebut.Tidak semua orang mau ikut gotong royong mencapai kesuksesan Asian Games yang dilaksanakan di Indonesia ini.
Prasangka diartikan suatu anggapan terhadap sesuatu dari seseorang bahwa sesuatu itu buruk dengan tanpa kritik terlebih dahulu. Dengan berfikir buruk terhadap sesuatu tanpa kritik dapat merusak hubungan yang sebelumnya sudah dibangun.
Diskriminasi menunjukkan pada suatu tindakan. Dalam pergaulan sehari-hari sikap prasangka dan diskriminasi seolah-olah menyatu, tak dapat dipisahkan. Seseorang yang mempunyai prasangka rasial, biasanya bertindak diskriminasi terhadap ras yang diprasangkainya. Walaupun begitu, biasa saja seseorang bertindak diskriminatif tanpa latar belakang prasangka. Demikian juga sebaliknya seseorang yang berprasangka dapat saja bertindak tidak diskriminatif. Harus ada rasa kepercayaan dua arah dan hubungan yang baik agar dapat terlaksananya keinginan bersama.
Ada juga etnosentrisme yaitu suatu kecenderungan yang menganggap nilai-nilai dan norma-norma kebudayaannya sendiri sebagai sesuatu yang prima, terbaik, mutlak dan dipergunakan sebagai tolok ukur untuk menilai dan membedakannya dengan kebudayaan lain.
Sikap etnosentrisme harus dihilangkan dalam suatu kelompok, setiap kelompok dapat terdiri dari orang yang berlatar belakang berbeda-beda. Diperlukan sikap profesional dalam sebuah kelompok dengan mengesampingkan masalah pribadi agar dapat dicapainya kesuksesan bersama.


2.4   Asian Games Untuk Indonesia
Asian Games sebagai acara olahraga terbesar setelah Olimpiade, mengikut sertakan negara-negara di Asia dapat memperlihatkan kemampuan setiap negara. Dengan terpilihnya Indonesia sebagai tuan rumah diharapkan dapat membuka mata dunia tentang Indonesia. Jokowi berharap, momentum Asian Games bisa memberi manfaat yang besar bagi bangsa Indonesia.
"Saya ingin agar momentum Asian Games 2018 ini memberikan manfaat yang sebesar-besarnya untuk kepentingan bangsa," katanya.
Jokowi juga menekankan agar pembangunan infrastruktur seperti venue pertandingan, wisma untuk atlet maupun infrastruktur transportasi tidak hanya dipikirkan untuk event Asian Games saja.
"Jangan berpikir bahwa itu semua dibangun hanya untuk Asian Games semata. tetapi kita membangun infrastruktur itu juga untuk kepentingan, kemajuan bangsa kita di masa depan khususnya di bidang olahraga," imbuhnya.
Jokowi juga minta agar promosi dan informasi yang terkait dengan Asian Games 2018 dikebut. Sehingga perhelatan ini akan menjadi magnet yang menarik perhatian dunia kepada Indonesia.
Kita tentu berharap agar Asian Games 2018 bisa sukses digelar di Indonesia, khususnya Jakarta dan Palembang. Namun, kesuksesan itu hanya bisa diraih jika kita bekerja bersama-sama. Asian Games 2018 harus bisa bergaung di seluruh Nusantara. Ini yang dirasakan masih kurang. Asian Games merupakan event olahraga, kegiatan itu tidak hanya dilaksanakan oleh Kementerian Pemuda dan Olahrada (Kempora). Kementerian Pariwisata (Kempar), misalnya, harus bisa memanfaatkan momentum ini. Kempar bisa membantu promosi Asian Games 2018 sekaligus mempromosikan objek-objek wisata di seluruh Indonesia.




Penutup


3.1   Kesimpulan
Pelaksanaan Asian Games 2018i ini harus disikapi dengan kerja serius dan gotong royong dari seluruh stakeholder olahraga nasional. Hanya dengan kerja bersama, maka tak ada lagi kekhawatiran untuk mewujudkan empat sukses, yakni penyelenggaraan, prestasi, administrasi, dan pertumbuhan ekonomi.

3.2   Saran
Diperlukan kerjasama dan sikap saling tolong menolong antar rakyat Indonesia untuk mencapai kesuksesan Asian Games 2018. Masyarakat diharapkan tidak menunjukan sikap prasangka, diskriminasi dan etnosentrisme karena dapat menghambat keberhasilan Asian Games 2018.

Posting Komentar untuk "Tugas Sekolah Asian Games 2018 Jakarta Palembang"

POPULER SEPEKAN

Ajian Tepuk bantal Bikin Wanita Pujaan Hati Bertekuk Lutut
Kisah Paidi, Mantan Pemulung yang Jadi Miliarder | Sosoknya Sangat Inspiratif!
PT KAI Luncurkan KA Baturraden Ekspress Jurusan Purwokerto-Bandung Tarifnya Lumayan Murah
Syok! Cuti Kerja Demi Gelas BTS Meal, Malah Dipakai Ayahnya Untuk wadah Cacing
Musisi Anji Manji Ditangkap Polisi
Niat dan Tata Cara Sholat Taubat Bagi Pezinah, Sebelum Terlambat !!!!
Kehidupan Masyarakat di Dataran Rendah, Dataran Tinggi, dan Daerah Pantai
Cerita Naskah Drama 6 Tokoh   “ Anak Durhaka ”
Gambar
Makalah Ojt Alfamart Sebagai Crew