Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Skripsi Teknik Industri PERANCANGAN SISTEM PENGUKURAN KINERJA DENGAN METODE INTEGRATED PERFORMANCE MEASUREMENT SYSTEMS (IPMS) DAN PEMBOBOTAN TRIANGULAR FUZZY AHP


PERANCANGAN SISTEM PENGUKURAN KINERJA DENGAN METODE INTEGRATED PERFORMANCE MEASUREMENT SYSTEMS (IPMS) DAN PEMBOBOTAN TRIANGULAR FUZZY AHP














BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Masalah
Persaingan usaha meningkat tajam dalam era globalisasi saat ini, tak terkecuali dalam pasar coffee shop. Untuk berhasil dan tumbuh dalam persaingan usaha, suatu organisasi harus menggunakan sistem pengukuran dan manajemen yang diturunkan dari strategi dan kapabilitas yang dimiliki perusahaan. Pengukuran kinerja adalah sebuah organisasi merupakan suatu hal yang sangat penting untuk dilakukan karena semua organisasi perlu mengevaluasi dan merencanakan kinerjanya agar dapat mencapai tujuan organisasi.
Edward Deming melalui model siklus PDCA-nya mengemukakan bahwa pada proses bisnis sebaiknya dilakukan analisis dan pengukuran untuk mengindetifikasi kesalahan yang terjadi dan menyebabkan produk menyimpang dari keinginan customer (Paul Averson, 1998). Siklus PDCA sendiri digunakan sebagai model proses manajemen suatu organisasi untuk melakukan continuous improvement (Nancy R, 2004). Dari hal tersebut dapat disimpulkan pentingnya pengukuran kinerja pada suatu organisasi sebagai alat evaluasi sehingga manajer dapat mengidentifikasi proses yang memerlukan perbaikan dan melakukan continuous improvement.
Adapun manfaat dari pengukuran kinerja adalah usaha para pekerja dapat terfokus untuk mencapai tujuan perusahaan. Tanpa pengukuran kinerja, proses untuk mencapai tujuan tidak dapat di manage sehingga tujuan perusahaan tidak dapat tercapai. Pengukuran kinerja juga diperlukan untuk melaporkan kondisi perusahaan kepada pihak stakeholder perusahaan (Yasrin Zabidi, 2008).

PT. Sari Coffee Indonesia merupakan bagian dari PT. Mitra Adi Perkasa (MAP) dan bergerak dalam usaha food and beverages (F&B), dimana penjualannya berasal dari penjualan aneka macam kopi, makanan, merchandise, dan biji kopi. Selama ini, pengukuran kinerja yang digunakan oleh manajemen retail hanya menitikberatkan pada sudut pandang keuangan dan customer voice



yang terdapat pada struck pembelanjaan yang mengharuskan customers untuk mengunjungi website milik Starbucks dan mengisi beberapa pertanyaan. Padahal, keberhasilan manajemen yang hanya mengandalkan kinerja manajemen yang hanya mengandalkan kinerja keuangan akan sangat menyesatkan. Berikut Tabel 1.1 yang menjelaskan data kepuasan customers Starbucks Standard Chartered berdasarkan hasil customer voice selama 7 bulan terakhir.

Tabel 1.1 Data Kepuasan Customers
Kategori
Get to know me
Speed of service
Go Above/Beyond
Order accuracy
Beverages Taste
Food Taste
Cleanliness
Value
Periode
Januari
82
87
80
89
83
85
80
70
Februari
86
86
81
91
88
64
79
67
Maret
87
85
87
90
87
80
82
77
April
89
93
91
93
84
94
84
73
Mei
92
90
90
90
96
58
92
80
Juni
97
94
92
97
86
93
86
86
Juli
92
92
92
92
88
90
92
72

(Sumber: Hasil Customer Voice yang Terdapat Pada Website)




Gambar 1.1 Grafik Data Kepuasan Customers

 (Sumber: Customer Voice)

Terfokus pada aspek-aspek diatas membuat perusahaan sering terjebak pada orientasi pencapaian yang tidak sesuai dengan kenyataan karena terkadang customers mengisi kuesioner tesebut berdasarkan pandangan mereka terhadap keseluruhan pelayanan Starbucks yang ada di Indonesia, bukan berdasarkan pelayanan yang mereka dapat dihari mereka membeli.

download full dok. word
Download Button

 


Posting Komentar untuk "Skripsi Teknik Industri PERANCANGAN SISTEM PENGUKURAN KINERJA DENGAN METODE INTEGRATED PERFORMANCE MEASUREMENT SYSTEMS (IPMS) DAN PEMBOBOTAN TRIANGULAR FUZZY AHP"

POPULER SEPEKAN

Ayla Tabrak CBR di Purwokerto, Tawari Ganti Rugi Mobil dan Rumah, Ini Kata Saksi
Demit Masuk Google Maps, Ikuti Petunjuk Suara Google Maps Sopir Mobil Ini Malah Kesasar di Hutan
Jangan Coba Coba Sprite dan Insto ini Efeknya
Ajian Tepuk bantal Bikin Wanita Pujaan Hati Bertekuk Lutut
Gambar
Mau Dikurangi Jokowi, Ini Jadwal Libur Tahun Baru 2020
Viral Pria Tukar Mobil Avanza Dengan Bunga Jenis Ini
Viral Wanita Cantik Penjual Rujak, Pria Beli 3 Kali dalam Sehari
Merinding!! VIDEO Viral Pocong Rebahan Hadang Pengendara Mobil di Cipari Cilacap
Gambar