Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Macam Macam Gaya


Macam Macam Gaya

Pengertian Gaya

Gaya adalah merupakan tarikan atau dorongan yang terjadi terhadap suatu benda. Ketika kita melakukan aktivitas selalu menggunakan gaya. Misalnya kita mendorong meja dan menarik tangan teman kita memerlukan gaya. Gaya merupakan tarikan atau dorongan yang diberikan kepada benda sehingga benda mengalami perubahan gerak, perubahan bentuk benda, dan perubahan ukuran benda. Gaya bisa menyebabkan perubahan posisi, gerak atau perubahan bentuk pada benda. Gaya termasuk ke dalam besaran Vektor, karena mempunyai nilai dan arah. Sebuah gaya di simbolkan dengan huruf F (Force) dan satuan gaya dalam SI (Satuan Internasi     onal) yaitu Newton, disingkat dengan N. Pengukuran gaya bisa dilakukan dengan alat yang di sebut dengan dinamometer atau neraca pegas. Untuk melakukan sebuah gaya diperlukan usaha (Tenaga), semakin besar gaya yang hendak di lakukan, maka semakin besar pula Usaha (Tenaga) yang harus di keluarkan.

1. Gaya Gesek

 
Gaya Gesek merupakan salah satu jenis gaya yang ditimbulkan karena adanya dua benda yang saling bergesekkan. Gaya gesek memperlambat gerak benda karena dua permukaan datar yang bergesekan. Gaya gesek juga dapat menimbulkan suara. Beberapa contoh yang termasuk ke dalam gaya gesek adalah gesekan antara meja yang ditarik dengan lantai, gesekan antara rem dengan cakram pada motor atau mobil sehingga mobil dapat berhenti, gesekan sepatu dan lantai, mengasah pisau, mengamplas dinding, dan lainnya.


              2 .    Gaya Magnet


Gaya Magnet merupakan gaya yang terjadi karena muatan listrik. Magnet jika berdekatan dengan sesama magnet atau logam maka akan saling menarik. Contohnya yaitu magnet dapat menarik serpihan besi, pasir akan menempel pada magnet jika di dekatkan, besi atau logam akan menempel jika di dekatkan dengan magnet lainnya. 

             3.    Gaya Otot

 

Gaya otot adalah gaya yang menggunakan tenaga otot atau gaya yang berupa dorongan atau tarikan terhadap suatu benda yang di hasilkan. Contohnya, mengangkat meja, mendorong kursi, menendang bola, membawa air dalam ember, tarik tambang, dan lainnya.

 

             4.    Gaya Listrik


Gaya listrik adalah gaya yang di timbulkan oleh benda yang bermuatan yang berada dalam medan listrik. Contohnya adalah kipas angin akan bergerak ketika di hubungkan dengan sumber listrik, serpihan kertas akan bergerak ketika di dekatkan dengan sisir atau penggaris plastik yang telah di gosokkan pada rambut kering.

 

             5.    Gaya Gravitasi


Gaya Gravitasi adalah gaya tarik menarik pada semua partikel yang memiliki massa di alam semesta. Gaya yang ditimbulkan oleh gaya gravitasi bumi adalah yang arahnya selalu menuju pusat bumi. Gaya gravitasi menyebabkan semua benda mengapung. Contohnya yaitu benda yang dilempar ke atas akan kembali dan jatuh ke tanah, buah mangga jatuh dari pohon, dan lainnya.

             6.    Gaya Pegas


Gaya Pegas adalah gaya yang dihasilkan oleh kerja benda yang bersifat elastis. Oleh karena itu, gaya pegas adalah gaya yang disebabkan dan ditimbulkan oleh pegas atau benda yang memiliki sifat elastis. Gaya pegas merupakan gaya yang diberikan oleh benda apabila direnggangkan atau ditarik dan kemudian dilepaskan akan kembali ke bentuk semula. Contoh gaya pegas terdapat pada karet gelang yang di tarik, dan ketapel serta busur panah. Karet elastis pada ketapel dapat digunakan untuk melontarkan batu kecil. Tali pada busur panah dapat digunakan untuk melesatkan anak panah.

Posting Komentar untuk "Macam Macam Gaya"

POPULER SEPEKAN

Salah Paham, Gadis Asal Banyumas Sekarat Digunduli dan Dianiaya Anak Jalanan
Mulai 17 Maret, Polda Jateng Terapkan Tindakan Tilang Elektronik di 27 Titik Termasuk Cilacap
Kisah Gadis Cilacap 2 Tahun LDR Diputusin Begitu Aja ,Hemm Kasian Amat Yak..
Jaman KB, Pasutri di Malang Miliki 15 Anak Dengan Jarak 1-2 Tahun Kartu KK Jadi 2 Lembar
Warga Bojonegoro Berbondong-Bondong Cek Saldo Setelah Nasabah BRI Uang Raib Misterius
Di Cilacap Aplikasi Snack Video Lagi Viral Karena Menghasilkan Uang Begini Cara Daftarnya
Kunjungi Purbalingga Artis Baim Wong dan Paula Disuguhan Tempe Menodan
12 Oknum Polisi Berikut Kapolseknya Yang Konsumsi Narkoba Akan Disanksi Penurunan Pangkat Hingga Pemecataan
Angin Segar Buat Pekerja , BLT Subsidi Rp.2,4 Juta Sisa Anggaran 2020 Dicairkan Lagi